Menyambut Pergantian Tahun, Kaum Muslimin Bisa Lakukan Beberapa Hal Ini Lho!

0
170
Menyambut Pergantian Tahun Bagi Kaum Muslimin

Menyambut pergantian tahun – Menjelang pergantian tahun, biasanya banyak perayaan akhir tahun yang digelar. Meskipun dalam islam sendiri tidak ada perayaan bagi pergantian tahun. Namun seolah sudah menjadi budaya, dimana akhir tahun dimeriahkan dengan pesta kembang api. Tidak hanya itu, sebagian orang juga membuat acara bersama teman atau keluarga dengan makan bersama. Sehingga menghabiskan malah akhir tahun dengan kegiatan yang menyenangkan.

Menyambut Pergantian Tahun Bagi Kaum Muslimin

Perayaan untuk menyambut tahun baru jika dalam pandangan islam sendiri tidak ada tuntunannya. Namun bukan berarti membuat acara untuk melepas tahun yang akan segera berganti ini hukumnya dosa. Selama kaum muslimin tidak melakukan kegiatan yang menyimpang dari ajaran islam, maka tidak masalah. Dan lagi tidak memperingati tahun baru secara khusus, misalnya dengan ibadah tertentu.

Menyambut Pergantian Tahun? Yuk Kaum Muslimin Lakukan Beberapa Hal Ini

Menyambut Pergantian Tahun Menurut Islam

Menyambut pergantian tahun biasanya dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari pesta kembang api, acara barbeque dan lain sebagainya. Dalam islam, perayaan tertentu untuk tahun baru bukanlah tuntunan yang ada dalam ajaran islam. Namun meskipun begitu, kaum muslimin boleh-boleh saja membuat acara di malam pergantian tahun. Selama tidak menyalahi syariat yang ada.

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.(1)

Ada banyak hal yang bisa kaum muslimin lakukan untuk menyambut tahun baru. Dan lagi tidak harus dengan perayaan yang dikhususkan tahun baru, yang mana dalam islam sendiri tidak ada. Jika Allah ataupun Rasul tidak mengajarkan suatu perkara, maka itu artinya perkara tersebut bukanlah ajaran islam. Namun menyambut tahun baru bisa dilakukan dengan hal-hal yang bermanfaat lho.

Menyambut Pergantian Tahun

Muhasabah Diri

Muhasabah adalah introspeksi atau evaluasi diri terhadap aspek kebaikan dan juga keburukan. Ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah, dengan sesama ataupun diri sendiri. Untuk menyambut tahun baru, alangkah lebih baik jika mempersiapkan diri yang baru juga. Caranya dengan memperbaiki diri atau merubah sesuatu yang kurang baik untuk menjadi lebih baik yang ada dalam diri.

Berdoa dan Berdzikir

Dalam ajaran islam, tidak ada doa khusus untuk menjelang pergantian tahun. Namun kaum muslimin boleh berdoa agar tahun mendatang bisa lebih baik. Dan juga perbanyak berdzikir. Doa adalah salah satu bentuk pengharapan yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Dan banyak berdoa serta berdzikir adalah suatu hal yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri.

Melaksanakan Ibadah

Untuk menyambut pergantian tahun, kaum muslimin bisa melaksanakan ibadah. Namun bukan berarti ini ibadah khusus untuk menyambut tahun baru ya. Melainkan ibadah ini menjadi kegiatan yang lebih baik untuk dilakukan dibandingkan menghabiskan waktu untuk hal tidak bermanfaat. Sobat CahayaIslam bisa melakukan sholat malam untuk menghabiskan malam akhir tahun.

Menyambut pergantian tahun – bisa dilakukan dengan kegiatan yang bermanfaat. Dengan begitu, menghabiskan malam tahun baru bukan dengan kegiatan yang percuma saja. Sobat CahayaIslam bisa lakukan beberapa hal ini untuk mengisi pergantian tahun.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 59

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY