Ini yang Akan Terjadi Bila Anda Meninggalkan Sholat Berjamaah di Zaman Rasulullah!

0
1076

Pentingnya sholat berjamaah – Ada pepatah yang mengatakan: bersatu kita teguh, bercerai berai kita runtuh! Hal itulah yang memang dalam islam diajarkan oleh Allah dalam firmannya di surat Al Imran 103. Tidak berbeda dengan Rasulullah. Nabi Muhammad juga selalu dekat dengan para sahabatnya dan selalu mewanti-wanti kepada ummatnya untuk tetap bersatu padu.

اعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk” (Surat Al-Imran 103)

Bayangkan saja bila Nabi Muhammad tidak bersatu dengan para sahabat-sahabatnya dalam melaksanakan peperangan? Bayangkan saja bila saja Nabi Muhammad adalah orang yang egois dan tidak mau beramah-tamah kepada para ummatnya! Pastilah, islam tidak akan berjaya hingga keseluruh dunia ini. Nah, salah satu praktik bersatu dalam islam sebenarnya juga sarat dalam hal peribadatannya. Lihat saja dalam ibadah sholat berjamaah.

Rasulullah sendiri mengajarkan dan selalu membiasakan diri untuk pergi kemasjid guna memberikan contoh yang baik bagi kaumnya. Rasulullah membiasakan sholat berjamaah. tidak hanya karena sholat berjamaah memiliki pahala yang lebih tinggi daripada sholat sendiri (yakni sebanyak 27 derajat)

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Sholat yang dilaksanakan secara berjamaah itu memiliki pahala 27 derajat lebih baik daripada sholat yang dikerjakan sendiri” (H.R Muslim 313)

Ada beberapa hadits yang menjelaskan bahwa sholat berjamaah adalah hal yang penting bahkan Rasulullah sendiri menghukum orang-orang yang tidak sholat berjamaah. Penasaran tentang beberapa haditsnya? Simak detailnya dibawah ini deh.

Anda Harus siapkan ember berisi air yang banyak!

Lho kenapa kok sobat harus menyiapkan ember berisi air yang banyak? – jawabannya simpel sih, karena dizaman Rasulullah belum ada petugas pemadam kebakaran yang bakal menolong anda untuk memadamkan kebakaran! Jadi sobat cahayaislam harus memadamkan api secara manual karena bila sobat sampai lalai dan meninggalkan sholat berjamaah, Rasulullah akan membakar rumah anda!

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَتُقَامَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى مَنَازِلِ قَوْمٍ لاَ يَشْهَدُونَ الصَّلاَةَ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ

Dalam Hadits Bukhori 2420 diatas diceritakan bahwa suatu saat Rasulullah melakukan sebuah “sidak” dimana Rasulullah memerintahkan muadzin untuk melakukan qomat tanda sholat berjamaah dimulai. Kemudian setelah itu Rasulullah berkeliling untuk mendatangi rumah-rumah disekeliling masjid untuk memeriksa apakah ada orang-orang yang tidak datang kemasjid untuk sholat berjamaah.

Rasulullah berkata: Niscaya aku akan mendatangi rumah-rumah mereka yang tidak hadir untuk melaksanakan sholat berjamaah kemudian aku bakar rumah mereka.

Anda akan susah mencari teman diantara orang-orang beriman!

Shalat berjamaah di dalam masjid pada zaman Rasulullah merupakan salah satu momentum penting yang kemudian menjadi majelis para sahabat untuk mendengar nasihat dan Sunnahnya, atau bahkan menjadi saksi turunnya sebuah wahyu dari Allah. Muslim yang hidup dilingkungan yang sama dengan Rasulullah sangat sadar akan hal ini, sehingga mereka akan berbondong-bondong untuk sholat berjamaah demi berada dalam majelis yang sama bersama Rasulullah.

Dilain sisi ada satu hadits yang mengatakan bahwasanya orang-orang yang meninggalkan sholat berjamaah diancam oleh Allah akan ditutupi pintu hatinya dan termasuk menjadi orang-orang yang lalai dan rawan dicabut hidayahnya oleh Allah. (H.R Ibnu Majjah 796)

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ هِشَامٍ الدَّسْتَوَائِيِّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنِ الْحَكَمِ بْنِ مِينَاءَ، أَخْبَرَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ، وَابْنُ، عُمَرَ أَنَّهُمَا سَمِعَا النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ يَقُولُ عَلَى أَعْوَادِهِ ‏ “‏ لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجَمَاعَاتِ أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الْغَافِلِينَ

Belum lagi ada hadits yang menyatakan bahwasanya bila ada tiga orang yang sedang melakukan perjalanan namun tidak sholat berjamaah, maka Shaitan akan mendatanginya, seperti serigala yang memangsa domba yang menyendiri (H.R Abu Daud). Kami telah mengulas tentang hal ini dalam artikel kami sebelumnya disini.

وعن أبي الدرداء رضي الله عنه قال‏:‏ سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول‏:‏ ‏ “‏ما من ثلاثة في قرية ولا بدو لا تقام فيهم الصلاة إلا قد استحوذ عليهم الشيطان‏.‏ فعليكم بالجماعة، فإنما يأكل الذئب من الغنم القاصية

Nah, sekarang coba sobat Cahayaislam bayangkan saja bagaimana bila sobat hidup dizaman Rasulullah namun sangat lalai dan tidak mengindahkan perintah sholat berjamaah? – Niscaya pasti Anda akan sering beli bahan materai dong untuk benerin rumah yang terus-terusan dibakar dan tentunya sobat akan sulit bergaul dengan orang-orang yang beriman lainnya. Semoga bisa diambil manfaatnya ya sobat cahayaislam semuanya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!