Menabung Adalah Sikap Muslim, Lakukan Ini Jika Tidak Mau Jadi Saudara Setan!

0
38
Menabung Hindarkan Kita Dari Sikap Boros

Menabung – Ditengah pandemi covid-19 ini, keuangan semakin menurun. Hal ini dikarenakan sulitnya pekerjaan, bahkan banyaknya phk dan juga perkantoran yang diliburkan. Dengan kata lain, banyak orang kehilangan penghasilan atau berkurangnya penghasilan. Tentu saja ini memberikan kesusahan bagi sebagian orang. Menurunnya ekonomi namun kebutuhan semakin meningkat, hal ini terdengar cukup memprihatinkan. Tidak jarang orang bergerak membantu dikarenakan situasi yang sangat berubah sejak adanya wabah covid-19.

Menabung Persiapkan Keuangan Masa Depan

Untuk mengatur keuangan memang diperlukan sikap berhati-hati. Agar menghindari pemborosan yang menjerumuskan kita pada kesusahan. Apalagi dalam situasi saat ini dimana mendapatkan pekerjaan tidak lagi mudah. Bahkan orang yang sudah bekerja pun harus rela kehilangan pekerjaan atau tidak bekerja untuk waktu tertentu. Tentu saja ini membuat sebagian orang harus hidup dengan lebih keras mencari cara tetap hidup dan memenuhi kebutuhan dengan baik. Lalu apa yang seharusnya kita persiapkan untuk hadapi situasi seperti ini?

Menabung Jadi Solusi Tepat Hindarkan Kita Dari Sikap Boros

Menabung Hindarkan Kita Dari Sikap Boros

Menabung adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan keuangan kita di masa depan. Dengan menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung. Ini akan menghindarkan kita dari sikap boros atau menghambur-hamburkan uang dengan percuma. Taukah sobat cahaya islam? Jika pemborosan ini adalah sikap setan. Sehingga akan lebih baik jika kita menggunakan uang dengan bijaksana. Dan tidak membeli sesuatu yang tidak perlu. Kemudian menyisihkan uang lebih untuk ditabung sekaligus berhemat.

وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Dari penjelasan ayat diatas, bisa kita simpulkan bahwa dalam agama menghambur-hamburkan uang tidak dianjurkan. Pemborosan hanya akan menjerumuskan kita kedalam kesusahan. Itu sebabnya, menyimpan uang dengan baik atau berhemat bisa menjadi solusi tepat untuk anda mempergunakan uang dengan bijak. Jangan sampai terjebak dalam lingkaran setan dengan melakukan pemborosan atau menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Menabung Untuk Mempersiapkan Keuangan Yang Baik di Masa Depan

Menabung Salah Satu Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik

Menyisihkan uang merupakan salah satu cara untuk menghindari sikap boros. Sekaligus mengajarkan kita untuk bijak dalam mengatur keuangan. Bagi sebagian orang, kesusahan yang dialami saat ini bisa jadi kurangnya kesiapan ekonomi di masa sebelumnya. Itulah sebabnya, untuk membantu mempersiapkan keuangan di masa depan. Kita harus pandai menyisihkan uang dan bijak menggunakan uang. Agar saat adanya situasi seperti pandemi covid-19 saat ini, tidak terlalu menyusahkan kita karena adanya persiapan dalam segi finansial.

Menabung – Ditengah pandemi saat ini, memiliki uang darurat atau tabungan sangat diperlukan. Saat pekerjaan mulai sulit, penghasilan mulai menurun atau bahkan harus kehilangan penghasilan. Setidaknya kita masih memiliki pegangan untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup dengan baik. Jadi sobat cahaya islam, mempersiapkan keuangan untuk masa depan sangatlah penting. Bukan hanya merupakan anjuran dalam agama saja, namun juga mempersiapkan diri kita untuk menghadapi situasi tidak menyenangkan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 26-27

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!