Hari Kesehatan Dunia dan Ajarannya dalam Agama Islam

0
107
Hari Kesehatan Dunia 1

Hari Kesehatan Dunia – Hari Kesehatan Dunia diperingati setiap tanggal 7 April. Peringatan ini menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan. Terlebih lagi masa pandemi Corona ini, kesehatan menjadi faktor yang wajib di utamakan.

Sejak di tetapkan pada tahun 1950, peringatan ini menjadi sorotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Mulai dari kesehatan mental, ibu dan anak. Hingga kesehatan terkait perubahan iklim yang berubah-ubah setiap tahunnya.

Pada tahun 2021 ini, peringatan kali ini mengambil tema “Building a fairer, healthier world for everyone” yang berarti membangun dunia yang lebih adil dan sehat untuk siapapun.

Tema tersebut menyoroti prinsip bahwa setiap orang berhak untuk sehat. Tanpa memandang ras, suku atau pun agama.

Sobat Cahaya Islam, agama islam sendiri mengajarkan umatnya untuk menjaga kebersihan. Maka dalam sabda Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika kebersihan terjaga maka kesehatan pun akan di peroleh.

Hari Kesehatan Dunia, Ini Cara Islam Menjaga Kesehatannya

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting bagi umat islam. Bahkan sebelum memulai sesuatu, umat islam wajib memperhatikan kebersihannya. Salah satunya sebelum salat.

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ آمِنًا فِي سِرْبِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Dari Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia di kumpulkan untuknya.” [HR Ibnu Majah, no. 4141; dan lain-lain; dihasankan oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih Al Jami’ush Shaghir, no. 5918]

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi Muhammad SAW bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

إِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَا بَكَ قَبْلَ هَرَ مِكَ ، وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ ، وَ غِنَا كَ قَبْلَ فَقْرِ كَ ، وَ فَرَا غَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ ،وَ حَيَا تَكَ قَبْلَ مَوْ تِكَ

Ambillah kesempatan lima (keadaan) sebelum lima (keadaan). (Yaitu) mudamu sebelum pikunmu, kesehatanmu sebelum sakitmu, cukupmu sebelum fakirmu, luang waktumu sebelum sibukmu, kehidupanmu sebelum matimu” [HR Al Hakim di dalam Al Mustadrak; dishahihkan oleh Syaikh Al Albani di dalam Shahih At Targhib wat Targhib 3/311, no. 3355, Penerbit Maktabul Ma’arif, Cet. I, Th. 1421 H / 2000 M].

Cara Menjaga Kesehatan Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW selalu menjaga kesehatannya dengan beberapa cara. Cara ini ini tentunya menjadi pedoman bagi umat manusia, tanpa melihat budaya, ras dan agama. Berikut rinciannya.

1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Maksud poin ini adalah tidak makan berlebihan. Sebab makan berlebihan di khawatirkan akan menyisakan makanan atau bahkan mual dan muntah. Sehingga Nabi Muhammad SAW selalu makan secukupnya dan berhenti sebelum kenyang.

2. Tidak Makan Makanan Haram

Mangonsumsi makanan haram adalah sebuah dosa besar bagi umat islam. Makanan haram tidak serta merta dilarang saja, namun memang menyebabkan kesehatan menjadi terganggu. Contohnya mengonsumsi daging babi yang mengandung cacing pita, yang mana cacing pita tersebut di khawatirkan akan berdampak buruk bagi tubuh.

3. Berpuasa

Melaksanakan puasa tidak perlu di ragukan lagi khasiatnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa puasa bisa mendetoks tubuh untuk mengeluarkan racun, timbunan lembak atau pun zat-zat berbahaya dalam tubuh.

4.Tidur Miring ke Kanan

Seringkali orang tidur dalam keadaan tengkurap. Hal itu sangat tidak boleh sebab merupakan kebiasaan setan. Tidak hanya itu, dalam kesehatan tidur tengkurap akan mengganggu pernafasan.

Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk tidur ke kanan. Karena posisi tersebut bisa memperlancar kerja jantung dan hati.

5. Menjaga Kesehatan Lingkungan

Menjaga kesehatan lingkungan merupakan perilaku yang wajib di miliki seorang muslim. Sebab menjaga kebersihan merupakan ceriminan iman kita.

Demikianlah cara menjaga kesehatan sebagaimana tuntunan Nabi Muhammad SAW. Semoga di Hari Kesehatan Dunia ini masyarakat indonesia lebih sadar dengan pentingnya kebersihan dan kesehatan tubuh.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY