Ade Firman Hakim Tutup Usia Akibat Covid, Begini Metode Penyembuhan Ala Islam Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

0
19

Ade Firman Hakim – Kabar duka kembali mewarnai dunia hiburan tanah air. Kali ini seorang aktor, Ade Firman Hakim dikabarkan telah tutup usia pada Senin, 14/09/2020 di salah satu rumah sakit rujukan suspect Covid-19.

Sebelum tutup usia, Ade Firman Hakim memang sempat drop dan akhirnya dilarikan ke salah satu rumah sakit pasien Corona, hal ini dibenarkan langsung oleh sang istri dan adik kandungnya, Dai Tirta.

Pemakanan Ade Firman Hakim rencananya akan digelar di TPU Tegal Alur, Kalideres Jakarta Barat dan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 karena memang Ade Firman Hakim meninggal setelah dinyatakan positif virus Corona.

Sobat Cahaya Islam, memang tak satupun dari kita yang mengetahui kapan pastinya kematian akan menjemput. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 saat ini, kritis kesehatan tak bisa terelakkan dan angka kematian terus meningkat.

Dalam syariat Islam, datangnya penyakit serta wabah merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah kepada umat manusia. Yang bisa kita lakukan hanyalah senantiasa berdoa memohon kepada-Nya dan berusaha melindungi diri masing-masing. Salah satu upaya perlindungan diri dari wabah Covid-19 yang bisa dilakukan adalah menerapkan cara Rasulullah berikut.

Ade Firman Hakim Positif Covid-19, Ini Solusi Pengobatan Penyakit dari Islam

Datangnya sakit memang tak bisa dielakkan, dan yang dapat kita lakukan ketika sedang sakit adalah berobat dengan harapan penyakit tersebu diangkat oleh Allah SWT.

“Aku pernah berada disamping Rasulullah. Lalu datanglah serombongan Arab dusun, mereka bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?’ Beliau menjawab; ‘Iya, wahai para hamba Allah sebab tidaklah Allah meletakkan suatu penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.’ Mereka bertanya, ‘Penyakit apa itu ya Rasul?’ Beliau menjawab, ‘Penyakit tua (kematian).” (Kitab Al-Jami’ Ash-Shahih mimma Laisa fish Shahihain: 4/486)

Dalam syariat Islam dikenal dengan metode penyembuhan tanpa obat. Tanpa obat yang dimaksudkan disini adalah tanpa obat-obatan yang dibuat dari bahan-bahan kimia, melainkan dari hasil alam yang bersifat herbal. Apa saja? Mari simak ulasan berikut!

  • Air

Sekalipun manusia bisa bertahan dengan makanan, namun tak ada satupun manusia yang sanggup bertahan hidup tanpa air. Dalam pengobatan, air dapat digunakan sebagai pengobatan diare, pencegahan infeksi pada kulit, mengatasi demam tinggi serta banyak manfaat lainnya. Bahkan ilmu kedokteran turut menyarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih, agar daya tahan tubuh terjaga.

  • Madu

Cairan dari sarang lebah ini memang sudah terbukti ampuh sebagai metode penyembuhan, dalam firmannya Allah telah menyinggung masalah ini,

“… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (QS. An-Nahl: 68-69)

  • Habbatus Sauda

Bagi yang belum mengatahui, habbatus sauda merupakan biji-bijian berwarna hitam mungil yang bermanfaat banyak bagi tubuh manusia. Jika dikonsumsi, biji-bijian ini dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, mengatasi radang sendi, menurunkan tekanan darah serta banyak manfaat lainnya.

  • Berbekam

Metode penyembuhan lain yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW adalah berbekam. Secara fisik, metode penyembuhan ini memang terlihat menyeramkan. Bekam atau hijamah merupakan pengobatan yang dilakukan dengan mengeluarkan darah kotor dari tubuh seseorang menggunakan alat yang menyerupai mangkuk dan dipanaskan.

  • Berdoa

Sesungguhnya segala kesembuhan hanyalah terjadi atas seizin Allah. Untuk itu, manusia yang sedang sakit memang dituntut untuk selalu berikhtiar memohon kesembuhan dengan memanjatkan doa, disertai dengan tawakkal kepada Allah semata.

Sobat Cahaya Islam, dimasa pandemi Covid-19 ini marilah senantiasa menjaga serta melindungi diri masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita berada dalam lindungan Allah. Aamiiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!