Dunia Islam: Berpuasa dan 70 Musim dari Api Neraka

0
49
dunia islam berpuasa yang merupakan satu ibadah orang islam akan menjauhkan hamba Allah dari api neraka selama 70 musim
dunia islam berpuasa yang merupakan satu ibadah orang islam akan menjauhkan hamba Allah dari api neraka selama 70 musim

Dunia islam – Setuju nggak sih sobat cahayaislam bahwa tidak semua orang bisa dan suka menahan lapar dan dahaga. Namun sebagai orang islam kita sudah familiar dalam hal tersebut. Gimana enggak? Berpuasa sudah menjadi satu dari 5 rukun islam yang harus kita lakukan guna menegakkan agama kita.

Dalam islam kita tahu banyak jenis puasa:

  1. Yang wajib – Puasa Bulan Ramadhan yang selalu dinantikan setiap tahun
  2. Puasa Syawal 6 hari setelah Ramadhan
  3. Puasa Dzulhijjah atau Puasa Arafah yang dilakuin sebelum Hari Raya Qurban
  4. Puasa Nabi Daud yang dilakuin selang – seling (sehari puasa, sehari tidak)

dan masiiih buanyaak lagi ibadah ibadah puasa yang diajarkan dalam islam.

Dalam Dunia islam, Rasulullah ajarkan Budaya Berpuasa

Budaya berpuasa ini sebenarnya sudah sejak lama diajarkan oleh Rasulullah, Baginda menurut beberapa riwayat dijelaskan selalu meluangkan paling tidak 3 hari dalam satu bulan untuk melaksanakan puasa.

Dalam sebuah hadits Abu Hurairah, ternukil bahwa Rasulullah mewasiatkan 3 hal untuk dibudayakan dan dilaksanakan hingga akhir hayat – salah satunya adalah melakukan puasa 3 hari setiap bulan.

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ، حَدَّثَنَا عَبَّاسٌ الْجُرَيْرِيُّ ـ هُوَ ابْنُ فَرُّوخَ ـ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رضى الله عنه قَالَ أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلاَةِ الضُّحَى، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: Kasihku Nabi Muhammad SAW memberi 3 wasiyat dimana hal itu aku lakukan hingga akhir nafasku (1) Berpuasa 3 hari setiap bulannya …. (1)

Tetap jangan lupakan Esensi Utama dari Berpuasa

Pada dasarnya dalam dunia islam, melaksanakan puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Serta menahan diri dari hawa nafsu. Namun sebenarnya ibadah puasa memiliki hikmah yang lebih untuk kita pelajari:

  • Dengan berpuasa kita memposisikan diri kita di tempat saudara/i kita yang kekurangan
  • Dengan puasa kita harus bisa menjadi lebih peka terhadap keadaan sosial disekeliling kita, membuat kita agar menjadi insan yang lebih peduli pada sesama
  • Puasa mengajarkan kita untuk menemukan jalan syukur kepada Allah atas apa yang kita miliki dan apa yang telah dianugerahkan kepada kita oleh Nya

Janji Allah Untuk menjauhkan orang berpuasa selama 70 Musim dari Api neraka?

Sobat cahayaislam tahu nggak sih? kalo ada sebuah janji Allah yang dituturkan lewat sabda Rasulullah bahwasanya orang yang melaksanakan puasa akan dijauhkan oleh Allah dari api neraka senilai 70 musim lamanya…

Hal ini teriwayatkan dalam sebuah hadits Riwayat Tirmidzi Nomor 1623 dalam kitab Fadhoil Al Jihad (Catatan Kebajikan Jihad)

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيدِ الْعَدَنِيُّ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ، قَالَ وَحَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ أَبِي عَيَّاشٍ الزُّرَقِيِّ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ لاَ يَصُومُ عَبْدٌ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ بَاعَدَ ذَلِكَ الْيَوْمُ النَّارَ عَنْ وَجْهِهِ سَبْعِينَ خَرِيفًا ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Rasulullah bersabda bahwa: Hamba Allah tiadalah melaksanakan puasa satu hari karena Allah, kecuali hari puasanya itu terganjar dengan jarak dirinya dengan api neraka selama 70 musim gugur (²)

WAGELASEEEH?! – Menurut para ulama kuncinya disini adalah melakanakan puasa dengan niyat yang lillah mukhlis karena Allah ya! – So, yuk kita budayakan puasa para sobat cahayaislam semuanya!


Catatan Kaki

(1) Al Hadits – Riwayat Bukhori 1178 – كتاب التهجد

(2) Al Hadits – Tirmidzi 1623 – كتاب فضائل الجهاد

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!