Tips Melatih Khusyu’ dalam Mengerjakan Shalat

0
194
Tips Melatih Khusyu’ dalam Mengerjakan Shalat

Ceramah Agama – Sobat cahaya islami, setiap insan manusia yang ada di muka bumi dianjurkan untuk menyembah kepada Allah SWT. Dalam ceramah agama islam, cara untuk menyembah Allah SWT adalah dengan mengerjakan ibadah shalat. Ibadah shalat menjadi sarana komunikasi seorang muslim kepada Sang Pencipta. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa Tips Melatih Khusyu’ dalam Mengerjakan Shalat agar kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan sang pencipta!

Tips Melatih Khusyu’ dalam Mengerjakan Shalat

Ketika seorang muslim mendirikan shalat, maka segala macam bacaan yang ada dalam ibadah itu adalah doa. Secara langsung ia memohon kepada Allah SWT dalam ibadah shalat.  Oleh sebab diperlukan sikap tenang ketika menjalankan amalan yang dihukumi wajib tersebut.

Shalat memang menjadi ibadah yang harus dijalankan oleh umat islam. Jenis amal sholeh yang satu ini termasuk dalam jajaran ibadah wajib. Dalam ceramah agama, hukum wajib dalam ibadah shalat ini dapat diartikan bahwa suatu amalan dalam ajaran iklan yang harus dilakukan. Apabil seseorang yang beragama islam tidak mengerjakan shalat, maka ia akan mendapatkan dosa. Ketika seorang muslim mengerjakan ibadah shalat, ia akan memperoleh pahala.

Pentingnya khusyu’ dalam shalat

Sobat cahaya islami, menjalankan ibadah wajib seperti shalat telah menjadi suatu keharusan bagi setiap orang yang mengaku beragama islam. menurut ceramah agama, Jenis ibadah yang satu ini merupakan sebuah bukti ketaatan pada Allah SWT. Ketika seorang muslim mendirikan ibadah shalat, secara tidak langsung ia telah membuktikan rasa cinta kepada Allah SWT. Alhasil hamba yang mengerjakan ibadah shalat akan disayang oleh Nya.

Ketika mengerjakan ibadah shalat pasti ingin meraih ketenangan bukan? Ketenangan dalam ibadah shalat dapat diraih asalkan ada sikap khusyu’ dalam diri. Menurut ceramah agama islam, khusyu memiliki definisi sebagai tunduk dan menyerahkan diri.

Dalam mengerjakan ibadah shalat, muslim yang memiliki sikap khusyu’ akan merasa nyaman. Maksud nyaman di sini yakni ia seakan melakukan komunikasi langsung kepada ALLAH SWT  dalam ibadah shalatnya. Oleh sebab itulah, seorang muslim yang memiliki sikap ini dapat merasakan nikmatnya beribadah kepada ALLAH SWT.

mendirikan shalat secara khusyu’ tentu memberikan kesenangan tersendiri bagi pelakunya. seorang muslim yang mampu meraih khusyu’ dalam shalat menutut ceramah agama dapat merasakan nikmatnya berbicara langsung kepada Sang Pencipta. Dalam Al Qur’an Surat Mu’minun ayat 1-2 Allah SWT berfirman :

الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ . قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ

“Sesungguhnya menanglah orang-orang yang beriman. Orang-orang yang khusyu` di dalam melakukan sembahyang.” [1]

Ayat di atas menjelaskan orang yang beruntung adalah ia yang mampu meraih khusyu’ dalam shalatnya. Dikatakan beruntung karena orang beriman yang dapat meraih khusyu’ dapat menikmat nuansa tenang dan damai dalam shalatnya. Dengan adanya rasa tenang dan damai, maka konsentrasi dalam bacaan shalat menjadi lebih baik.

Cara Mudah Melatih Khusyu’ Dalam Shalat

Khusyu’ memang menjadi kepingan pentingan untuk melengkapi ibadah shalat. Apabila kepingan bernama khusyu’ ini hilang, maka ibadah shalat menjadi kurang sempurna. Menurut ceramah agama. Seorang muslim yang dalam shalat tidak ada rasa khusyu’ membuat ibadah tersebut tersebut terasa biasa saja. Tiada kenikmat seperti yang dirasakan jika shalat dilaksanakan dengan khusyu’.

Agar menjalankan ibadah shalat dapat meraih khusyu’, maka perlu dilatih.  Melatih diri aagar khusyu’ dalam menjalankan shalat perlu ketekunan. Berikut ini terdapat beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk melatih diri agar fokus dalam mengerjakan shalat.

Memfokuskan pikiran pada bacaan shalat

Tindakan yang bisa sobat cahaya islami lakukan agar shalat menjadi khusyu’ yakni memfokuskan pikiran. Fokuskan pikiran pada bacaan shalat yang sedang dilakukan. Dengan cara ini, maka dapat menghayati bacaan shalat sehingga meraih khusyu’.

Merasakan diri sedang dihadapan Allah SWT

Cara jitu berikuitnya agar dapat meraih khusyu’ dalam shalat yakni merasa diri dihadapan Allah SWT. Seorang muslim yang ketika shalat menghadirkan perasaan bahwa Allah ada di depannya, maka ia akan lebih fokus dan tenang

Membuang jauh – jauh segala fikiran yang menghilangkan kekhusyu’an

Menurut ceramah agama isalam, membuang jauh – jauh segala fikiran ketika shalat mampu meningkat tingkat kefokusan. Alhasil seorang muslim dapat meraih khusyu’ dalam ibadah shalat yang didirikan.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al-Mu’minun (23) ayat 1-2

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY