Istighfar Kalimat Ampuh Penghilang Dosa

0
54
istighfar

Ceramah Agama – Seseorang yang melakukan tindakan tidak sesuai dengan keinginan Allah SWT akan dibebani dosa dari perbuatannya tersebut. Apabila semasa hidup seseorang banyak melakukam dosa, maka di akhirat Allah SWT telah menyediakan berbagai macam siksaan untuk membalas pembangkangannya. Tentu saja siksaan pedih di alam akhirat tidak diingingkan oleh siapa saja. Untuk itulah, maka sebagai seseorang yang beragama islam harus segera menghapus noda dosa salah satu caranya yaitu dengan membaca kalimat istighfar.

Istighfar Kalimat Ampuh Penghilang Dosa

Sobat cahaya islami, setiap muslim di dunia pasti tidak bisa lepas dari yang namanya dosa.  Menurut ceramah agama islam, dosa merupakan berbagai macam tindakan manusia yang tidak disukai oleh Allah SWT. Berbagai macam tindakan penyebab munculnya dosa ini pasti melanggar aturan Allah SWT. Oleh sebab itulah, maka orang yang melakukan tindakan itu akan mendapatkan dosa.

Kesalahan memang menjadi suatu tindakan yang pernah dilakukan oleh manusia. Hampir tidak ada manusia di masa sekarang yang tidak pernah melakukan kesalahan sedikitpun dalam kehidupan. Dalam ceramah agama, setiap insan yang melakukan kesalahan pasti akan mendapatkan dosa. Dosa inilah yang membuat seorang manusia dimasukkan ke dalam neraka.

Sobat cahaya islami, akumulasi atau kumpulan dosa yang dilakukan seorang hamba tentu akan memberatkan timbangan amal buruk. Kondisi ini tentu saja dapat menyeretnya ke dalam api neraka. Tentu saja keadaan ini pasti tidak diinginkan oleh siapa saya. Oleh sebab itulah, dalam ceramah agama islam, seorang muslim dianjurkan untuk selalu mengucapkan kalimat istighfar. Kalimat yang baik tersebut mampu menghilangkan noda dosa.

Perintah Untuk Selalu Beristighfar

Bagi umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya istighfar bukan? Berdasarkan ajaran agama islam, istighfar merupakan permohonan atau permintaan ampun seorang manusia kepada Allah SWT. Permintaan ampun dilakukan lantaran menyadari banyaknya dosa yang ada dalam diri. Menurut ceramah agama islam, agar dosa seorang hamba dapat diampuni, maka dalam beristiqghfar harus bersungguh – sungguh.

Dalam agama islam, membaca istighfar menjadi suatu perintah yang harus dilakukan. tindakan mengucapkan kalimat permohonan ampun ini akan memberikan keselamatan bagi yang melakukannya. dalam Al Qur’an surat An Nisa ayat 110 Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [1]

Pada ayat di atas tertulis bahwa manusia sering berbuat kejahatan dan menganiaya diri mereka sendiri. Tentu saja perbuatan ini membuat seorang muslim mendapatkan dosa. Dalam ceramah agama, seorang hamba yang menyadari akan kesalahan dan memhonon ampunan pada allah swt. Maka permintaannya dikabulkan. Hal ini bisa terkadi karena allah swt maha pengampun dan maha penyayang.

Bacaan Istighfar Yang Sangat Bermanfaat Bagi Umat Islam

Sobat cahaya islami, perintah beristighfar menjadi tanda atau bukti bahwa Allah SWT sayang pada umat islam. Kalimat mulia yang begitu mudah diucapkan ini ternyata memiliki manfaat luar biasa. Dalam ceramah agama, kalimat yang baik ini dapat menhilangkan berbagai macam noda dosa pada diri seorang insan manusia. Untuk itulah sudah sepantasnya jika lidah kita terus mengucap kalimat istighfar kapan saja.

Selain mampu menghapus dosa, ternyata berdasarkan ceramah agama islam bacaan istighfar juga bisa membuat hati merasa tenang. Pada saat seorang muslim hatinya sedang kalut lantaran dilanda banyak masalah, maka membaca kalimat mulia ini akan mrmbuat hati lebih damai. Berbagai macam perasaan kalut, galau, was – was akan hilang dalam sekejap. Hilangnya berbagai macam perasaan negatif tersebut tentu saja memberikan dampak positif bagi kehidupan seorang hamba.


Catatan Kaki

[1] Q.S. An Nisa (4) ayat 110

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!