Menyimak Kisah Hidup Basrief Arief dalam Menangkap Koruptor, Begini Hukuman bagi Pelaku Korupsi

0
49
Basrief Arief

Basrief Arief – Kabar duka datang dari dunia politik Indonesia. Pada Selasa kemarin (23/3) mantan Jaksa Agung Basrief Arief meninggal dunia sekitar pukul 10 pagi. Beliau meninggal pada usia 74 tahun. Mengenang sosok beliau sebagai mantan Jaksa Agung pada era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kita dapat .

Basrief Arief menjabat sebagai Jaksa Agung di tahun 2010 hingga 2014. Sebelumnya pada tahun 2004 beliau adalah ketua Tim Pemburu Koruptor yang dibentuk oleh Presiden SBY. Pada kepemimpinan beliau tim pemburu koruptor menangkap Direktur Bank Sertivia, koruptor kelas kakap atas kasus BLBI beberapa tahun silam.

Setelah itu beliau digantikan oleh Muchtar Arifin karena telah mendekati masa pensiun. Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kalibata, Jakarta Selatan menjadi tempat terakhir Basrief Arief tinggal. Sebelumnya jenazah beliau disemayamkan di rumah duka di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menyimak kisah hidup Basrief Arief tidak hanya dari sepak terjang beliau yang telah menangkap koruptor kelas kakap pada masanya. Selain itu, beliau juga kerap mendapatkan penghargaan atas kinerjanya yang baik. Pun Ppresiden ke-6 Indonesia, SBY juga mengatakan bahwa sosok Basrief Arief merupakan seseorang yang lurus.

Sobat Cahaya Islam, untuk mengenang kepergian mantan Jaksa Agung di era Presiden SBY tersebut pada artikel kali ini kita membahas tentang kisah hidup Basrief Arief dan bagaimana hukuman bagi para pelaku korupsi. Simak artikel ini sampai tuntas.

Belajar dari Kisah Hidup Basrief Arief, Simak juga Hukuman bagi Koruptor

Pada paragraf di atas kita telah membahas beberapa hal tentang Basrief Arief. Kali ini kita akan mengambil pelajaran dari kisah hidup beliau yang patut kita contoh. Simak penjelasan berikut ini:

1.     Orang yang Lurus

Sebagaimana penuturan SBY tentang Basrief Arief bahwa almarhum adalah orang yang lurus. Bahkan, di masa kepemimpinannya memegang jabatan sebagai ketua Tim Pemburu Koruptor, koruptor kelas kakap seperti David Nusa Wijaya berhasil ditangkap. Almarhum Basrief juga selalu menyetorkan laporan hasil kekayaannya pada KPK.

Kejujuran seringkali dimanfaatkan oleh orang lain. Namun, kejujuran yang dilakukan Basrief Arief tergolong baik. Berkat kejujurannya dalam memimpin dan mengemban amanat yang telah ia terima, ia banyak mendapat penghargaan dan dipercaya oleh rekan pejabat pemerintahan lainnya.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu ingat.” (QS. Al-An’am: 152)

2.     Hukuman bagi Koruptor

Sebenarnya hukuman mati bagi terpidana kasus korupsi telah dijabarkan pada UU Tindak Pidana Korupsi. Namun, mengingat hukuman mati juga termasuk sebagai penghilangan nyawa seseorang maka keputusan ini termasuk keputusan yang sulit direalisasikan. Biasanya mereka akan dibebankan ganti rugi dan hukuman penjara selama beberapa tahun.

Dalam Islam, keputusan hukum bagi pelaku tindak pidana korupsi adalah hukuman mati. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa prinsip HAM termasuk dalam ranah ini. Sehingga realisasi hukuman mati dengan terbenturnya HAM menjadi sulit direalisasikan. Hal ini adalah salah satu upaya memberantas kasus kejahatan yang dapat merugikan banyak pihak.

Basrief Arief

Sobat Cahaya Islam, kisah hidup Basrief Arief dapat kita jadikan contoh terlebih sifatnya yang lurus hingga menjadi kepercayaan bagi Presiden SBY. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY