Jangan Jadi AFK dalam Kehidupan: Perspektif Islam dalam Pergaulan dan Kontribusi Sosial

0
133

AFK dalam kehidupan – Ada sobat cahaya islam disini yang suka main game online? baik mobile, PC atau platform lain. Kalau iya, berarti istilah AFK ini udah nggak asing dong ya di telinga! – Bagi yang belum tahu Istilah “AFK” adalah singkatan dari “Away From Keyboard” yang bermakna seseorang sedang tidak aktif atau tidak hadir di depan keyboard komputernya. Istilah ini umumnya digunakan dalam konteks permainan video dan obrolan daring (online chat). Jika seseorang menyatakan bahwa dia “AFK,” itu berarti dia tidak dapat merespon atau berpartisipasi dalam interaksi secara aktif karena sementara waktu.

Penggunaan Istilah AFK dalam Kehidupan dan Pergaulan Sosial

Meskipun istilah “AFK” biasanya digunakan dalam konteks online dan permainan, dalam kehidupan sosial, kita dapat menggambarkannya sebagai kurangnya kehadiran atau keterlibatan dalam interaksi sosial. Nah, gimana kalau dalam perspektif islam tentang ini? apakah afk itu baik? Yuk simak penjelasan lebih lanjutnya:

Rasulullah yang TIDAK Memberi contoh AFK dalam Kehidupan Sosial

Kalau kita sebagai muslim benar benar mempelajari dan mengamati sepak terjang Rasulullah. Maka kita akan tahu bahwa Rasulullah berinteraksi secara luar dengan banyak orang. Bahkan sebelum baginda Nabi diangkat menjadi utusan Allah. Beliau sudah melalang buana di berbagai tempat dan bertemu banyak orang dari banyak daerah. Kita bisa dengan mudah mengetahui itu dari mereka yang dekat dengannya: orang orang mulia yang disebut “Sahabat”.

Rasulullah Bergaul dengan Kasih sayang, Kesantunan dan Kebaikan Budi

Rasulullah SAW dikenal memiliki akhlak yang luar biasa. Beliau senantiasa bersikap ramah, sopan, dan penuh kasih sayang terhadap semua orang, tanpa memandang suku, status sosial, atau latar belakang. Disisi lain, Rasulullah SAW senantiasa menunjukkan kasih sayang dan kelembutan dalam interaksi sehari-hari. Beliau merespon dengan penuh kelembutan terhadap kebutuhan dan kesulitan orang-orang di sekitarnya.

Tips Agar Tidak Menjadi AFK dalam Kehidupan

Setelah mengenal lebih jauh tentang perspektif islam dan himbauan agar tidak menjadi AFK. Kita kasih juga deh beberapa tips agar tidak menjadi AFK dalam kehidupan kita, agar kita bisa terus aktif sebagai bagian dari masyarakat yang sehat. Simak tipsnya:

  1. Kurangi Distraksi Digital Berlebihan & Mulai Luangkan Waktu untuk Interaksi Sosial
  2. Aktif kegiatan Bersama / Komunitas yang Kamu Sukai & Jaga Open Communication dengan saling menghargai satu sama lain
  3. Terus belajar dan Aktif Komitmen berpartisipasi dalam kegiatan sosial

***

Pada akhirnya, manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang luar biasa hebat. Menjadi AFK atau tidak tentu akan bergantung pada diri kita sendiri. Ketika kita memiliki kemauan yang kuat untuk aktif dalam sosial dan kehidupan masyarakat. Maka Allah pasti akan menunjukkan jalan kesana. Semoga bermanfaat ya

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY