Ceramah tentang Zina Pacaran, Agar Terhindar dari Jeratan Kemaksiatan

0
1872
ceramah tentang zina pacaran

Ceramah tentang zina pacaran – Sebagai umat muslim, salah satu perkara yang tidak boleh luput dari kehidupan yakni tersampainya ceramah tentang zina pacaran. Tujuannya tentu untuk menyelamatkan pemuda dari hinya kemaksiatan yang bisa dilalui.

Sobat Cahaya Islam, ceramah zina tentang pacaran tentu penting untuk diresapi seluruh umat. Sebab tanpa memahami bahayanya, maka bisa jadi para pemuda malahh terjebak dalam arus bebas. Naudzubillah.

Mengapa Umat Perlu Menyampaikan Ceramah tentang Zina Pacaran?

Penyampaian ceramah tentang zina pacaran perlu dilakukan secara kontinu. Hal ini bertujuan agar pemuda lebih banyak memahami bahwa pacaran sendiri termasuk bagian dari zina.

Di dalam Alqur’an, pacaran memang tidak tersampaikan secara eksplisit. Namun, merujuk pada berbagai karangan tafsir ulama’, pacaran masuk dalam kategori zina sebab aktivitasnya mendekatkan pada hal – hal yang demikian.

Mulai dari kehadiran interaksi lawan jenis, berpegangan tangan atau bahkan sampai bisa melakukan hubungan layaknya pasangan yang sah di mata Allah Ta’ala.

Fenomena pacaran sendiri sudah semakin merajalela dan ditunjukkan tanpa sungkan. Di sisi lain, teknologi yang semakin canggih pada akhirnya menjadi pendorong agar fenomena pacaran semakin melejit tanpa melihat keyakinan yang dimiliki.

Padahal, dalam Islam sendiri, Allah jelas menyampaikan melalui firmanNya dalam surat Al Isra’ ayat 32 yakni :

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Artinya : Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Dalam surat itu, telah dijelaskan bahwa berzina bukanlah suatu hal yang patut untuk didekati apalagi dilakukan secara sukarela. Makna “mendekati” bukan hanya sekedar simbolis saja. Namun, bermakna bahwa segala sesuatu yang berpotensi memunculkan keinginan bermaksiat alias zina perlu untuk dihindari.

Maka dari itu, di era serba bebas dan canggih seperti sekarang, sangat penting bagi umat untuk menjaga diri agar tak sampai ikut terjerumus dalam keburukan. Lantas, bagaimana cara pemuda menghindarkan diri dari zina pacaran tersebut?

Tips Agar tidak Mudah Mendekati Zina Pacaran

Di era seperti sekarang, tentu ada banyak cara dan godaan untuk membuat pemuda terjerumus dalam arus perzinahan.

Oleh karena itu, penting bagi pemuda untuk mampu menghindarkan diri dari hal – hal yang berbau zina. Adapun beberapa upaya diantaranya sebagai berikut :

1.    Berikan Batasan yang Jelas antar Lawan Jenis

ceramah tentang zina pacaran

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan memastikan diri agar senantiasa memberikan batasan yang jelas antara laki – laki dan perempuan.

Pastikan bahwa interaksi yang terjadi hanya sekedar profesionalisme atau berada dalam ranah yang diperbolehkan syariat.

Sebab peran utama dalam kehidupan yakni menerapkan aktivitas sesuai syariat sebagai bagian dari konsekuensi ibadahnya seorang makhluk. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Adz Dzariyat yat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

2.    Tidak Perlu Berlebihan dalam Interaksi

ceramah tentang zina pacaran

Selanjutnya, para pemuda khususnya muslimah juga perlu untuk memberikan limitasi bila berinteraksi dengan lawan jenis. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya rasa kagum atau bahkan sampai terjadi hal – hal yang mendekatkan dengan zina.

Terkadang, dekatnya pemuda muslim terhadap zina kurang bisa disadari lantaran dibalut dengan embel – embel islami.

Maka dari itu, para pemuda muslim harusnya lebih tepat dalam menentukan batasan interaksi dan cara berinteraksi dengan lawan jenis melalui ilmu yang dipelajari. Kewajiban umat belajar sendiri pun telah Allah sampaikan dalam firmanNya yakni surat Al Mujadilah ayat 11 yakni :

ٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan ceramah tentang zina pacaran dan cara menghindarinya. Semoga ulasannya bermanfaat dan menginspirasi.  

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY