Gerhana Bulan, Ini Alasan Mengapa Kita Harus Solat Gerhana

0
38

Gerhana Bulan– Kekuasaan Allah meliputi segala hal termasuk terjadinya gerhana. Dalam beberapa tahun ini kita banyak menjumpai adanya fenomena gerhana baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan.

Orang-orang kuno banyak memiliki anggapan jika terjadi gerhana maka itu adalah pertanda terjadi sesuatu. Misalnya saja adanya kematian seseorang, akan terjadi bencana dan lain sebagainya.

Bahkan ada orang yang beranggapan bahwa saat terjadi gerhana, matahari ataau bulan sedang dimakan oleh naga. Betapa pendapat tersebut adalah pendapat yang salah.

Berdasarkan ilmu pengetahuan, fenomena gerhana terjadi akibat posisi bumi yang berada sejajar dengan bulan dan mataahari sehingga terjadi gerhana bulan. Sedangkan gerhana matahari terjadi akibat posisi bulan sejajar dengan bumi dan matahari.

Pada jaman Rasululah, apabila terjadi gerhana maka Rasulullah akan melaksanakan solat gerhana. Hal ini dikarenakan Rasulullah merasa takut dengan fenomena tersebut. Seorang nabi yang mulia dan diberi banyak kelebihan oleh Allah saha merasa takut dengan fenomena gerhana, lantas bagaimana dengan kita?

Masyarakat modern seperti sekarang ini justru sama sekali tidak merasa takut dengan adanya Gerhana Bulan atau gerhana matahari. Bahkan kita saat ini sangat antusias untuk melihat gerhana apabila sudah ada berita bahwa akan terjadi gerhana. Betapa kondisi ini sangat kontras dengan apa yang dirasakan oleh Rasulullah pada jaman dahulu.

Sunnah Mengerjakan Sholat Gerhana Bulan

Tahukah sobat Cahaya Islam bahwa sholat gerhana bukan adalah ibadah yang disunnahkan? Siapapun yang melihat gerhana, baik gerhana bulan maupun matahari hendaknya mengerjakan sholat gerhana. Sesuai dengan sabda Rasulullah berikut:

Jika kalian melihat kedua gerhana matahari dan bulan, bersegeralah menunaikan shalat.” (HR. Bukhari nomor 1047)

Hadist di atas merupakan perintah Rasulullah untuk melaksanakan sholat gerhana ketika melihat fenomena alam tersebut.

Waktu pelaksanaan sholat gerhana yaitu saat mulainya gerhana sampai gerhana selesai. Sholat gerhana tetap boleh dilakukan meskipun saat terjadi di waktu yang dilarang untuk sholat yaitu setelah sholat ashar.

Alasan Harus Sholat Gerhana

Perintah Rasulullah untuk sholat gerhana saat melihat gerhana datang dari Allah. Apakah Sobat Cahaya Islam selama ini tahu apa alasan mengapa harus sholat gerhana? Jika belum tahu, berikut adalah beberapa alasannya.

1. Mengingat Kebesaran Allah

Matahari dan bulan adalah ciptaan Allah dan merupakan tanda-tanda kekuasaan-Nya. Maka Rasulullah memerintahkan mengerjakan sholat gerhana, berdoa, serta berdzikir untuk mengingat kebesaran-Nya.

2. Gerhana Sering Dikaitkan Dengan Mitos

Di beberapa wilayah Indonesia masih ada yang mempercayai tentang mitos adanya gerhana. Contohnya, dahulu masyarakat Jawa percaya bahwa gerhana disebabkan oleh matahari atau bulan yang ditelan oleh raksasa yang bernama Batara Kala. Kemudian orang-orang memukul alat-alat pertanian seperti cangkul dan arit agar Batara Kala mengembalikan matahari atau bulan.

Di zaman Rasulullah ternyata fenomena juga dikaitkan dengan mitos. Saat itu putra Rasulullah yang bernama Ibrahim bin Muhammad wafat. Kematiannya bersamaan dengan terjadinya gerhana matahari cincin. Orang-orang pun beranggapan bahwa ada kaitan antara kematian Ibrahim bin Muhammad dengan gerhana matahari.

Rasulullah pun meluruskan pemikiran orang-orang. Beliau bersabda:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari nomor 1044)

Dengan adanya perintah untuk melaksanakan sholat gerhana, berdzikir, dan melakukan sedekah sudah untuk menyangkal mitos yang berkembang di masyarakat sejak zaman Rasulullah sampai sekarang. Bahwa gerhana bulan dan matahari adalah tanda kekuasaan Allah

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!