Siapa Manusia Terbaik di Dunia Dalam Pandangan Islam?

0
615
manusia terbaik di dunia

Manusia Terbaik di Dunia – Sobat Cahaya Islam, manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah SWT dengan segala kekurangan yang ada. Hal itu wajar, mengingat kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT baik di langit dan di bumi. Namun ternyata ada manusia terbaik di dunia menurut pandangan islam.

Manusia yang terbaik di dunia sudah tentu membuatnya terkenal dengan pandangan baik di mata banyak orang. Karena itu, manusia terbaik di bumi tentu patut disegani dan Sobat teladani. Siapakah manusia terbaik yang ada di dunia dalam pandangan islam?

Siapakah Manusia Terbaik di Dunia?

Sobat Cahaya Islam, menjadi manusia terbaik di dunia yang terkenal dan disegani orang-orang pastinya menjadi idaman siapa saja. Namun, orang terbaik di dunia tentu tak semata mengejar gelar dan rasa hormat masyarakat. Sebab, manusia terbaik di muka bumi merupakan tokoh yang sangat tersanjung lantaran mempunyai pengaruh besar dalam bermacam aspek kehidupan.

Tokoh tersebut pun menjadi tauladan dan sukses membentuk perkembangan sejarah dunia yang baru. Pengaruhnya sangat terasa di masa lalu, masa kini, sampai masa depan sekalipun. Lalu siapakah yang pantas menyandang gelar manusia terbaik di bumi dalam pandangan islam?

Jawabannya tidak lain adalah Nabi Muhammad SAW. Bukan tanpa alasan, Rasulullah SAW berhasil meraih kesuksesan yang luar biasa, baik dari urusan duniawi sampai agama sekalipun. Nabi Muhammad berhasil menegakkan dan menyebarkan agama terbesar di dunia, yaitu Islam.

Nabi Muhammad SAW juga termasuk pemimpin yang tulen, tangguh, serta efektif. Sampai saat ini, pengaruh Nabi Muhammad SAW pun masih tetap kuat di dunia. Padahal seperti yang Sobat ketahui, Nabi Muhammad SAW sudah lama meninggal dunia.

Rasulullah SAW termasuk manusia terbaik di dunia yang membawa nama baik agama islam. Pasalnya, Nabi Muhammad terkenal sebagai sosok yang sabar, lemah lembut, penyayang, dan pengertian. Kesabarannya dalam mengakhiri zaman jahiliyah pun patut diacungi jempol.

Keutamaan Rasulullah SAW

Sobat Cahaya Islam, tak hanya sebagai manusia terbaik yang ada di dunia, ternyata Rasulullah SAW juga mempunyai banyak keutamaan. Keutamaan Nabi Muhammad pun tercantum dalam kisahnya. Tetapi ada beberapa keutamaan Nabi Muhammad SAW yang tertulis dalam Al Quran, yakni:

1.  Penyebar Firman Allah

Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada umatnya, bahwa hanya Allah Tuhan di dunia ini. Rasulullah juga melarang siapapun mengaku sebagai Tuhan atau mendapat hukuman di neraka Jahanam. Ini tercantum dalam ayat Al Quran yang berbunyi,

وَمَنْ يَقُلْ مِنْهُمْ إِنِّي إِلَٰهٌ مِنْ دُونِهِ فَذَٰلِكَ نَجْزِيهِ جَهَنَّمَ ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ

Dan barang siapa di antara mereka berkata, “Sungguh, aku adalah Tuhan selain Allah,” maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahanam. Demikianlah Kami memberikan balasan kepada orang-orang yang zalim.” (Al Ankabut ayat 29)

Tentu saja selama menyebar firman Allah, Nabi Muhammad menemui banyak kesulitan dan rintangan. Atas izin Allah, semua rintangan itu Rasulullah hadapi sampai banyak orang yang masuk islam.

manusia terbaik di dunia

2.  Pemimpin di Jalan yang Benar

Sobat, keutamaan Nabi Muhammad lainnya adalah sebagai pemimpin di jalan yang benar. Hal itu tertulis dalam Al Quran,

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”  (Q.S As Saba ayat 28)

3.   Pembawa Berita Gembira

Sebagai manusia terbaik, Nabi Muhammad juga memiliki keutamaan sebagai pembawa berita gembira sekaligus peringatan. Tentu saja apa yang Rasulullah SAW bawa merupakan kebaikan untuk umat manusia. Ini seperti yang tercantum dalam,

 إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا.لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا

“Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata, Agar Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang, serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus.” (Q.S Al Fath ayat 1-2)

manusia terbaik di dunia

Sobat Cahaya Islam, keutamaan Nabi Muhammad SAW tersebut jelas menunjukkan beliau sebagai manusia terbaik di dunia dalam pandangan islam. Sebagai salah satu umatnya, Sobat sepatutnya meneladani dan mengikuti semua perintah Nabi Muhammad SAW. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY