Tepat Waktu Saat Melaksanakan Shalat Subuh? Ini Dia Keutamaannya!

0
116
shalat subuh

Ceramah Agama – Sobat cahaya islami, Shalat subuh memang menjadi suatu waktu yang Allah SWT perintahkan kepada umat islam untuk mendirikan ibadah shalat wajib yang mana dikerjakan pada pagi hari dan memiliki jumlah rakaat paling sedikit yaitu hanya terdiri dari dua rakaat saja. Akan tetapi, walaupun hanya terdiri dari dua rakaat shalat yang satu ini begitu berat untuk dilakukan. Karena hal tersebut, shalat subuh memiliki beberapa keutamaan yang perlu sobat ketahui!

Shalat Subuh

Shalat subuh sulit dilakukan lantaran subuh merupakan suatu waktu yang mana manusia sedang merasa nyaman dalam tidurnya. Oleh sebab itulah, dalam ceramah agama hanya orang – orang beriman yang mampu mendirikan shalat subuh. Dalam Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 78 Allah SWT berfirman:

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” [1]

Pada surat Al Isra’ ayat 78 dijelaskan bahwa umat islam diperintahkan untuk mendirikan shalat manakala matahari sudah tergelincir dan terjadi gelap. Selanjutnya Allah SWT juga memerintahkan untuk melaksanakan shubuh. Dalam ceramah agama islam, di akhir ayat Allah SWT menyatakan bahwa ibadah shalat subuh akan dilihat oleh para malaikat.

Sobat cahaya isalami, begitu mulianya ibadah shalat subuh bagi umat islam. Sampai – sampai para malaikat allah swt pun ikut menyaksikan siapa saja yang mengerjaka shalat subuh. Oleh sebab itulah, maka sangat sayang sekali apabila pemeluk agama islam tidak mengerjakan ibadah tersebut.

Berbagai keutamaan dari shalat subuh yang perlu diketahui

Dalam ceramah agama, shalat subuh ternasuk dalam ibadah fardhu yang sangat berat. Dikatakan sebagai ibadah yang sangat berat lantaran tidak semua orang dapat dengan mudah mendirikan shalat subuh. Hal ini dapat terjadi karena shalat subuh dikerjakan pada waktu pagi hari dikala manusia begitu nyaman untuk tidur. Maka dari itulah hanya orang – orang beriman yang sanggup mengerjakan ibadah shalat tersebut.

Menurut cermah agama agar shalat subuh terasa ringan maka perlu mengetahui tentang berbagai keutamaan. Pengetahuan tentang berbagai keutamaan shalat subuh tentu saja akan memberikan motivasi tersendiri bagi umat islam. Seorang muslim yang menhetahui tentang keutamaan shalat subuh akan merasa ringan untuk mengerjakan ibadah wajib tersebut.

Mempelajari berbagai keutamaan shalat subuh tentu menjadi hal yang penting. Melalui berbagai ceramah islami tedapat beberapa keutamaan ibadah shalat yang dikerjakan sebelum matahari muncul ini. Berikut berbagai keutamaan shalat subuh yang perlu sobat cahaya isalami ketahui.

Penyebab masuk surga seorang muslim

Surga merupakan tempat yang pasti diinginkan oleh setiap muslim di dunia. Menurut ceramah agama, surga digambarkan sebagai tempat yang menyenangkan. Segela amacam permintaan pengghuni surga akan langsung dikabulkan oleh allah swt. Salah satu jalan agar seorang muslim dapat masuk surga adalah dengan mendirikan shalat subuh. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat bukhori nomer 574 dan muslim nomer 635 yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.”

Penghalang seorang muslim masuk neraka

Sobat cahaya islami, setiap muslim pasti sudah mengetahui apa itu neraka? Secara umum, neraka adalah sebuah tempat pembalasan atas segala tingkah laku buruk seorang hamba selama hidup di dunia. Seorang hamba yang berperilaku buruk semasa di dunia otomatis mendapatkan dosa. Akumalasi dosa yang lebih banyaka akan menyeret seorang manusia menuju nereka.

Akan tetapi, seorang muslim yang beriman dapat terhindar dari neraka asalakan mengerjakan amal sholih. Salah satu amal sholih itu adalah mendirikan ibadah shalat subuh. Hal ini berdasarkan hadits riwayat buhkori nomer 634 yang artinya: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).”

Dalam ceramah agama islam, hadits di atas menjelaskan tentang keutamaan shalat yang dikerjakan pada sebelum terbitnya matahari dan tenggelamnya matahari. Kedua ibadah shalat wajib itu mampu menghindarkan seorang muslim dari siksa apai neraka.


Ceramah Agama

[1] Q.S. Al Isra’ (17) ayat 78

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!