Simak 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi menurut Islam

0
30

Sholawat Nabi – Tahukah Sobat Cahaya Islam membaca Sholawat Nabi dapat membawa keutamaan bagi pembacanya? Biasanya Sholawat Nabi dilantunkan bersamaan dengan membaca maulid dziba’, atau setiap malam jumat, atau pada peringatan Maulid Nabi.

Membaca Sholawat Nabi membawa banyak sekali keutamaan dan manfaat untuk pembacanya. Bahkan, kita akan menemukan banyak hadist maupun ayat Quran tentang anjuran dan keutamaan membaca Sholawat Nabi baik untuk dunia maupun akhirat.

Anjuran untuk memperbanyak bersholawat atau membaca sholawat Nabi banyak dijelaskan dalam Al-Quran maupun hadist. Bahkan, menurut penuturan sebuah hadist dengan sekali membaca sholawat atas Nabi, Allah akan bersholawat kepada kita sebanyak sepuluh kali. Membaca sholawat Nabi juga sebagai bentuk penghormatan kita kepada Nabi SAW.

Ada banyak keutamaan yang dapat kita ambil dari seringnya kita membaca sholawat Nabi. Terlebih pada saat hari Jumat. Kita dianjurkan memperbanyak mengerjakan amal ibadah seperti membaca Al-Quran, bersedekah, membaca sholawat Nabi, dan amal ibadah lain. Bagi umat Islam, hari jumat sama halnya dengan hari raya.

Lalu, sebenarnya apa saja keutamaan membaca sholawat Nabi menurut Islam? Bisakah kita mendapatkannya? Untuk mengetahui apa saja keutamaan membaca sholawat atas Nabi, simak penjelasan hal tersebut pada paragraf selajutnya.

Anjuran dan 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa banyak hadist maupun ayat di dalam Al-Quran yang membahas tentang anjuran, keistimewaan, dan keutamaan membaca sholawat Nabi. Sebagaimana ayat Al-Quran berikut:

“Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Surat Al-Ahzab ayat 56).

secara spesifik akan kita bahas 5 keutamaan membaca sholawat Nabi sebagai berikut:

1.     Dikabulkan Doanya

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi dijelaskan bahwa ketika seseorang memiliki sebuah hajat (Keinginan) utamakan untuk mengagugkan Allah, kemudian bacalah sholawat atas Nabi, dan panjatkan doa.

2.     Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa seseorang yang bersholawat atas Nabi sebanyak satu kali maka Allah akan membacakan sholawat atas orang tersebut sebanyak sepuluh kali.

3.     Diangkat Derajatnya

Selain Allah akan bersholawat kepada kita karena telah bersholawat kepada Nabi, seseorang yang membaca sholawat kepada Nabi akan ditulis oleh Allah sepuluh kebaikan dan dihapuskan sepuluh keburukannya. Allah juga akan meninggikan sepuluh derajat bagi orang tersebut.

4.     Di Akhirat dapat Berkumpul Bersama Nabi

Apa yang paling nikmat selain dapat melihat wujud Dzat yang Maha Pencipta dan melihat wujud kekasih-Nya. Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, orang yang sering membaca sholawat atas Nabi adalah orang yang paling layak berkumpul bersama Nabi.

sholawat nabi

5.     Mendapatkan Syafaat dari Nabi

Selain dikumpulkan di akhirat bersama Nabi, orang-orang yang gemar membaca sholawat dan bersholawat atas Nabi akan mendapatkan syafaat kelak di hari akhir. Rasulullah SAW bersabda bahwa setelah menjawab adzan dianjurkan berwasilah yang ditujukan kepada Nabi. Siapa yang meminta wasilah kepada Nabi insyaAllah akan mendapat syafaat beliau.

Sobat Cahaya Islam, itu tadi 5 keutamaan membaca sholawat Nabi bagi umat Islam. Sebagai umat Nabi yang ingin dikumpulkan bersama beliau kelak di akhirat ayo kita sama-sama memperbanyak diri membaca sholawat dan bersholawat atas Nabi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY