Hari Kanker Sedunia sebagai Pengingat untuk Menjaga Kesehatan-Inilah Cara Menjaga Kesehatan yang Dicontohkan Rasulullah SAW!

0
54

Hari Kanker Sedunia – Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Hal ini sebagai salah satu perwujudan dari kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga diri dari penyakit yang mematikan ini. Menjaga kesehatan tentunya dimulai dari pribadi masing-masing. Selanjutnya, dengan kerja sama satu lain dalam memerhatikan kesehatan, maka lingkungan pun akan terhindari dari berbagai gangguan penyakit.

Sobat Cahaya Islam, dalam menjaga kesehatan dapat mengikuti apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Sebagai suri tauladan yang baik, senantiasa memberikan contoh dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya kesehatan.

Cara Menjaga Kesehatan yang Dicontohkan Rasulullah SAW

Hari Kanker Sedunia sebagai pengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan. Selaku umat muslim, terdapat suri tauladan yang patut ditiru yakni Rasulullah SAW. Beliau senantiasa memberikan contoh yang baik dalam menjaga kesehatan. Di antara cara tersebut yakni sebagai berikut.

1.   Senantiasa Menjaga Kebersihan

Hal pertama yang mesti diperhatikan untuk menciptakan hidup sehat yakni menjaga kebersihan. Rasulullah saw mencontohkan untuk senantiasa menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan. Dalam membersihkan tubuh, Rasulullah saw mencontohkan batas untuk  memotong kumis, kuku, bulu ketiak, serta bulu kemaluan tidak melebihi 40 hari.

Selain itu, dalam menjaga kebersihan lingkungan hendaknya diperhatikan dengan baik. Hal ini sebagai langkah untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari berbagai penyakit. Untuk menjaga lingkungan sekitar, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti membuang sampah sembarangan dan sebagainya.

2.   Makan Secukupnya

Cara lainnya dalam menjaga kesehatan yakni harus makan secukupnya. Hindari makan secara berlebihan. Rasulullah SAW mengajarkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk terhindardari kerugian, seperti mual, muntah dan makanan dikeluarkan kembali.

Apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW memiliki pandangan yang selaras dengan dunia medis. Seperti halnya makan sebelum kenyang akan membantu terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Selain itu, posri makan pun harus diatur, setiap makanan dan minuman yang masuk harus seimbang yakni tidak boleh berlebihan.

3.   Hindari Makanan & Minuman yang Haram

Selain dicontohkan oleh Rasulullah SAW, di dalam AL-Qur’an pun dijelaskan untuk tidak makan dan minum yang haram. Hal ini akan menimbulkan berbagai dampak yang negatif bagi tubuh. Selain itu, hindari konsumsi minuman yang memabukkan, seperti khamr.

Firman Allah swt. dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 3:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ  

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.  (Qs. Al-Maidah ayat 3)”

4.   Senantiasa Berpuasa

Dari sudut medis pun, berpuasa merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menjaga tubuh agar lebih sehat. Di dalam Islam banyak ragam puasa yang bisa dilakukan, mulai dari puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa sunnah Senin & Kamis, hingga puasa Daud, dan puasa Muharam. Puasa sebagai salah satu langkah dalam mengeluarkan beragam racun dalam tubuh.

5.   Posisi Tidur yang Tepat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan untuk memerhatikan posisi yang tepat ketika tidur. Islam melarang untuk tidur dalam posisi tengkurap. Posisi ini serupa dengan tidurnya setan, serta akan mengganggu saluran pernafasan.

Adapun posisi tidur yang dianjurkan yakni posisi miring ke kanan. Posisi ini merupakan cara tidur yang diajarkan Rasulullah SAW. Dalam dunia medis, posisi ini dipercaya akan melancarkan kinerja jantung dan hati, serta melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, dianjurkan untuk berwudhu sebelum tidur.

Demikianlah Sobat Cahaya Islam  ulasan terkait cara menjaga kesehatan sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. Hari Kanker Sedunia sebagai langkah untuk mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini sebagai salah satu langkah terhindari dari berbagai penyakit.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY