Ingin Menikah? Sudahkah Kaum Muslimin Memastikan Beberapa Hal Ini?

0
121
Ingin Menikah 1

Ingin menikah – Menikah adalah tujuan setiap orang dalam kehidupan. Bukan hanya sebagai salah satu penyempurna ibadah, namun juga untuk membangun keluarga yang bahagia. Siapa sih yang tidak memimpikan pernikahan yang bahagia?

Tentu saja semua orang berharap akan menikah dengan seseorang yang terbaik dan juga membangun keluarga yang harmonis sesuai dengan syariat islam. Namun untuk merencanakan pernikahan juga perlunya persiapan yang matang.

Ingin Menikah 1

Dalam perencanaannya, kita tidak hanya mempersiapkan finansial untuk biaya pernikahan saja. Namun ada beberapa hal penting yang harus sobat perhatikan. Pasalnya untuk memulai kehidupan yang sesungguhnya. Sehingga persiapan yang matang untuk kehidupan pernikahan juga salah satunya persiapan sebelum menempuh hidup baru.

Ini untuk membantu menghindari perceraian dan menjalankan peran dalam pernikahan dengan benar. Seperti halnya islam yang mengatur tentang bagaimana pernikahan yang sesuai dengan ajaran dalam islam.

Ingin Menikah? Sudahkah Kaum Muslimin Memastikan Beberapa Hal Ini!

Ingin Menikah 2

Pernikahan yang bahagia juga merupakan impian dari setiap orang. Apalagi islam sendiri juga memerintahkan kaum muslimin yang sudah mampu untuk segera melaksanakan pernikahan.

Namun tentu saja untuk melaksanakannya perlu rencana dan persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang harus sobata rencanakan dengan baik sebelum memutuskan untuk maju ke jenjang yang serius. Ini untuk menghindari permasalahan di masa mendatang yang bisa menyebabkan perceraian.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Dalam ayat ini menunjukkan bagaimana Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan. Itulah kenapa Allah memerintahkan setiap muslim untuk menikah. Hanya saja, untuk melakukannya juga perlu persiapan yang matang ya sobat CahayaIslam. Lalu apakah kaum muslimin sudah memastikan beberapa hal ini sebelum menikah?

Akhlak dan Agama Calon Pasangan

Saat akan menikah, kaum muslimin juga harus memastikan bagaimana calon yang akan dinikahi. Akhlak dan agama dari calon pasangan perlu dipastikan. Dalam hubungan pernikahan, kita bukan hanya akan membangun kebahagiaan duniawi saja. Namun juga bagaimana mencapai surga Allah bersama keluarga.

Coba bayangkan jika kita menikah dengan orang yang akhlaknya tidak baik dan tidak memiliki bekal ilmu agama. Bagaimanapun ini sangat penting untuk bekal membangun pernikahan islam yang harmonis.

Tujuan dan Niat Menikah

Sebelum menikah, pastikan kembali niat dan tujuan yang akan sobat bangun. Apakah untuk mencapai ridho Allah SWT atau alasan lainnya. Tujuan dan niat harus di perbaiki dengan niatan yang lurus ya sobat CahayaIslam. Sehingga pernikahan bisa di bangun dengan nilai-nilai ajaran islam. Dengan begitu, kita bisa membentuk hubungan pernikahan yang di bangun atas niat ibadah dan sebagai langkah untuk memperbanyak ibadah.

Pernikahan adalah impian setiap orang. Namun hakekat menikah bukan hanya untuk membangun keluarga saja, namun mengamalkan ajaran islam. Itu sebabnya, jangan lupa untuk memastikan beberapa hal penting ini ya sebelum melaksanakannya. Agar hubungan pernikahan bisa mencapai ridhoNya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY