Menumbuhkan Sikap Cinta Kepada Rasulullah SAW Pada Diri Anak

0
42
Sikap Cinta Kepada Rasulullah

Ceramah Agama – Dalam berbagai ceramah agama islam, anak adalah titipan Allah SWT kepada pasangan manusia. Setiap pasangan yang diamanati anak ini wajib mendidiknya untuk mengenal agamanya. Oleh sebab itulah, tanggung jawab untuk mengenalkan anak kepada agama islam mutlak menjadi kewajiban kedua orang tua. Salah satu hal yang patut dikenal pada sang buah hati yaitu tentang Menumbuhkan Sikap Cinta Kepada Rasulullah SAW Pada Diri Anak.

Menumbuhkan Sikap Cinta Kepada Rasulullah SAW Pada Diri Anak

Setiap pasangan yang menikah pasti ingin memiliki anak. Pada dasarnya, anak merupakan suatu karunia yang diberi oleh Allah SWT kepada manusia. Memiliki anak atau momongan akan membuat sepasang suami istri mejadi lebih bahagia dalam menjalani hari – hari.

Sobat cahaya islami, rasulullah SAW merupakan sosok yang menjadi panutan umat islam seluruh dunia. Segala tingkah laku rasulullah SAW adalah cerminan akhlak yang mulia. Oleh sebab itulah, maka sebagai umat islam harus mencontohnya. Dengan mencontoh nabi Muhammad SAW secara tidak langsung kaum muslimin menerapkan akhlak mulia di dalam dirinya.

dalam ceramah agama, mencontoh perilaku nabi Muhammad SAW dalam tindakan sehari – hari adalah langkah yang tepat. Dikatakan sebagai langkah yang tepat lantaran rasulullah SAW memang menjadi tauladan untuk umat islam. Segala macam tingkah laku yang beliau kerjakan telah sesuai dengan syariat agama islam. Oleh sebab itulah, maka perlu mengajarkan pada anak – anak sebagai generasi penerus agama islam.

Anjuran mengajari anak untuk mencintai Rasulullah SAW

Mengajari anak untuk meneladani sikap rasulullah memang menjadi hal yang penting bagi umat islam. Dalam ceramah agama islam, mengajari anak untuk mencintai nabai dan rasul adalah perkara yang harus diajarkan. Hal ini bisa terjadi karena memupuk kecintaan pada rasulullah saw akan memberikan pondasi yang bagi sang anak. Sang buah hati di saat dewasa kelak dapat memahami dengan mudah berbagai syariat dalam agama islam yang dibawa oleh nabi muhammad saw.

Rasa cinta pada Nabi Agung Muhammad SAW memang menjadi aspek penting dalam ajaran agama islam. Dikatakan sebagai aspek penting lantaran ia meruoakan dasar bagi seorang hamba agar taat pada syariat islam. Seorang muslim yang sangat mencintai rasullah dipastikan akan mencontoh segala macam tindakannya. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak yang baik bagi dirinya.

Sobat cahaya islami, sebagai seorang manusia yang beriman sudah sepantasnya untuk mencintai rasulullah SAW. Rasa cinta pada baginda Nabi Muhammad SAW harus ditularkan pada anak – anak. Dalam ceramah agama, menularkan rasa cinta pada rasul merupakan tindakan yang mulia. Dalam Al Qur’an Surat At Taubah ayat 24 Allah SWT berfirman:

Dalam ayat di atas Allah SWT memberikan ancaman bagi orang yang tidak menyayangi Allah dan rasul. Bahkan di akhir ayat ini Allah SWT menggolongkan orang yang tidak mencintai Allah dan rasul ke dalam kelompok fasik. Oleh karena itulah, maka sebagai orang tua yang bijaksana sudah semesti menananmkan rasa cinta terhadap rasulullah pada diri anak.

Bagaiman Cara Menanamkan Rasa Cinta Pada Rasulullah Menurut Islam?

Sobat cahaya islami, untuk menanamkan rasa cinta anak pada Nabi Muhammad SAW bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi hal ini juga tidak bisa dikatakan sebagai tindakan yang sulit. Menurut ceramah agama islam, agar sang buah hati dapat mencintai rasulullah maka perlu dikenal sejak dini kisah – kisah beliau. Ceritakan pada sang anak tentang kisah hidup Nabi Muhammad SAW.

Setelah sang anak mengetahui tentang kisah rasulullah, maka tahapan berikutnya menurut ceramah agama islam yakni memeberikan contoh dalam meneladani sikap beliau. Telah disinggung pada awal pembahasan bahwa nabi muhammad saw memiliki sikap mulia. Berikan contoh sikap mulai itu pada sang anak. Dengan adanya contoh dari orang tua, maka anak akan lebih mudah dalam menirunya

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!