5 Manfaat Istighfar yang Luar Biasa

0
44
manfaat istighfar

Ceramah Agama – Istighfar adalah salah satu bacaan permohonan ampun seorang hamba kepada Allah SWT. Sobat cahaya islam tentu sudah sering membaca istighfar. Salah satu ciri manusia yang bertaubat adalah dengan membaca kalimat istighfar. Perlu sobat cahaya islami ketahui, ternyata, manfaat istighfar sangatlah banyak dan luar biasa.

5 Manfaat Istighfar yang Luar Biasa

Seperti yang telah kita ketahui, rasulullah yang telah dijamin masuk surga oleh Allah saja masih membaca istigfar sebanyak 70 kali setiap harinya. Sebagai manusia biasa, kita tentu lebih banyak melakukan dosa. Apalagi kita juga tidak memiliki jaminan apapun dari Allah. Namun Allah sangatlah mencintai manusia yang bertaubat. Berikut ini adalah beberapa manfaat istigfar yang luar biasa dan akan sangat bisa dirasakan oleh hamba yang melakukannya dengan rutin dan sungguh-sungguh.

Istighfar Adalah Sebab Pengampunan Dosa

Hikmah atau manfaat istighfar yang luar biasa pertama dari bacaan istighfar adalah sebagai salah satu cara mohon ampun kepada Allah dari segala dosa yang pernah dilakukan. Dengan beristighfar dan menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan maka insyaallah akan diampuni dosanya. Allah adalah sang maha pengampun sehingga sobat yang memiliki dosa sebaiknya langsung membaca istighfar dan benar benar menyesali perbuatan yang pernah dilakukan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ.

“Dan orang-orang yang, apabila berbuat keji atau menganiaya diri sendiri, mengingat Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Siapa lagi yang dapat mengampuni dosa, kecuali Allah? Mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” [1]

Meluaskan Rezeki

manfaat istighfar yang luar biasa yang selanjutnya adalah akan membantu untuk meluaskan rejeki. Jika sobat cahaya islam mengalami masalah ekonomi maka sebaiknya segera mencari ampun kepada Allah karena banyak hal yang bisa menybabkan rejeki terhambat salah satunya adalah karena dosa.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا. يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا. وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا.

“Maka saya berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Rabb kalian (karena) sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit atas kalian. Dan Dia akan melipatkangandakan harta dan anak-anak kalian, mengadakan kebun-kebun atas kalian, serta mengadakan sungai-sungai untuk kalian.” [2]

Ayat tersebut menjelaskan jika istighfar bisa menjadi sebab Allah menurunkan rejeki dari langit dan juga akan membukakan banyak kemudahan baik dalam hal keturunan, kebaikan dan bahkan penyelesaian masalah.

Menghindarkan dari Siksa Allah dan Musibah Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” [3]

Allah adalah Tuhan yang maha pengampun dan juga maha penyayang. Setiap hamba yang beristighfar selain diampuni juga akan mendapatkan kasih sayang Allah sehingga akan dijauhkan dari bahaya dan bahkan siksa. Jadi jika sobat cahaya islam ingin terhindar dari bencana alam, bencana rumah tangga atau bahkan kesusahan lainnya sebaiknya rutinkan untuk membaca istigfar paling tidak 70 kali dalam sehari seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.

Istighfar Mendatangkan Rahmat

Manfaat istighfar yang luar biasa selanjutnya yang akan sangat sobat cahaya islam nantikan adalah istigfar mampu menjadi salah satu sebab datangnya rahmat Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ.

“Hendaklah kalian memohon ampunan kepada Allah agar kalian dirahmati.” [4]

Rahmat adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya jadi jika ingin dicintai oleh Allah seorang hamba harus selalu mengingat Allah dan memohon ampun. Manusia tidak ada yang bisa lepas dari dosa karena memang setiap hari bahkan secara tidak sengaja kita melakukan dosa. Bayangkan saja jika seorang hamba telah dicintai oleh Allah, kehidupan akan terasa lebih mudah dan juga penuh dengan berkah.

Salah Satu Sumber Kekuatan dan Kejayaan

Jika seorang hamba sedang berada dalam masalah atau penderitaan yang membuat hidup terasa tidak indah dan juga membuat diri menjadi lemah maka istigfar bisa menjadi salah satu sumber kekuatan. Ketika tidak ada siapapun yang menolong, sobat cahaya islam bisa mengandalkan Allah untuk membantu menyelesaikan semua urusan. Manfaat istighfar yang luar biasa sudah dijelaskan dalam sebuah ayat:

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَى قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ.

“Wahai kaumku, beristighfarlah kepada Rabb kalian lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atas kalian dan menambahkan kekuatan kepada kekuatan kalian, serta janganlah kalian berpaling dengan berbuat dosa.” [5]

Allah akan sangat senang kepada hamba yang selalu ingat dan ingin dekat dengan Allah. Sebagai Tuhan, kasih sayang Allah sangat luar biasa sehingga jika Allah berkehendak untuk menolong hambanya maka tidak ada suatu hal yang tidak mungkin. Jadi jika sobat cahaya islam sedang dalam kondisi apapun bahkan dalam kondisi paling lemah jangan sampai lupa untuk beristigfar kepada Allah SWT.

Setelah membaca beberapa manfaat istighfar yang luar biasa tersebut maka sobat cahaya islam bisa mulai untuk membiasakan diri membaca istigfar setiap hari. Membaca istighfar bisa dilakukan setelah solat, diperjalanan atau bahkan kapan saja diwaktu senggang anda. Allah memberikan banyak kelonggaran kepada umatnya untuk melakukan amalan seperti dzikir dan istighfar ditempat-tempat selain masjid atau mushola asalkan tempat tersebut suci. Sekian bahasan mengenai manfaat istighfar yang luar biasa semoga bermanfaat untuk anda.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Ali ‘Imran (3) ayat 135

[2] Q.S. Nuh (71) ayat 10-12

[3] Q.S. Al-Anfal (8) ayat 33

[4] Q.S. An-Naml (27) ayat 46

[5] Q.S. Hud (11) ayat 52

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!