Physical Distancing, Sudah Ada Dalam Islam

0
88

Physical Distancing – Wabah virus corona hingga saat ini masih terus berlanjut. Bahkan korban meninggal di Indonesia akibat virus ini sudah mencapai 114 orang. Kemungkinan korban meninggal akan terus bertambah karena masih banyak masyarakat yang saling berinteraksi dan memiliki potensi menularkan atau tertular virus ini. Pemerintah tidak memberlakukan sistem lock down hingga saat ini namun menghimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Awalnya masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing yang artinya mengisolasi diri di dalam rumah, namun pemerintah mengatakan jika lock down tidak sesuai dengan budaya masyarakat kita sehingga akan lebih baik jika diberlakukan physical distancing.

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu sebenarnya physical distancing?

Physical distancing adalah bahasa dalam bahasa Inggris yang artinya jaga jasak secara fisik. Jadi masyarakat dihimbau untuk jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Namun hingga saat ini masih banyak orang yang tidak menghiraukan himbauan tersebut. Sehingga kasus orang terpapar virus corona masih terus bertambah. Di negara lain mungkin saja juga dilakukan pencegahan yang lebih extrem. Himbauan seperti ini akan sangat mudah dilanggar oleh masyarakat apalagi bagi mereka yang kurang mengerti bahaya virus corona.

Physical Distancing dalam Islam

Dalam Islam, Physical distancing sudah ada sejak dahulu terutama bagi kaum yang berbeda jenis. Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tidak boleh melakukan kontak fisik. Bahkan memandang saja tidak boleh karena akan dapat menimbulkan syahwat. Seperti yang tertera dalam Al-Qur’an Surat An-Nur, ayat 30 :

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”

Di zaman seperti ini perzinaan semakin marak karena tidak ada physical distancing antara laki-laki dan perempuan. Namun dengan adanya virus ini maka banyak masyarakat yang merasa takut untuk saling berdekatan antara satu dengan yang lainnyaa. Mungkin ini adalah cara Allah untuk menjadikan manusia sadar bahwa sebenarnya apa yang diajarkan oleh Islam adalah ajaran yang benar-benar memberikan manfaat luar biasa. Banyak manusia yang tidak menyadari bahwa physical distancing yang diwajibkan dalam Islam bukan hanya melindungi seseorang dari virus saja namun juga dari berbagai macam bahaya maksiat seperti zina dan lain sebagainya.

Physical Distancing untuk Mencegah Penyebaran Virus

Virus corona menjadi hal yang meresahkan dan membuat banyak orang merasa takut. Manusia memang kebanyakan takut mati. Namun banyak juga yang tidak merasa takut dengan Allah dan mengabaikan perintah serta laranganNya.

Sobat Cahaya Islam, kita sebagai orang yang beriman dan telah banyak diberi petunjuk oleh Allah hendaknya selalu berusaha untuk mengambil pelajaran dari setiap apa yang terjadi. Ketika sobat cahaya Islam membaca artikel ini maka itu artinya Allah juga memberikan petunjuk lewat tulisan ini Inshaallah. Allah memberikan petunjuk kepada siapa saja yang dikehendaki. Kita juga perlu tahu bahwa tidak ada sesuatu yang kebetulan karena daun yang gugur saja sudah Allah tentukan.

Dengan adanya Physical Distancing ini,kita bisa kembali memahami bahwa mengikuti apa yang diajarkan dalam Islam berarti melindungi diri kita dari bahaya yang ada di dunia dan bahaya yang ada di akhirat.

Kita jangan hanya melakukan physical distancing ketika ada virus saja namun dengan lawan jenis yang bukan muhrim juga harus diberlakukan agar terhindar dari virus zina yang lebih berbahaya bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!