Menu Sahur yang Di Anjurkan dalam Islam

0
38
manu sahur

Menu Sahur – Ramadan tahun 1442 H telah tiba dan dimulai pada tanggal 13 April 2020. Pada Ramadan tahun ini, kita harus berdamai dengan pandemi covid 19 dengan tidak mudik ke kampung halaman. Meskipun demikian, kegiatan selama bulan Ramadan tetap berjalan seperti biasanya. Bedanya, kita harus tetap saling menjaga jarak ketika sholat tarawih di masjid.

Sobat Cahaya Islam, Islam mewajibkan kita untuk berpuasa di bulan Ramadan. Oleh karena itu, puasa termasuk rukun keempat dalam rukun Islam. Berpuasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, tetapi juga menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa. Dalam berpuasa, juga terdapat beberapa sunnah yang mengandung beberapa keutamaan.

Salah satu dari sunnah puasa tersebut adalah sahur. Sahur merupakan sebuah perbuatan dimana seseorang makan dan minum di akhir malam yang diniatkan untuk berpuasa keesokkan harinya. Oleh karena itu, menu sahur yang baik penting agar tubuh kuat untuk berpuasa dari mulai terbitnya fajar sampai matahari terbenam.

Jenis Makanan dan Minuman yang Dianjurkan dalam Islam Untuk Menu Sahur

Selain merupakan suatu perbuatan sunnah dalam puasa, sahur juga membuat kita mampu berpuasa selama seharian penuh. Oleh karena itu, menu sahur untuk berpuasa juga harus disiapkan. Berikut ini merupakan beberapa referensi  menu sahur yang dianjurkan dalam Islam, diantaranya adalah:

1. Buah Kurma

Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya, kurma dapat mengontrol kadar gula di dalam tubuh agar tidak naik terlalu tinggi dan tidak turun terlalu rendah. Selain itu, kurma menjadi menu sahur dan berbuka Rasulullah disebabkan kurma mempunyai rasa manis yang dapat langsung berubah menjadi energi agar mampu berpuasa seharian penuh.

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

Artinya: ’Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.’ (HR. Abu Daud 2345, Ibnu Hibban 3475 dan dishahihkan al-Albani dan Syuaib al-Arnauth).

Selain itu, kurma juga bermanfaat dalam mengatasi berbagai penyakit. Salah satu contohnya adalah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan buah kurma mengandung asam fenolat. Oleh karena itu, kurma sangat baik dikonsumsi dalam keadaan apapun.

2. Mengkonsumsi Susu

Susu berasal dari hewani, seperti sapi, kambing, atau domba. Manfaat mengkonsumsi susu diantaranya dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Mengkonsumsi susu sebagai salah satu menu sahur dapat menyebabkan peningkatan kekebalan pada tubuh dan menjadi sumber energi untuk tahan berpuasa.

Selain itu, susu juga merupakan sumber vitamin yang dapat menyehatkan tulang dan membuat cairan pada tubuh menjadi seimbang. Selain itu, susu merupakan pelengkap dari 4 sehat 5 sempurna yang juga penting untuk dikonsumsi anak-anak untuk tumbuh kembangnya.

3. Air Putih

Air putih bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada tubuh. Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang kekurangan cairan dalam tubuhnya dan dapat menyebabkan lemas pada tubuh.

Mengkonsumsi air putih sebagai menu sahur dapat memberikan tenaga bagi pencernaan tubuh agar mampu bekerja meskipun sedang dalam kondisi berpuasa.

Itulah jenis makanan dan minuman yang dianjurkan dalam Islam untuk menu sahur. Semoga kita dapat kuat berpuasa pada Ramadan tahun ini dan diri kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Amiinn…

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY