Mbak You dan Sederet Ramalannya, Bagaimana Tanggapan Islam tentang Ramalan?

0
216

Mbak You – Belakangan ini nama Mbak You disoroti media lantaran ramalannya tentang hal besar yang akan terjadi sepanjang tahun 2021 ini. Ramalan adalah suatu hal yang belum pasti kebenarannya. Namun, pada sebagian orang akan percaya dengan peramal yang mengaku dapat mengetahui tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Deddy Cobuzier menanggapi ramalan dari Mbak You tentang kejadian besar di tahun ini. Melalui channel youtube pribadinya Deddy membuat satu video khusus untuk Mbak You agar segera berhenti meramal yang tidak-tidak. Deddy merasa dengan situasi Indonesia yang masih diselimuti duka, sebaiknya si peramal tidak menimbulkan pikiran negatif pada masyarakat Indonesia.

Mengingat masyarakat Indonesia sendiri bahkan hampir selalu percaya jika ada yang mengaitkan satu hal dengan hal lain yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali. Pada November 2020 lalu, Mbak You pernah menggelar konferensi pers dan mengungkapkan hasil ramalannya tentang kejadian pesawat jatuh di tahun 2021 dan gunung meletus.

Tanggal 9 Januari kemarin ternyata pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 hilang kontak dan dinyatakan jatuh. Beberapa konten kreator mengaitkan hal ini dengan ramalan Mbak You. Bahkan, yang cukup membuat Deddy dan beberapa publik figur lain geram adalah karena ramalan Mbak You yang mengatakan tahun 2021 akan terjadi pergantian presiden.

Bagaimana Sobat Cahaya Islam menanggapi hal ini? Saat Indonesia masih diselimuti duka dalam hitungan hari, publik digegerkan dengan sederet ramalan yang dalam agama kita sendiri tidak boleh memercayainya. Dalam Islam, memercayai sebuah ramalan berarti mendahului ketetapan Allah. Simak penjelasan tentang hukum percaya ramalan dalam Islam berikut ini.

Mbak You dan Ramalannya, Bagaimana Hukum Percaya Ramalan dalam Islam?

Mbak You, seorang peramal yang belakangan ini viral di media sosial pernah meramalkan akan terjadinya pesawat jatuh di tahun 2021. Benar saja di awal tahun 2021 kemarin pesawat Sriwijaya Air jatuh. Selain itu, Ia juga meramalkan akan terjadi banyak keributan di tahun 2021. Meski 1 atau 2 ramalan Mbak You terbukti nyata, apakah Islam membenarkan tentang ramalan?

1.      Hukum Percaya Ramalan dalam Islam

Ramalan dalam Islam termasuk kepada ranah pembahasan Akidah. Sehingga tidak dapat dikatakan hukum memercayai ramalan adalah halal, haram, sah, batal, maslahat, atau mudharat. Contoh saja ketika kita memercayai ramalan zodiak. Kadang dibeberapa aspek dari ramalan zodiak tersebut sesuai dengan zodiak kita.

Zodiak sendiri dalam Islam merupakan bagian dari ilmu astronomi yang bisa diteliti berdasarkan kajian ilmu pengetahuan. Memercayai sebuah ramalan dapat menimbulkan spekulasi pemikiran dalam otak kita. Bahkan, orang yang membatin tentang suatu hal bisa saja terjadi. Ramalan menyebabkan terbentuknya sebuah pikiran, sehingga ketika pikiran kita telah dipengaruhi ramalan tersebut, bisa jadi hal tentang ramalan tadi terjadi.

2.      Ramalan dan Ketentuan Allah

Dalam Islam orang yang memercayai ramalan dari peramal berarti telah mendahului ketetapan dari Allah. Padahal segala apa yang terjadi di dunia merupakan kuasa dari Allah. Sama halnya dengan orang yang percaya terhadap dukun, orang tersebut dapat dikatakan musyrik karena lebih percaya dengan dukun daripada dengan skenario yang telah Allah gariskan kepada setiap manusia.

Allah berfirman dalam Al-Quran:

“Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” (QS. An Naml: 65).

Sobat Cahaya Islam, benar atau tidaknya ramalan dari Mbak You, kita sebagai umat Islam sebaiknya kita tidak percaya begitu saja sebab hal itu dapat menjadikan kita sebagai hamba yang musyrik. Wallahu a’lam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY