Kewajiban Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

0
144
Kewajiban Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Ceramah Agama Ceramah agama islam memberikan penerangan bagi kaum muslimin tentang bagaimana cara bertindak sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW. Dengan merunjuk tindakan sesuai Rasulullah SAW, maka seorang muslim akan selamat di dunia dan akhirat. Salah asatu ajaran yang ada dalam agama islam adalah tentang berbakti kepada kedua orang tua. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kewajiban seorang muslim untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Kewajiban Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Anjuran Untuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Orang tua merupakan manusia yang paling berjasa dalam kehidupan. Hal ini dapat terjadi karena kehadiran orang tualah yang menjadi seorang manusia bisa lahir di dunia. Ketika masih kecil kedua orang tua dengan susah payah merawat kita. Ketika sakit, mereka sebisa mungkin mengobati anaknya agar sehat kembali. Hal ini mereka lakukan tanpa mengharap imbalan apapun dari seorang anak. Maka dari itulah, dalam ceramah agama kedua orang tua menempati posisi yang penting dalam ajaran islam.

Syariat agama islam selalu mengajarkan pada umatnya untuk berbakti kepada kedua orang tua. Dalam ceramah agama yang disampaikan para dai dan ulama, berbakti kepada kedua orang tua merupakan perkara yang harus dilakukan. Semua itu dapat terhadi karena seumur hidup seorang anak tidak bisa membalas semua jasa yang diberikan oleh kedua orang tua.

Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua telah disampaikan dalam berbagai ceramah agama islam. Seorang anak harus bersikap baik kepada kedua orang tua bagimanpun kondisi. Walaupun sang anak telah menjadi orang sukses dan memiliki pangkat tinggi, seorang anak tetap wajib menghormati kedua orang tua. Dalam Al Qur’an surat Al Isra ayat 23 Allah SWT berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” [1]

Dalam ayat di atas telah dijelaskan bahwa Allah SWT memerintah kaum muslimin untuk menghormati kedua orang tua. Kaum muslimin diharuskan memperlakukan mereka dengan sebaik mungkin. Bahkan dalam ayat ini dilarang untuk mengucapkan ‘ah walaupun mereka telah berusia lanjut. Hal ini menandakan bahwa begitu besarnya jasa kedua orang tua terhadap diri kita.

Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Sesuai Ajaran Agama Islam

Sobat cahaya islami, berbakti kepada kedua orang menjadi kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi. Sebagai anak sudah diharuskan untuk memperlakukan kedua orang tua sebaik mungkin. Dalam ceramah agama islam telah dijelaskan secara panjang lebar bahwa seorang anak harus mendapatkan ridho kedua orang tua. Dengan mendapatkan ridho orang tua, maka allah swt akan menyayangi hamba tersebut.

Melakukan bakti kepada orang tua yang telah melahirkan kita ke alam dunia merupakan tindakan terpuji. Cara untuk melakukan hal tersebut sebenarnya tidaklah sulit. Seorang anak hanya perlu menyayangi kedua orang tua. Perlakukan mereka dengan pelayanan terbaik yang bisa dilakukan dengan melakukan hal itu, maka Allah SWT akan meridhoi segala macam tindakan yang dilakukan.

Selain menyayangi kedua orang tua, menurut ceramah agama cara berbakti pada ibu dan ayah yakni dengan selalu mendoakannya. Usahakan dalam setiap waktu untuk mendoakan kedua orang tua. Panjatkan doa kepada allah swt agar kedua orang tua selalu dalam lindungannya.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al Isra’ (17) ayat 23

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!