Suka Pamer di Sosial Media, Ini Hukumnya Dalam Islam

0
484
Suka Pamer di Sosial Media 2

Suka pamer – Media sosial merupakan salah satu media yang cukup berkembang di era modern saat ini. Itu sebabnya, banyak orang berbagi mengenai kehidupannya melalui sosial media ini. Mulai dari kegiatan sehari-hari, pekerjaannya, keluarganya dan bahkan hal-hal lainnya. Sehingga inilah yang menyebabkan kita dapat mengenal orang lain dengan mudah.

Meskipun adanya media sosial ini mempermudah kita. Baik itu yang berkaitan dengan kepentingan seperti pekerjaan atau hanya untuk kesenangan. Namun, bersosial media juga dapat menyebabkan dampak buruk lho. Diantaranya adalah menjadi ajang untuk pamer. Sehingga banyak kita temui postingan pada sosial media yang bertujuan untuk pamer kekayaan, pamer pencapaian dan hal lainnya.

Suka Pamer di Sosial Media, Ini Hukum dan Bahayanya Menurut Islam

Suka Pamer di Sosial Media 3

Suka pamer bukanlah sifat yang terpuji. Jika kita melihat dalam perspektif islam, pamer adalah sifat yang termasuk dalam kategori sombong. Seseorang yang suka pamer kekayaan, pencapaian atau hal lainnya mengenai hidupnya akan dekat dengan penyakit hati riya’. Sementara riya’ hukumnya adalah dilarang dalam islam karena dapat menyebabkan kemudharatan.

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Ayat ini menjelaskan bagaimana golongan orang yang suka riya’ itu termasuk dalam golongan orang munafik. Seperti halnya orang yang suka pamer kekayaan, atau pamer kebaikan yang mana dengan tujuan untuk riya’ di hadapan manusia. Tentu saja ini sungguh tidak sesuai dengan ajaran dalam islam dan sungguh Allah benci.

Lalu suka pamer di sosial media, apa bahayanya menurut islam?

Menggugurkan Kebaikan

Salah satu bahaya dari suka pamer melalui sosial media diantaranya adalah menggugurkan kebaikan. Sosial media adalah media untuk siapapun memberikan kesan dirinya seperti yang dia mau. Sehingga tidak jarang orang hanya berusaha menampilkan hal-hal yang ingin dipamerkan. Seperti pamer sedekah dengan niat pamer kekayaan, sehingga karena itu gugurlah amal kebaikannya akibat riya’.

Menyebabkan Hasad dan Penyakit ‘Ain

Tahukah sobat CahayaIslam, pamer di sosial media juga dapat menimbulkan hasad yang berasal dari orang lain. Hasad ini kemudian dapat menyebabkan penyakit ain. Itu sebabnya, sebagai seorang muslim agar terhindar dari penyakit ain maka sebaiknya tidak berbuat yang bisa menimbulkan hasad orang lain.

Mendorong Niat Jahat Orang Lain

Suka pamer di sosial media terlebih mengenai kekayaan atau harta, ini juga dapat mendorong niat jahat dari orang lain. Apalagi sosial media adalah platform yang sangat mudah untuk diakses oleh siapapun dari kalangan manapun. Sehingga sebagai pengguna sosial media, kita juga harus bijak mengenai hal-hal yang boleh kita bagi dan tidak.

Suka pamer – Pamer bukanlah tindakan yang terpuji bahkan sangat dekat dengan penyakit hati yaitu riya’. Dalam hukum islam, tentu saja ini dilarang dan juga tidak disukai oleh Allah SWT. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, jangan sampai kita termasuk dalam golongan orang yang suka pamer ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa’ Ayat 142

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY