Hari Kesehatan Mental Sedunia: Ini 3 Cara Terbaik dari Islam untuk Jaga Kesehatan Mental

0
28

Hari Kesehatan Mental Sedunia – Diperingati setiap tanggal 10 Oktober 2020. Hari Kesehatan Mental Sedunia ini diperingati sebagai bentuk agar kita sebagai manusia mau menjaga kesehatan mental kita dari rasa depresi, trauma, serta menjaga diri dari rasa sedih yang berlebihan.

Pada saat ini, pandemi covid 19 telah melumpuhkan perekonomian masyarakat. Angka kemiskinan menjadi meningkat disebabkan banyaknya PHK dan orang yang pengangguran.

Kondisi ini membuat masyarakat menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga membuat kecenderungan seseorang mengalami penyakit mental semakin tinggi.

Salah satu dari penyakit mental tersebut adalahpengendalian emosi yang rendah disertai dengan melakukan kekerasan pada diri sendiri.

Sobat Cahaya Islam, Islam mengajarkan kita untuk menjaga kesehatan mental kita, terutama dari segi emosional. Mengapa? Karena apabila emosi kita tidak sehat maka mental kita juga tidak sehat. Oleh karena itu, kita diharuskan untuk menjaga kesehatan mental kita.

Akan tetapi, pada saat ini semakin banyak orang yang tidak sehat mentalnya. Hal tersebut dikarenakan adanya permasalahan yang bersifat pribadi, seperti perceraian kedua orang tua dan faktor lingkungan. lalu, apa yang harus dilakukan agar mental kita tetap sehat menurut Islam?

3 Cara Menjaga Kesehatan Mental dalam Islam untuk Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Kesehatan mental adalah salah satu hal yang penting untuk dijaga. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan apabila seseorang tidak memiliki mental yang sehat maka biasanya dia tidak akan mampu untuk mengendalikan emosinya. Oleh karena itu,untuk mengingatkan orang agar menjaga kesehatan mentalnya maka dibuatlah hari kesehatan mental dunia.

Dalam Islam, seseorang yang emosinya berlebihan maka orang tersebut dapat dikatakan mempunyai jiwa yang tidak sehat. Apabila seseorang sedang mengalami emosi atau rasa marah, maka salah satu syarafnya pasti ada yang putus.

Salah satunya adalah mengalami penyakit seperti stroke contohnya.Ketika seseorang sudah mengalami penyakit stroke, maka tubuhnya akan menjadi lumpuh dan sulit untuk berbicara.sehingga dia membutuhkan seseorang untuk membantunya melakukan aktivitas sehari-hari.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat menjaga kesehatan mental menurut Islam? Caranya nya yaitu diantaranya:

1. Tidak Melampiaskan Emosi Secara Berlebihan

Kita dilarang untuk marah secara berlebihan. Ketika seseorang sedang marah, dia tidak boleh mendiamkan seseorang yang dia marahi tersebut lebih dari 3 hari. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan marah dapat memunculkan berbagai penyakit yang membahayakan, salah satunya adalah penyakit mental dan stroke.

Selain itu, larangan untuk marah secara berlebihan ini juga ditegaskan oleh Nabi Muhammad bawa seseorang yang marah dapat menghalanginya untuk mendapatkan surga dari Allah. Sebagaimana hadits yang berbunyi:

«لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ»

Artinya: Janganlah engkau marah, niscaya bagimu surga”.(Hadits Shahih, Riwayat Ibnu Abid Dunya, Lihat Shahiihul jaami’ no. 7374).

2. Rajin Membaca Al-Qur’an

Membaca Alquran dapat menekan energi negatif yang dapat memicu kita untuk marah, depresi, dan rasa takut pada suatu trauma. Sehingga apabila seseorang sering membaca Al-Qur’an, maka biasanya orang tersebut akan jarang marah.

3. Rekreasi

Melakukan perjalanan jauh atau berekreasi ke suatu tempat yang indah dan damai setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut diperlukan agar tubuh bisa beristirahat sejenak dari aktivitas yang melelahkan.

Melakukan perjalanan jauh ini sudah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad. Ketika itu, pada saat waktunya longgar orang-orang di zaman itu sering melakukan perjalanan jauh ke suatu kota atau pergi untuk memancing untuk melepas segala lelah yang didapatkan ketika bekerja.

Itulah 3 cara menjaga kesehatan mental dalam Islam untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Kita seharusnya tetap menjaga kesehatan mental kita meskipun pada saat itu bukan hari kesehatan mental dunia. Semoga mental kita selalu sehat tanpa ada gangguan kejiwaan apapun. Amiiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!