Manfaat Baca Doa Turun Hujan dan Setelah Hujan

0
21

Manfaat baca doa turun hujan – Hujan adalah anugerah dari Allah subhanahu wa ta’ala yang perlu untuk selalu kita syukuri. Kehidupan semua makhluk hidup akan menjadi lebih mudah ketika Allah menurunkan air yang cukup. Bisa kita rasakan sendiri bagaimana rasanya ketika tidak ada air.

Tentu kita akan merasa sangat kesusahan dan kehausan karena banyak kegiatan kita yang membutuhkan air. Bahkan tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air sehingga air menjadi salah satu hal terpenting yang dibutuhkan tubuh. Ketika hujan turun kita hendaknya selalu bersyukur dan membaca doa.

Kadang kita tidak pernah terpikir dan merenungi betapa air sangatlah penting. Apapun yang sudah kita miliki apabila dalam jumlah yang banyak memang seringkali terlupakan dan jarang untuk disyukuri. Padahal ketika hujan turun, saat itulah Allah sedang menurunkan rahmatnya.

 

Kita sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah hendaknya selalu mensyukuri nikmat apapun yang Allah turunkan. Dengan bersyukur maka Allah akan memberikan limpahan rahmat sehingga apapun yang diberikan Allah akan mengandung berkah atau kebaikan.

Manfaat Baca Doa Turun Hujan

Anda tentu sudah mengetahui tentang bagaimana bacaan doa turun hujan. Berikut ini adalah doa turun hujan yang sebaiknya dibaca ketika air turun dari langit dan membasahi bumi.

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Dari hadits di atas kita mengetahui bahwa bacaan doa yang dahulu sering dibaca oleh Rasulullah adalah allahumma shoyyiban nafi’an. Dengan membaca doa tersebut maka Allah akan menurunkan hujan yang penuh dengan keberkahan sehingga hujan tersebut tidak akan menyebabkan bencana alam.

Manfaat baca doa turun hujan sebaiknya diresapi dengan sungguh-sungguh oleh setiap muslim. Allah sangat menyukai hambanya yang selalu bersyukur salah satunya ketika Allah memberikan rahmatnya berupa air hujan.

Tanpa kasih sayang Allah tentu dunia ini akan sangat tandus dan gersang. Tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa hidup seperti saat ini. Jangan sampai kita termasuk sebagai orang yang kufur nikmat karena untuk mensyukuri nikmat yang luar biasa seperti hujan saja kita sering lupa.

Menjadikan Kita Ingat Akan Kasih Sayang Allah

Hamba yang selalu berdoa dalam hal apapun termasuk ketika sedang turun hujan berarti dia dalam kondisi ingat kepada Allah. Saat hujan tiba hendaknya kita membaca doa tersebut serta memanjatkan doa-doa terbaik karena saat hujan adalah waktu mustajab.

Dalam sebuah hadis diriwayatkan:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

Doa Hujan Lebat

Apabila ternyata hujan semakin deras serta muncul kekhawatiran akan menyebabkan bencana maka ada doa khusus yang bisa dibacakan. Dahulu nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam juga membaca doa hujan semakin lebat, bacaan doanya yaitu:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya:

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Doa Setelah Hujan Turun

Manfaat baca doa turun hujan memang sangat luar biasa. Bukan hanya membuat kita mendapatkan rahmat Allah serta keberkahan akan tetapi juga membuat kita semakin mengingat nikmat Allah. Setelah hujan reda maka kita juga hendaknya membaca doa. Berikut ini adalah bacaan doa setelah hujan:

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih”,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Artinya:“Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71).

Setelah mengetahui manfaat baca doa turun hujan tentu anda akan semakin ingat bahwa hujan bukanlah fenomena alam biasa akan tetapi merupakan salah satu Rahmat yang diberikan oleh Allah. Semoga informasi ini menambah wawasan kita serta rasa syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!