Film Thriller Contagion Kisahkan Tentang Virus, Bagaimana Pandangan Islam?

0
132
film thriller Contagion

Film Thriller Contagion – Di akhir pekan, banyak film seru yang menarik untuk penonton saksikan bersama keluarga atau sendiri. Rekomendasi tayangan seru ada film thriller Contagion dengan cerita yang tidak biasa.

Contagion merupakan film yang rilis pada tahun 2011 lalu. Kendati demikian, Contagion masih masuk dalam rekomendasi tontonan seru di akhir pekan.

Cerita Film Thriller Contagion Tentang Virus

Menjadi tayangan seru, film thriller Contagion mengisahkan tentang situasi dunia yang terancam penyebaran virus mematikan. Film ini hadir dengan gambaran mengerikan tentang cara manusia berjuang untuk bertahan hidup saat menghadapi wabah mematikan.

Cerita film berawal dengan penularan virus dari kawasan Hong Kong. Seorang eksekutif perusahaan, kembali perjalanannya dari Hong Kong dengan kondisi yang memburuk.

Dalam beberapa hari, kondisinya pun kian memburuk dan membuatnya meninggal dunia. Di saat yang bersamaan, virus pun mulai menyebar dengan cepat.

Bahkan virus yang belum diketahui jenisnya tersebut membunuh siapa saja yang sudah terinfeksi. Sebagai upaya menghentikan virus, WHO dan CDC berusaha keras untuk mengidentifikasi sekaligus memahami virusnya.

Mereka membentuk tim yang terdiri dari Dr. Ellis Cheever dan Dr. Erin Mears. Dr. Ellis Cheever bertugas memimpin upaya penyelidikan virus tersebut.

Sedangkan Dr. Erin Mears pergi ke lapangan demi menyelidiki sumber penularan virus.

Virus dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, film thriller Contagion menjadi gambaran tentang kondisi dunia beberapa waktu lalu ketika Covid-19 menyerang. Pasalnya keadaan dunia menjadi sangat gawat dan seolah tidak terkendali.

Saat itu, banyak daerah yang menetapkan lock down demi mencegah penyebaran virus dan wabah di seluruh dunia. Selain itu, banyak orang yang meninggal dunia karena terpapar virus tersebut.

Sobat Cahaya Islam, virus atau wabah yang terjadi di dunia ini merupakan takdir dan kehendak Allah SWT. Karena itu, hendaknya manusia menjalani semua takdir termasuk virus dengan Ikhlas dan pasrah hanya kepada Allah SWT.

Cara Islam saat Menghadapi Virus yang Menyebar

Sobat Cahaya Islam, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Sobat lakukan ketika menghadapi musibah virus sesuai ajaran islam:

1.       Jangan Bepergian

Jika ada daerah yang tengah dijangkit virus atau bawah, ada baiknya Sobat jangan mendatanginya kecuali untuk keperluan mendesak. Sebaiknya, Sobat berdiam diri dan menunggu sampai situasi aman.

Ini tertuang dalam:

 “Thaun adalah wabah yang dikirim kepada satu kelompok dari Bani Israil atau kepada orang-orang sebelum kalian. Jika kalian mendengarnya di suatu negeri, maka janganlah kalian mendatanginya. Dan jika Thaun menjangkiti suatu negeri sementara kalian disana maka jangan keluar untuk menghindarinya.” Abu Nadhr berkata, Jangan ada yang membuatmu keluar selain untuk menghindarinya.’ (HR Al Bukhari 3473)

Selain itu, Sobat jangan keluar dari daerah yang sedang terjangkit virus. Sebab bisa saja Sobat menjadi orang yang menularkan virus tersebut ke daerah lain.

2.       Tawakal kepada Allah SWT

Memasrahkan diri kepada Allah SWT merupakan jalan yang paling Nabi Muhammad SAW anjurkan. Ini sejalan dengan:

Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Thaun. Beliau memberitahukan kepadaku bahwa Thaun adalah azab yang dikirim Allah bagi barangsiapa pun yang Dia kehendaki, dan bahwa Allah menetapkannya sebagai rahmat bagi orang-orang beriman. Tidaklah barangsiapa pun yang begitu wabah Thaun menjangkiti lantas ia tetap berada di negerinya dengan sabar dan ridha juga tahu bahwa tidak ada yang menimpanya kecuali yang ditetapkan Allah baginya, melainkan baginya seperti pahala syahid.” (HR A-Bukhari 3474).  

film thriller Contagion

Namun, Sobat jangan sampai berdiam diri tanpa melakukan apapun. Sobat bisa ikut membantu menghadapi wabah tersebut dengan berbagai cara yang sesuai anjuran pihak terkait.

3.       Bersabar

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya bersabar saat menghadapi wabah penyakit. Apalagi, di setiap penyakit pasti ada obatnya dari Allah SWT.

Ini sebagaimana tertuang dalam hadits:

دَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ أَبِي حُسَيْنٍ قَالَ حَدَّثَنِي عَطَاءُ بْنُ أَبِي رَبَاحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad Az Zubairi telah menceritakan kepada kami ‘Umar bin Sa’id bin Abu Husain dia berkata; telah menceritakan kepadaku ‘Atha` bin Abu Rabah dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Allah tidak akan menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya juga.” (HR. Imam Bukhari No: 5246)

film thriller Contagion

Sobat Cahaya Islam, seperti itu beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk menghadapi wabah atau virus seperti film thriller Contagion. Mari berdoa agar Allah SWT senantiasa melindungi hambanya dari wabah mengerikan atau virus mematikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY