Viral Karyawan Gaji 80 Juta Kena PHK, Rezeki Itu Rahasia Allah!

0
107
Viral Karyawan Gaji 80juta Kena PHK

Viral – Ditengah pandemi wabah corona ini, pekerjaan semakin sulit saja. Banyak orang mengeluh penghasilannya berkurang, pekerjaannya diliburkan bahkan tidak sedikit yang diPHK untuk pengurangan karyawan. Bagi sebagian orang yang merupakan tulang punggung keluarga, sudah pasti bukan situasi yang mudah untuk dihadapi. Baru-baru ini juga terdengar berita mengenai seorang karyawan yang gajinya 80 juta terkena PHK. Sebagai dampak dari pandemi covid-19 ini. Ini menjadi pembicaraan hangat masyarakat.

Viral Karyawan Kena PHK Ditengah Pandemi Covid-19

Karyawan yang dikabarkan terkena PHK ini juga diberitakan rumah tangganya goyah dan juga kebingungan untuk membayar cicilan rumah dan mobil mewah. Hal ini dikarenakan dirinya diPHK dan tidak lagi memiliki pekerjaan. Hal ini tentu terdengar cukup memprihatinkan. Wabah corona ini memang bukan wabah sederhana. Jadi, bukan hanya berdampak pada kesehatan saja. Namun juga seluruh aspek, baik pekerjaan ataupun ekonomi. Bagaimana sikap muslim dalam hadapi pandemi ini?

Viral Karyawan Kena PHK, Bagaimana Pandangan Islam Tentang Rezeki?

Viral Karyawan PHK, Begini Rezeki Dalam Islam

Dalam agama islam, Allah merupakan satu-satunya Zat yang mengatur segala aspek kehidupan. Baik rezeki, jodoh dan juga maut yang tidak lain adalah rahasia Allah. Banyaknya kasus PHK, orang yang bahkan kehilangan pekerjaannya begitu saja. Ini adalah bukti bahwa rezeki sejatinya adalah rahasia Allah yang tidak kita ketahui. Allah bisa memberikan rezeki kapan saja dan tidak terduga, namun juga bisa mengambilnya kapanpun Allah menghendakinya.

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.(1)

Dalam ayat diatas, dijelaskan bahwa Allah yang melapangkan rezeki untuk hamba-hambaNya. Dan Allah memberikan rezekinya dengan ukuran dan siapa yang dikehendakiNya. Dengan kata lain, Allah memilih siapapun yang berhak menerima rezeki dan juga bisa mengambilnya kembali apapun itu. Namun setiap makhluk sudah diatur rezekinya masing-masing oleh Allah. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Rezeki Berlimpah Jangan Sampai Membuat Kita Lalai dan Mengejar Dunia

Viral Karyawan Gaji 80juta PHK, Rezeki Ini Rahasia Allah

Viral – Banyak orang yang lupa, karena banyaknya kenikmatan yang Allah limpahkan kepada mereka. Hingga membuat banyak orang akhirnya berlomba untuk mengejar kepentingan dunia. Terutama dalam hal materi yang dianggap bisa memudahkan setiap perjalanan dalam hidup. Dalam agama, ini merupakan anggapan yang salah. Kita tidak pernah tahu kapan rezeki akan datang dan kapan Allah akan mengambil sebagian kenikmatan yang kita miliki. Rezeki yang berlimpah bahkan bisa menjadi ujian bagi kita.

اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ ۚ وَفَرِحُوا بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا مَتَاعٌ

Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit).(2)

Sebagai seorang muslim, kesenangan dunia jangan sampai membuat kita lalai atau lupa. Harta yang berlimpah bukan jaminan bahwa hidup akan terus berjalan dengan baik. Siapa yang akan tahu jika Allah menghendaki mengambil semuanya dalam sekejab waktu. Itu sebabnya, syukuri rezeki yang ada. Semakin banyak rezeki semakin banyak bersyukur, bukan semakin menghambur-hamburkan harta untuk yang tidak bermanfaat.

Viral – karyawan gaji 80juta terkena PHK ini memberikan kita pelajaran. Bahwasanya tidak ada yang kekal, apalagi kesenangan dunia yang hanya sementara. Semoga kita tidak termasuk orang lalai. Dan semoga kita lebih bijak untuk memanfaatkan rezeki yang ada dengan baik dan rasa syukur ya sobat cahaya islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Asy-Syura Ayat 21

(2) – Surat Ar-Ra’d Ayat 26

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!