Manfaat Jahe Ternyata Tertulis di Al Quran, Ketahui Obat Herbal ala Rasulullah Lainnya

0
17

Manfaat Jahe – Jahe dikenal sebagai tanaman segudang manfaat. Tidak hanya sebagai rempah di dapur saja, manfaat jahe juga bisa digunakan sebagai minuman dan obat-obatan. Tanaman dengan tinggi 40-50 cm ini tumbuh hampir di seluruh belahan bumi. Sehingga namanya pun berbeda-beda di setiap daerah.

Tumbuhan jahe mengandung satu hingga 4 persen minya atsiri dan oleoresin. Kandungan ini bisa membunuh bakteri, melawan jamur, meningkatkan kekebalan tubuh hhingga melindungi saluran pencernaan. Sobat Cahaya Islam, ternyata tanaman jahe juga tertulis dalam kitab suci Al Quran. Jahe disebutkan Allah sebagai minuman ahli surga.

Manfaat Jahe dalam Al Quran

Rasulullah SAW pernah menggunakan jahe sebagai pengobatan. Sedangkan Allah SWT menyebut jahe adalah minuman surga.

وَيُسْقَوْنَ فِيهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنجَبِيلًا

“Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.“ (QS: Al Insan (76 ) : 17)

Ulama mengatakan bahwa minuman surga yang dimaksud ialah minuman yang dicampur zanjabil yang artinya jahe.

Obat-obat Herbal ala Rasulullah SAW

  1. Kurma

Bagi umat muslim belum afdol kalau buka puasa tidak makan kurma. Camilan kesukaan Rasulullah ini ternyata kaya akan manfaat. Bahkan Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk memakannya saat berbuka puasa. Manfaat buah kurma diantaranya untuk mencegah darah tinggi, mengobati infeksi hingga mencegah penyakit stroke.

  1. Madu

Sama halnya seperti kurma, madu juga menjadi obat herbal yang sering digunakan Rasulullah. Bahkan madu difirmankan Allah dalam Al Quran. Madu bermanfaat bagi kesehatan dan mengobati penyakit ringan hingga berat. Sehingga Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

 

  1. Jintan hitam

Jintan hitam atau habbatassauda banyak ditemukan di Negara India. Bijinya berbentuk segitiga dan berwarna hitam. Jintan hitam mengandung banyak minyak dan memiliki bau yang sangat menyengat. Namun Rasulullah SAW menyebutnya sebagai obat yang manjur dan berfungsi untuk penyembuhan.

  1. Minyak Zaitun

Berikutnya yaitu minyak zaitun yang juga dianjurkan Rasulullah. Dalam Al Quran dijelaskan bahwa zaitun merupakan pohon yang pertama kali tumbuh di bumi. Zaitun kembali tumbuh setelah peristiwa banjir Nabi Nuh. Tanaman ini tumbuh di tempat-tempat suci dan rumah para nabi. Dalam Al Quran juga dikatakan bahwa zaitun adalah pohon yang diberkahi. Karena didoakan oleh 70 orang nabi.

  1. Anggur

Buah anggur menurut Tahlbah sudah tumbuh dan dikenal sejak zaman Nabi Nuh AS. Buah lezat ini tercantum dalam Al Quran sebanyak 14 kali.

Manfaatnya pun begitu banyak, seperti untuk kesehatan jantung, mengobati gangguan pencernaan, peluruh kotoran hingga mencegah kanker. Anggur bisa dikonsumsi dalam keadaan mengkal maupun matang.

  1. Lidah Buaya

Keistimewaan lidah buaya terncantum dalam kitab suci Al Quran. Rasulullah SAW pernah menyuruh sahabatnya yang sedang sakit mata dengan mengoleskannya lidah buaya. Dalam penelitian modern, lidah buaya terbukti bisa menyembuhkan radang dan mengurangi rasa sakit. Karena tanaman ini mengandung banyak zat antiradang.

Tanaman yang diciptakan Allah SWT tidaklah sia-sia. Sebagaimana dalam surat Al-Anbiya:

“Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada diantara keduanya dengan main-main.” Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya” (QS Al Anbiya-16)

Sobat Cahaya Islam, selain manfaat jahe ternyata masih banyak obat herbal lainnya yang lebih bermanfaat. Dan apa yang dikonsumsi para nabi sudah tentu bermanfaat baik bagi manusia. Semoga Allah SWT menjaga kesehatan kita semua, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!