Kunci Sukses Hidup dengan Akhlakul Karimah

0
162
Kunci-Sukses-Hidup-dengan-Akhlakul-Karimah

Kunci Sukses Hidup – Dalam hidup ini, setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan. Ada banyak teori yang berkaitan dengan kunci kesuksesan dalam hidup seperti kerja keras, kesabaran, dan lain sebagainya. Namun, satu hal yang banyak orang tidak menyadari adalah pentingnya akhlakul karimah atau budi pekerti yang baik.

Pentingnya Akhlakul Karimah

Salah satu alasan Allah mengutus Nabi Muhammad adalah untuk menyempurnakan akhlak umatnya, termasuk kita semua. Bahkan, Rasulullah sendiri yang memberikan penegasan ini.

 إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الأَخْلاقِ

“Sesungguhnya aku diutus ke bumi tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” (1)

Sebagai umat Islam, kita semua tahu bahwa Nabi Muhammad bersimbah keringat, darah, dan air mata dalam perjuangan dakwahnya. Tentu saja, perjuangan beliau semata-mata untuk seluruh umat manusia supaya mempunyai akhlak yang mulia dan sempurna.

Jadi, tidak ada gunanya kita belajar banyak ilmu dan melakukan ibadah jika akhlak kita masih rusak. Oleh karenanya, siapa saja yang mau mengukur kesuksesan hidup, akhlakul karimah adalah kuncinya. Bahkan, jika kita ingin membangun bangsa yang kuat, hal itu tidak akan bisa tanpa akhlak yang luhur.

Akhlakul Karimah Sebagai Parameter Keimanan

Di dunia ini, banyak sekali orang yang beriman kepada Allah. Tapi, Tingkat keimanan tiap orang Berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara mengukur Tingkat keimanan seseorang? Jawabannya sederhana, yakni bis akita lihat dari akhlaknya. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda:

‏ أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا ‏

“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (2)

Maksudnya, semakin baik akhlak seorang mukmin, maka semakin tinggi derajatnya. Apalagi di zaman akhir sekarang ini, akhlak manusia semakin memprihatinkan. Oleh karena itu, Pendidikan akhlak harus semakin digiatkan dan harus dimulai sedini mungkin.

Di sini, peranan sekolah sangat penting. Tapi, yang paling penting adalah peranan orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Intinya, orangtua dan guru harus sama-sama berjuang untuk mendidik anak-anak dan murid-muridnya dan memastikan mereka memiliki budi pekerti yang luhur.

Kenapa Akhlakul Karimah Termasuk Kunci Sukses Hidup?

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa akhlak dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Dalam kehidupan di sekitar kita, banyak sekali orang yang masuk penjara karena menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta seperti menipu, mencuri, korupsi, dll. Itu semua terjadi karena akhlak mereka yang buruk. Bahkan, kalaupun tidak masuk penjara, mereka akan kesulitan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Sementara itu, seseorang yang memiliki akhlakul karimah akan lebih mudah mendapatkan relasi karena tidak sulit untuk memperoleh kepercayaan dari orang lain. Tentu saja, hal itu akan sangat bermanfaat dalam karirnya seperti mencari pekerjaan yang mapan atau mengelola usahanya.

Lebih dari itu, kesuksesan yang diraih dengan kejujuran dan akhlak yang mulia akan lebih berkah hasilnya. Bukankah tujuan hidup kita semua adalah mencari keberkahan? Jadi, mulai sekarang mari kita memperbaiki akhlak kita masing-masing. Selain bermanfaat untuk kesuksesan hidup kita, kita juga bisa menjadi teladan bagi anak dan cucu kita.

Referensi:

(1) Al-Adab Al-Mufrad Hadits 273

(2) Sunan Abi Dawud 4682

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY