Kemenag Anjurkan Jaga Kebersihan Dengan Rajin Shalat dan Wudhu, Tahukah? Ini Manfaat Berwudhu!

0
18
Kemenag Anjurkan Jaga Kebersihan Dengan Wudhu dan Begini Anjuran Islam

Kemenag anjurkan – Dalam masa pandemi covid-19 saat ini, kebersihan adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Semakin meningkatnya korban dari wabah ini menyadarkan kita, bahwa pentingnya menjaga kebersihan. Apalagi virus corona ini menyebar dengan cepat hanya dengan interaksi sosial saja. Itu sebabnya, banyak himbauan mengenai kebersihan dan rajin mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus corona. Seperti halnya anjuran dari Kementerian Agama Waryono untuk rajin shalat dan berwudhu agar tangan tetap bersih.

Pada 15 Oktober ini yang diperingati sebagai Hari Cuci Tangan pakai sabun sedunia, Kementerian Agama Waryono menyampaikan mengenai menjaga kebersihan tangan. Kepada sejumlah pondok pesantren, tempat pendidikan Al-Quran (TPQ), hingga madrasah diniyah dihimbau untuk rajin laksanakan shalat dan wudhu. Jika perlu shalat sunnah sehingga intensitas mencuci tangan akan lebih banyak dan terjaga kebersihan kita. Dalam islam, menjaga kebersihan adalah suatu hal yang dianjurkan lho sobat CahayaIslam.

Kemenag Anjurkan Jaga Kebersihan Dengan Rajin Shalat dan Wudhu, Apa Manfaat Berwudhu? Ini Penjelasannya!

Kemenag Anjurkan Jaga Kebersihan Dengan Rajin Wudhu dan Begini Manfaatnya

Kemenag anjurkan menjaga kebersihan tangan dengan cara rajin melaksanakan shalat dan juga wudhu. Semakin sering berwudhu maka semakin terjaga juga kebersihan kita. Sehingga ini menghindarkan kita dari virus covid-19. Terlebih lagi, kebersihan merupakan salah satu yang disukai Allah SWT. Itulah kenapa, menjaga kebersihan sangat dianjurkan dalam islam.

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.(1)

Menjaga kebersihan tentu saja merupakan salah satu bentuk keimanan seorang muslim. Sehingga kaum muslimin dianjurkan untuk bisa menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan. Begitu juga dengan berwudhu, yang tidak lain adalah bentuk mensucikan diri. Berwudhu bukan hanya sekedar dilakukan karena akan melaksanakan ibadah saja. Dalam kondisi tertentu, kita pun dianjurkan untuk berwudhu. Seperti ketika akan marah, ketika akan tidur dan kondisi lainnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki,(2)

Lalu apa manfaatnya berwudhu dalam islam?

Menghapus Kejelekan dan Dosa

Kemenag Anjurkan Jaga Kebersihan Dengan Wudhu dan Ini Menurut Islam

Salah satu manfaat dari berwudhu adalah menghapuskan kejelekan dan dosa. Dalam islam, bahkan saat kita marah hendaknya mengambil air wudhu. Ini karena wudhu mampu menghapuskan kejelekan dan menenangkan. Itu sebabnya, rajin berwudhu dianjurkan dalam ajaran islam.

Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Tahukah sobat CahayaIslam, berwudhu bisa mendatangkan kebaikan di dunia maupun akhirat. Bahkan orang-orang yang menjaga wudhunya akan datang di hari kiamat dengan wajah yang berseri-seri serta bercahaya. Itu artinya, wudhu bukan hanya mendatangkan kebaikan saat ini namun juga di kehidupan selanjutnya. Masyaallah.

Menjaga Kesehatan

Berwudhu bukan hanya menjadikan suci atau bersih, namun juga salah satu cara menjaga kesehatan. Rajin berwudhu akan menjaga kesehatan mulut, hidung, telinga dan juga mata. Bahkan juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan kulit lho. Lalu siapa yang tidak suka berwudhu?

Kemenag anjurkan – menjaga kebersihan untuk menghindari virus corona ini dengan rajin shalat dan berwudhu. Apalagi dalam islam dikatakan bahwa berwudhu memiliki banyak manfaat bagi kita lho.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 222

(2) – Surat Al-Maidah Ayat 6

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!