Cara Menghindari Sikap Malas dalam Kehidupan Sehari-hari

0
126
sikap malas

Ceramah agama – Sobat cahaya islami pasti pernah mengalami rasa malas bukan? Pada dasarnya malas memiliki pengertian sebagai sebuah kondisi dimana seorang manusia tidak ingin melakukan kegiatan apapun. Seorang manusia yang sedang terjangkit penyakit ini menjadi enggan untuk beraktifitas. Ia hanya ingin bersantai – santai saja tanpa mau melakukan kegiatan apapun. Dalam ceramah agama, sikap malas menjadi perbuatan yang tidak baik sebab dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itulah, maka sebisa mungkin seorang muslim tidak bermalas – malasan dalam kehidupan di dunia.

Malas memang menjadi perilaku tercela yang harus dihindari. Perbuatan yang tergolong dalam akhlak buruk ini memberikan dampak yang negatif bagi pelakunya. Seorang manusia yang dihinggapi rasa malas tidak akan tertarik untuk melakukan apapun. Orang dengan sifat ini cenderung menikmati waktu yang diberikan oleh Allah SWT hanya dengan bersantai saja.

Perintah Menghindari Sifat Malas Dalam Ajaran Agama Islam

Islam merupakan agama yang syariatnya sangat lengkap. Berbagai aspek kehidupan manusia di dunia telah diatur dalam ajaran islam. Dalam ceramah agama, salah satu aspek kehidupan yang diatur dalam syariat yang mulia ini adalah tentang menghindari malas.

Perilaku malas memang menjadi sebuah sifat yang berbahaya. Dikatakan sebagai sifat atau perilaku berbahaya lantaran membuat seorang manusia kurang produktif. Seorang manusia yang terjangkit perilaku cenderung malas bekerja dan hanya berpangku tangan. Tentang saja tingkah laku ini tidak dibenarkan dalam syariat agama islam.

Dalam ceramah agama, sikap malas termasuk dalam jajaran perilaku tercela yang perlu dihindari. Perilaku buruk ini harus dihindari oleh setiap orang yang mengaku beragama islam. Bahkan Rasulullah SAW selalu berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari sikap malas. Hal ini sesuai dengan sabada nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat muslim nomer 2706 yang artinya:

وَحَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى، حَدَّثَنَا مُعْتَمِرٌ، كِلاَهُمَا عَنِ التَّيْمِيِّ، عَنْ أَنَسٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم ‏.‏ بِمِثْلِهِ غَيْرَ أَنَّ يَزِيدَ لَيْسَ فِي حَدِيثِهِ قَوْلُهُ ‏ “‏ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ‏”‏ ‏.‏

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.” [1]

Dalam hadits di atas Rasulullah SAW memohon pada Allah SWT agar terhindar dari berbagai sikap tercela. Salah satu sikap tercela atau jelek itu adalah malas. Menurut ceramah agama, memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari sifat malah merupakan hal yang diperbolehkan. Maka dari itulah sudah sepantasnya untuk selalu memohon agar terhindar dari sikap malas.

Cara Menghindari Sikap Malas Menurut Ajaran Agama Islam

Sobat cahaya islami, rasa malas memang menjadi perilaku yang tidak baik. Dalam ceramah agama, sifat ini mampu memberikan kerugian. Kerugian itu berupa terbuangnya waktu secara percuma dan tidak menghasilkan apapun. Untuk itulah, maka seorang muslim perlu menghilangkan sifat malas dari dalam diri.

Menurut ajaran agama islam, menghilangkan sifat malas tidaklah terlalu sulit. Seorang manusia hanya perlu memiliki motivasi yang kuat dari dalam diri. Berikut ini beberapa cara menghilangkan sikap malas yang bisa dilakukan.

Harus bisa memanfaatkan waktu

Cara pertama agar seorang manusia bisa terhindar dari yang namanya malas yakni dengan memanfaatkan waktu. Gunakanlah waktu yang telah Allah SWT berikan sebaik mungkin. Tanamkan kesadaran dalam diri bahwa waktu yang diberikan ini akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT. Dengan adanya kesadaran ini, maka seorang muslim akan bisa terhindar dari rasa malas.

Selalu berdoa agar terhindar dari malas

Berdoa kepada Allah SWT merupakan trik jitu agar tidak dihinggapi rasa malas. Menurut ceramah agama, minta perlindangan dari Allah SWT agar menghilangkan rasa malas dari dalam diri. Doa permohonan yang dipanjatkan tersebut akan membuat rasa malas hilang dari diri seorang muslim.

Memiliki sikap untuk segera menyelesaikan pekerjaan

Dalam ceramah agama, sikap segera menyelesaikan suatu pekerjaan juga bisa mengusir rasa malas. Ketika banyak pekerjaan menumpuk usahakan untuk segera dikerjakan. Tindakan tersebut membuat diri lebih cekatan dan terhindar dari sikap malas.


Catatan kaki

[1] H.R. Muslim no. 2706 (sahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!