Banjir Bandang di Gunung Mas Puncak, Berikut Ini Cara Rasulullah dalam Menjaga Kelestarian Alam

0
61

Gunung Mas Puncak – Curah hujan yang ekstrem mengundang banjir bandang di kawasan Bogor, tepatnya sekitar perkebunan the Gunung Mas, Rawa Dulung yang berada di Desa Tugu Selatan. Intensitas curah hujan yang amat tinggi mendatangkan banjir bandang yang menghantam beberapa rumah warga. Hal ini tentunya tidak akan terjadi tanpa sebab tertentu. Apakah alam sudah dijaga dengan baik atau tidak?

Bencana seperti longsor, banjir, dan sebagainya tidak lepas dari tangan jahil manusia. Islam mengajarkan untuk senantiasa menjaga lingkungan serta alam sekitar. Proses pelestarian dan menjaga dengan baik tentunya akan berpengaruh pada kehidupan manusia itu sendiri. Rasulullah saw pun mencontohkan tata cara untuk menjaga alam sekitar.

Lalu, apakah Sobat Cahaya Islam tahu bagaimana cara menjaga lingkungan yang baik? Berikut ini cara yang Rasulullah saw ajarkan dalam menjaga kelestarian alam. Yuk simak informasinya!

Cara Rasulullah Dalam Menjaga Kelestarian Alam

Islam mengajarkan berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam menjaga lingkungan serta alam sekitar. Keberadaan alma tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, alam yang rusak atau pun tidak, dampaknya akan dirasakan oleh manusia itu sendiri. Seperti halnya yang terjadi di Gunung Mas Puncak tentu tidak lepas dari ulah tangan manusia.

Sebagaimana dalam Firman Allah swt dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 41:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS. Ar-Rum: 41)”

Melalui ayat di atas, Allah swt mengingatkan bahwa setiap kejadian yang terjadi di bumi tidak lepas dari ulah tangan manusia. Oleh karena itu, Sobat Cahaya Islam penting sekali untuk bisa melestarikan alam agar terjaga dengan baik.

1.   Hindari Pencemaran Lingkungan

Rasulullah mengajarkan untuk tidak mencemari lingkungan. Hal ini dijelaskan secara tegas dalam suatu hadits yang diriwayatkan Ibnu Majjah, Ahmad dan riwayat Abu Dawud. Pada hadits tersebut dterangkan untuk tidak membuang air besar di sungai yang mengalir, di jalanan yang kerap dilalui orag serta tempat yang dijadikan untuk berteduh.

2.   Rajin Menanam Tumbuh-Tumbuhan

Cara lainnya yang diajarkan Rasulullah yakni senantiasa untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Istilah asingnya Go-Green, ungkapan ini hendaknya dapat direalisasikan dalam lingkungan nyata. Nabi mengajarkan bahwa siapa saja yang menanam pohon selaras dengan pahala mereka yang bersedekah. Untuk menghindari banjir seperti yang terjadi di Gunung Mas Puncak, mari Sobat Cahaya Islam bersama-sama mencegahnya dengan menanam tumbuhan.

3.   Hemat dalam Menggunakan Air

Rasulullah juga mengajarkan untuk tidak berlaku boros dalam menggunakan air. Gunakan air sehemat-hematnya, sesuai dengan kebutuhan saja. Air merupakan salah satu kekayaan alam yang amat penting dalam kehidupan manusia. Meskipun airnya melimpah, tetapi penggunaannya harus sehemat mungkin yakni dengan menggunakannya sesuai kebutuhan.

4.   Memerhatikan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Cara lainnya untuk menjaga lingkungan yakni senantiasa memerhatikan kebersihan. Allah swt Mahaindah akan lebih mencintai seorang hamba-Nya yang kerap memerhatikan kebersihan pada lingkungan sekitarnya.

5.   Senantiasa Memanfaatkan Tanah yang Mati

Selain itu, anjuran lainnya yakni untuk menghidupkan kembali tanah/ lahan yang mati. Seperti yang disinggung sebelumnya, siapa yang menanam pohon sama halnya dengan yang bersedekah. Oleh karena itu menghidupkan kembali tanah mati memiliki pahala orang yang bersedekah.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara yang diajarkan Rasulullas saw dalam menjaga alam sekitar. Setiap kejadian seperti halnya yang menimpa Gunung Mas Puncak senantiasa menjadi pengingat bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Semoga senantiasa diberikan keteguhan serta istiqomah dalam melaksanakan perbuatan yang baik di hadapan Allah swt. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY