Lakukan 5 Hal Menurut Islam Untuk Mencegah Penyakit

0
163

Lakukan 5 Hal – Penyakit bisa kapan saja menyerang tubuh manusia. Penyakit muncul disebabkan oleh bakteri atau virus. Baru-baru ini suatu virus corona baru dengan nama Covid-19 mengguncang hampir seluruh negara di dunia. Pertama kali virus ini muncul di salah satu kota di China, Wuhan. Sejak Desember 2019 sampai April 2020, sudah ratusan ribu orang yang meninggal karena terserang virus ganas tersebut.

Indonesia tak luput dari serangan virus corona covid-19. Hal ini mengakibatkan ribuan orang terkena penyakit virus covid-19, ekonomi semakin lesu, dan aktivitas sehari-hari terhenti. Belum bisa dipastikan, sampai kapan wabah ini akan berakhir. Hanya Allah yang tahu. Kita sebagai manusia hanya bisa tawakkal dan ikhtiar.

Selain berdoa dan meningkatkan kekhusyukan ibadah kepada Allah, tentunya kita juga harus berusaha dan ikhtiar. Islam mengajarkan bagaimana seorang muslim mencegah datangnya penyakit atau virus. Kita bisa lakukan 5 hal menurut Islam berikut ini untuk mencegah virus corona covid-19.

5 Hal Dalam Islam Untuk Mencegah Penyakit

  • Mengajak dan Mencegah

Islam adalah agama yang mengajak kepada kebaikan dan mencegah berbuat munkar. Konsep amar ma’ruf nahi munkar yang diajarkan Islam sangat bermanfaat diterapkan di kehidupan kita. Islam memerintahkan untuk menjaga pola hidup sehat, menjaga kesehatan jasmani dan rohani, serta mengaplikasikan akhlak dan etika baik di setiap perbuatan.

Wabah virus paling sering diakibatkan oleh manusia yang tidak menjaga kesehatan jasmani dan rohani mereka. Allah dalam firmanNya juga telah melarang makanan dan minuman yang haram untuk dikonsumsi. Makanan haram seperti daging babi, ternyata memiliki virus di tubuhnya. Jadi, sangat penting menjaga segala tindak tanduk kita. Hiduplah sesuai Qur’an dan Sunnah, maka hidup kita akan jauh lebih sehat.

  • Membangun Fasilitas yang Memadai

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi pemerintah sebagai pemimpin untuk melindungi dan menjamin kesehatan rakyatnya. Negara wajib menyediakan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik kesehatan, dokter, perawat, pabrik obat-obatan, dll.

Pelayanan yang diberikan juga harus maksimal. Artinya, negara sudah sepantasnya untuk memeberikan layanan pengobatan gratis bagi penderita corona atau penyakit lainnya. Negara bisa menggunakan uang kas dari Baitu Mal, baik milik negara maupun milik umum.

  • Membuat Sistem Sanitasi yang Baik

Kebersihan lingkungan adalah kunci kesehatan diri setiap orang. Kebersihan lingkungan dapat direalisasikan dengan membuat sistem sanitasi yang baik. Sanitasi adalah upaya manusia untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang baik; air, tanah, udara. Allah sangat mencintai hambanya yang selalu menjaga kebersihan.

  • Mengkarantina Wilayah

Pada waktu jaman Rosullullah pernah ada sebuah wabah penyakit, yaitu kusta. Rasullullah memerintahkan untuk mengkarantina aytau mengisolasi diri. Beliau menghimbau para sahabat dan kaumnya agar jangan menuju ke tempat yang terkena wabah.

Isolasi daerah seperti yang diterapkan Rasullullah bertujuan untuk menghentikan penyebaran penyakit kusta. Beliau bersabda:

“Jika kalian telah mendengar terjadi wabah thaa’uun di suatu negeri, maka janganlah kalian mendatangi negeri itu. Dan jika wabah itu terjadi di suatu negeri sedangkan kalian  berada di negeri itu, maka janganlah kalian keluar dari negeri itu untuk lari dari wabah itu.” (HR. Bukhari No. 5739)

  • Membuat Vaksin Sebagai Bentuk Ikhtiar

Vaksin pertama kali muncul pada masa kekhalifahan Abbasiyah, kemudian dikembangkan lagi pada Jaman Turki Utsmani. Vakisn digunakan sebagai bentuk ikhtiar dan usaha kita untuk mengobati penyakit atau virus.

Sobat Cahaya Islam, sebagai muslim sudah seharusnya kita mencontoh apa yang dilakukan Rasullullah dan mentaati isi Al-Qur’an saat wabah penyakit menyerang. Kita niatkan mencegah wabah virus corona covid-19 yang terjadi sekarang agar ibadah kita tidak tertinggal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY