Banjir Bandang– Bencana alam banjir sedang banyak terjadi di Indonesuia. Banjir yang terjadi kali ini cukup parah sehingga dapat menyebabkan mayarakat yang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Banjir dapat menyebabkan banyak kerusakan bahkan beberapa saat lalu air yang menerjang pemukinan mampu menghanyutkan rumah-rumah permanen.

Bencana alam banjir bandang baru saja terjadi di Dau Malang. Hal ini disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan suangi loo meluap dan menyebabkan air bah. Air yang meluap membawa berbagai macam material seperti batu dan lumpur. Akibatnya, akses jalan di desa Petungsewu kecamatan Dau, kabupaten Malang tertutup.

Bencana banjir bandang menyebabkan kerusakan namun tidak menyebabkan korban jiwa. Meskipun demikian banyak juga warga yang mengalami luka ringan. Angin yang meluap dengan kencang sempat menyeret warga hingga banyak masyarakat yang saling bantu untuk menyelamatkannya.

Banjir Bandang menyeret apa saja

banjir bandang 2

Sobat cahaya Islam, banjir bandang memang sangatberbahaya karena semakin kuat arus maka akan semakin besar kekuatan untuk menyeret apa saja yang didepannya. Air hujan sebenarnya adalah berkah namun jika sudah menjadi banjir bandang maka menjadi bencana yang menakutkan.

Bencana alam yang terjadi di Indonesia memang sangat sering terjadi. Namun segala sesuatu sudah menjadi ketetapan Allah.  Apabila Allah menghendaki bencana terjadi maka tidak ada yang sanggup untuk menolaknya. Sebagai manusia kita hanya bisa berserah diri dan memohon ampun serta memohon pertolongan kepada Allah.

Allah telah berfirman dalam Surat Ash Shura ayat 30:

مِّن مُّصِيبَةٍ۬ فَبِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِيكُمۡ وَيَعۡفُواْ عَن كَثِيرٍ ڪُم وَمَآ أَصَـٰبَ

” Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar [dari kesalahan-kesalahanmu].

Ayat tersebut menjelaskan bahwa bencana alam yang terjadi adalah disebabkan oleh perbuatan tangan manusia namun kebanyakan manusia tidak menyadarinya. Perbuatan yang dapat menyebabkan dan mengundang bencana adalah perbuatan maksiat dan juga perbuatan merusak lingkungan.

Bencana alam sebagai peringatan

Bencana alam diturunkan oleh Allah sebagai peringata dan juga bisa sebagai hukuman. Bencana juga dapat menjadi ujian bagi orang yang beriman agar semakin bertaqwa kepada Allah. Namun jika disana banyak sekali kezaliman yang terjadi maka bisa jadi jika berncana yang terjadi adalah sebagai peringatan dan hukuman.

Ketika bencana alam terjadi, sikap kita sebagai orang yang beriman adalah selalu berusaha untuk introspeksi diri. Jangan-jangan ada perbuatan kita yang menyebabkan Allah murka. Hindari perbuatan yang dapat mendatangkan murka Allah. Selain itu juga harus lebih banyak beristigfar. Istigfar merupakan senjata yang sangat ampuh untuk menghapus dosa dan juga menjauhkan diri dari bencana.

Banjir Bandang masih dapat terjadi

banjir bandang 1

Saat ini musim hujan masih berlangsung, kemungkinan terjadi bencana masih sangat besar. Bencana alam yang terjadi ketika musimpenghujan tiba bukan hanya banjir bandang saja melainkan juga bisa menyebabkan tanah longsor dan lain sebagainya.

Surat Al Ahzab ayat 17
وَلَا يَجِدُونَ لَهُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ قُلۡ مَن ذَا ٱلَّذِى يَعۡصِمُكُم مِّنَ ٱللَّهِ إِنۡ أَرَادَ بِكُمۡ سُوٓءًا أَوۡ أَرَادَ بِكُمۡ رَحۡمَةً۬‌ۚ وَلِيًّ۬ا وَلَا نَصِيرً۬ا

” Katakanlah: “Siapakah yang dapat melindungi kamu dari [takdir] Allah jika Dia menghendaki bencana atasmu atau menghendaki rahmat untuk dirimu?” Dan orang-orang munafik itu tidak memperoleh bagi mereka pelindung dan penolong selain Allah. ”

Sobat cahaya Islam, penting sekali bagi setiap muslim untuk saling tolong menolong serta saling mengingatkan dalam kebaikan. Mengingatkan sesama muslim dalam kebaikan termasuk dalam amal makruf nahi munkar. Jika tidak ada saling menasehati dalam kebaikan maka akan sangat mudah maksiat untuk meraja lela di suatu wilayah. Wallahualambishawab.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!