Manfaat Sholat Tahajud: Ternyata Ibadah ini Memberikan Banyak Keuntungan

0
183
Manfaat Sholat Tahajud Ternyata Ibadah ini Memberikan Banyak Keuntungan

Manfaat Sholat Tahajud – Shalat tahajud merupakan sholat sunah yang dilakukan diantara waktu pukul 9 malam sampai pukul 3 dinihari. Sholat tahajud dilakukan ketika seseorang bangun dari tidur malamnya. Waktu yang paling utama untuk melakukan sholat tahajud yaitu di akhir sepertiga malam. Berikut hadits tentang sholat tahajud.

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18)

sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia ini, sedikit sekali waktu mereka untuk tidur. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (qs. Adz dzariyat: 15-18).

Sobat cahaya Islam, sudahkah kalian rutin melaksanakan shalat tahajud? Manfaat sholat tahajud banyak sekali buat kita. Berikut adalah manfaat dan keuntungan yang akan kalian peroleh dari melaksanakan sholat tahajud.

Manfaat Sholat Tahajud yang Utama: Doa yang Lebih Mudah Terkabul

Shalat tahajud dikerjakan sesudah kita tidur, artinya kita bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat ini. Memang sangat sulit rasanya untuk bangun apalagi ketika rasa kantuk membuat kita malas bangun. Tetapi jika kita bangun untuk melaksanakan sholat tahajud maka doa-doa yang kita lantunkan pasti segera terkabul. Manfaat sholat tahajud memang benar-benar akan terasa ketika kita sudah melakukannya. Doa yang kita panjatkan cepat atau lambat akan dikabulkan oleh Allah.

Manfaat Sholat Tahajud: Lebih dekat kepada Allah & Mendapatkan Kemuliaan dan Derajat yang Tinggi

Siapapun pasti ingin selalu dekat dengan Allah. Manfaat sholat tahajud yaitu bisa mendekatkan diri kita kepada sang pencipta kita, Allah SWT. Sholat malam atau tahajud merupakan kebiasaan orang-orang sholeh. Selain mendekatkan diri kepada Allah, sholat tahajud juga bisa menghapus dosa dan menutup kesalahan yang sudah berlalu.

Sesuai dengan hadits rosulluloh bahwa barangsiapa yang melaksanakan sholat tahajud  dengan sebaik-baiknya maka orang tersebut mendapatkan berbagai macam kemuliaan; 5 macam di dunia dan 4 kemuliaan di akhirat. Jadi siapapun yang mengerjakan sholat tahajud akan memberikan kemuliaan dunia dan akhirat kepadanya.

Bersembahyang di sepertiga malam dalam hal ini sholat tahajud akan diangkat oleh Allah derajatnya ke tempat yang lebih tinggi dan terpuji. Ini sesuai dengan surat al isra ayat  79.

Wajah Bersih Berkilau Serta Mencegah penyakit dan menjaga tubuh selalu sehat

Manfaat sholat tahajud lainnya adalah mencegah penyakit menyerang tubuh kita. Selain mencegah penyakit juga membuat kekebalan tubuh meningkat. Kepatuhan kita menjalankan ritual agama seperti melaksanakan sholat tahajud misalnya, memang bisa meningkatkan system kekbalan tubuh manusia. Di saat yang sama karena kekebalan tubuh meningkat, tubuh menjadi tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Manfaat sholat tahajud selanjutnya yaitu membuat wajah terlihat berkilau dan bercahaya. Orang yang selalu sholat tahajud memiliki wajah yang bercahaya karena mereka menyendiri dengan Allah di waktu malam hari. Ternyata banyak sekali ya manfaat sholat tahajud ya sobat cahaya Islam. Meskipun terasa berat dan banyak godaannya, mulailah untuk rutin sholat tahajud. Sungguh sangat banyak manfaatnya di dalam sholat tahajud.

Yang Pasti Kita Menang Jihad Melawan Hawa Nafsu Diri Sendiri

Yang terakhir, Tahukah sobat cahaya Islam siapa musuh terbesar dalam diri manusia? Musuh terbesar dalam diri manusia adalah hawa nafsu. Hawa nafsu dalam diri kita harus kita perangi. Meskipun sussah tapi kita bisa mengalahkannya dengan rutin melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud mengajarkan kita untuk melawan hawa nafsu kita. Kita melawan rasa malas dan kantuk yang berat untuk bangun melaksanakan sholat tahajud. Meskipun godaannya berat, tapi kalau kita sungguh-sungguh berniat sholat tahajud maka kita bisa melawan hawa nafsu dalam diri kita. Yuk jadikan motivasi!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY