Doa dan Usaha adalah Koentji!

0
17
doa dan usaha

Tips islami – Ada orang bijak pernah berkata bahwa doa tanpa usaha itu bohong, dan usaha tanpa doa itu adalah sombong. Nah, melihat kata kata bijak itulah yang kemudian membawa tim cahayaislam untuk menulis artikel ini. Karena memang doa dan usaha adalah satu paket lengkap rumus terciptanya mimpi kedalam realitas.

Doa dan Usaha adalah Koentji!

Sebagai orang islam yang mengimani adanya Tuhan kita yang satu, yaitu Allah SWT. Kita tahu betul bahwa Dia adalah tempat kita memohon. Namun kita harus menyadari pula bahwa Allah tidak akan tiba – tiba 5 menit kemudian menjadikan permintaan kita menjadi nyata. Kalo kita minta uang 5 milyar kepada Allah, tidak ada ceritanya tiba tiba ada uang senilai itu jatuh di depan tempat kita berdo’a.

Do’a adalah peta dan Usaha adalah Jembatan Penghubungnya

Ada banyak jembatan yang bisa kita seberangi untuk menjadikan impian kita menjadi kenyataan. Hanya saja kita tidak sepenuhnya tahu jembatan mana yang seharusnya kita seberangi? – Dengan adanya doa, Allah akan memberikan kita peta terbaik tentang jembatan mana yang harus kita tempuh.

Ketika kita bersungguh sungguh berdoa kepada Allah dengan keyakinan yang meluap luap kepadaNya. Allah akan menuntun kita dengan ilham. Jalan kita menjadi terang karena Allah lah yang telah memberikan kita peta yang mengarah kepada tujuan kita secara benar. Bahkan mungkin tujuan yang lebih baik dari yang kita inginkan. Dia maha tahu atas segala sesuatu.

Berdo’a dan mendapatkan kebaikan atau Bersikap Sombong untuk Masuk Neraka

Kita bisa menengadahkan tangan dan meminta apapun kepada Allah. Hal itu sangat dianjurkan. Dan bahkan di dunia islam, orang yang tidak mau meminta kepada Allah dianggap sebagai orang yang sombong. Karena dia merasa tidak butuh kepada Allah.

Bahkan dalam FirmanNya dalam surat Al Mu’min ayat 60, Allah SWT memerintahkan hambaNya untuk berdoa meminta segala pertolongan dan permintaan, dan akan memasukkan neraka orang orang sombong yang tidak mau berdoa kepadaNya:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. [1]

Kita adalah hamba Allah yang lemah. Apa jadinya kalo kita yang lemah ini malah bersombong diri merasa angkuh tak menginginkan Allah sebagai tempat bersandar? – Niscaya sungguh rugi orang orang yang tidak menjadikan Allah sebagai tempat bersandar dan berkeluh kesah, meminta pertolongan.

***

Nah, itu sih sedikit nasihat agama singkat yang bisa kita share kepada sobat cahayaislam semuanya. Semoga kita senantiasa menjadi pribadi – pribadi yang selalu mengingat Allah dan bersedia berdoa dan berusaha sekuat tenaga hari demi hari untuk kehidupan dan impian kita. – Semoga bermanfaat ya


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al-Mu’min (40) ayat 60

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!