Gunung Merapi Menyampaikan Pesan-Pesan Allah

0
93

Gunung Merapi – Salah satu Gunung paling aktif di Pulau Jawa tersebut beberapa minggu ini sering erupsi. Tercatat kolom erupsi Merapi mencapai ketinggian 2.000 hingga 5.000 meter. Sehingga mengakibatkan wilayah-wilayah di sekitar gunung mengalami hujan abu.

Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah salah satu gunung di Indonesia yang sering mengalami erupsi. Erupsi besar pernah terjadi pada tahun 2010. Beberapa warga meninggal karena terkena awan panas Merapi.

Gunung Tanda Kebesaran Allah

Allah menciptakan gunung-gunung pasti ada sebabnya. Menurut para ahli geologi, gunung berfungsi sebagai pondasi atau pasak bumi. Kerak bumi atau bagian terluar bumi yang tebalnya 5 km sebenarnya mengapung di atas cairan. Allah menjadikan gunung sebagai pondasi agar kerak bumi yang ditempati manusia tidak bergeser.

Perlu Sobat Cahaya Islam ketahui, bahwa gunung menancap di bumi di kedalaman 35 km. Gunung-gunung yang diciptakan allah, termasuk Gunung Merapi, berfungsi untuk menyeimbangkan kerak bumi. Allah Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an Surah an-Nahl ayat 15:

“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi ini tidak berguncang bersama kamu.” (Q.S. An-Nahl ayat 15)

Sungguh Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya. Terciptanya gunung merupakan salah tanda kebesaran Allah. Bayangkan kalau tidak ada gunung di bumi, pastilah kita terombang-ambing hidup di bumi.

Menguji Keimanan dan Ketaqwaan Manusia

Sebuah keniscayaan bahwa gunung yang aktif pasti akan meletus atau erupsi, cepat atau lambat. Apakah kita akan mengecam gunung itu karena meletus atau malah menyalahkan Allah? Saat datang musibah, yang harus kita lakukan bukan mengeluarkan sumpah serapah tapi berdoa kepada Sang Pemilik segalanya, Allah Ta’ala.

Sebagai umat muslim hal yang harus dilakukan saat gunung meletus adalah berdoa, berserah diri kepadaNya. Berikut ini adalah doa diselematkan dari bencana dan musibah:

“Allohumma inni a-’uudzubika min jahdil balaa-I, wa darakisy syaqaa-I, wa suu-il qadhaa-I, wa syamaatatil a’daa-I.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha’ (takdir), dan kegembiraan para musuh.” (HR. Bukhari No. 6347, 6616 dan Muslim No. 2707)

Sobat Cahaya Islam juga disarankan oleh Rasullullah agar bersedekah untuk menolak bala’. Gunung Merapi atau gunung-gunung lainnya yang meletus kita ambil hikmahnya. Allah sedang menyampaikan pesan pada kita. Apakah kita mengingat Allah atau tidak, apakah kita berdoa dan berserah diri kepada Allah apa tidak. Jadikan setiap bencana, musibah, wabah penyakit sebagai sarana bagi kita untuk lebih dekat kepada Allah.

Pesan Allah Untuk Menjaga Alam

Seringkali kita sebagai manusia tak mau menjaga kelestarian alam. Banyak hutan-hutan yang digunduli, membakar hutan, dsb. Kerakusan dan kesombongan manusia menyebabkan alam menjadi rusak dan tak seimbang. Pada akhirnya, manusia sendirilah yang akan merasakan akibatnya. Banyak terjadi tanah longsor, banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain-lain.

Dengan adanya Gunung Merapi yang erupsi akhir-akhir ini, waktu buat kita untuk merenungi segala perbuatan kita. Kurangi dan hilangkan segala perbuatan kita yang bersifat merusak alam. Kalau bisa ikut dalam kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan alam. Ini adalah sebagai sebuah bentuk kita untuk menjaga alam yang telah dicipytakan Allah untuk kita. Betapa sayangnya Allah kepada kita semua telah memberikan makanan dari alam. Tapi karena kerakusan, kita malah merusaknya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!