Niat Solat Idul Fitri dan Sunah-Sunahnya

0
27

Niat Solat Idul Fitri – setelah umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan ramadan, selanjutnya akan tiba hari kemenangan yakni hari raya idul Fitri. Di hari raya Idul Fitri umat muslim akan melaksanakan solat sunah Idul Fitri.

Biasanya solat sunah ini dilakukan di masjid besar bersama-sama. Saking ramainya, solat bahkan banyak yang dilakukan sampai dihalaman masjid atau bahkan di tengah lapangan.

Untuk menyambul hari yang fitri maka kita perlu untuk mengetahui bagaimana bacaan Niat Solat idul Fitri. Banyak umat muslim, yang ternyata belum mengetahui mengenai bagaimana bacaan niat untuk solat idul fitri.

Kebanyakan hanya mengikuti imam dan tidak membaca niat dengan benar. Padahal penting sekali bagi setiap muslim untuk mengetahui bagaimana niat dari solat agar lebih afdol dan solat dapat diterima oleh Allah.

Niat Solat idul Fitri ini sebaiknya dipelajari sejak dini agar saat dewasa tidak mudah lupa. Namun bagi yang sudah terlanjur dewasa namun belum hafal juga tentu tidak ada kata terlambat untuk belajar dan menghafal.

Niat Solat Idul Fitri

Berikut ini adalah bacaan Niat Solat idul Fitri yang perlu sobat cahaya Islam ketahui:

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

(usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa)

Artinya: Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka’at sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala

Sunah-sunahnya

Adapun beberapa sunah yang sebaiknya dilakukan apabila hendak melakukan solat idul fitri antara lain:

  1. Mandi sholat idul fitri sebelum berangkat

Pada saat akan berangkat menuju ke masjid maka setiap muslim disunahkan untuk mandi terlebih dhaulu. Dahulu Rasulullah dan juga para sahabat juga selalu mandi ketika akan melaksanakan solat idul fitri dan solat idul adha.

  1. Memakai pakaian terbaik

Sunah yang selanjutnya adalah mengenakan pakaian terbaik. dengan mengenakan pakaian yang bagus dan wangi tentu hari raya akan terasa istimewa serta semakin penuh dengan rasa bahagia. Allah juga snagat menyukai orang yang bersih dan juga wangi.

  1. Memakai wewangian

Para kaum laki-laki disunahkan untuk mengenakan wangi-wangian ketika akan bepergian ke masjid terutama saat hari raya idul fitri. Sedangkan bagi muslimah sebaiknya tidak mengenakan parfum atau wewangian karena hal itu jelas dilarang serta dapat menyebabkan dicatat sebagai dosa zina.

  1. Mengajak keluarga dan anak-anak

Rasulullah mengajak seluruh umat baik itu anak-anak hingga dewasa untuk berangkan melaksanakan solat idul fitri. Mengajak keluarga dan anak-anak akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan memperkuat-ikatan persaudaraan serta kekeluargaan.

  1. Takbiran saat menuju tempat sholat

Dalam perjalanan menuju ke tempat solat, disunahkan bagi muslim untuk mengumandangkan takbir. Membaca taqbir biasanya sudah dilakukan sejak malam hari. dengan membaca takbir maka suasana hati akan terasa semakin bahagia dan Allah juga menyukai orang yang memujiNya.

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

(Allohu akbar, Allohu akbar, laa ilaaha illalloh wallohu akbar, Allahu akbar wa lillahil hamd)

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya

  1. Berjalan kaki

Berangkan dengan berjalan kaki juga merupakan sunnah. Sebaiknya jangan berangkan solat idul fitri dengan naik kendaraan kecuali memang ada hajat tertentu misalnya saja perjalanan yang terlalu jauh, sakit atau lain sebagainya. dengan begitu setiap langkah kaki akan idnilai ibadah.

  1. Melewati jalan yang berbeda

Rasulullah dahulu selalu berangkan dengan jalan yang berbeda ketika berangkan dan pulang solat idul fitri. Dengan begitu akan ada kesempatan untuk ketemu lebih banyak orang sehingga bisa saling memberi salah dan memberikan ucapat. Kita tentu juga bisa saling bermaaf-maafan ketika bertemu dengan lebih banyak orang.

Dari Jabir Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: ” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika hari Ied, Beliau mengambil jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang”. (HR Al-Bukhari no. 986)

  1. Melambatkan mulainya sholat idul fitri

Melambatkan waktu mulai solat adalah sunnah karena memberikan kesempatan bagi muslim untuk ikut serta dalam solat idul fitri karena pada saat itu masih banyak yang sedang atau akan membayarkan zakat fitrah.

Bacaan niat solat idul fitri sangat mudah untuk dihafalkan sehingag tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bisa atau malas untuk menghafalkannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!