GERD Jadi Trending Topic di Twitter

GERD merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat

0
258
gerd

GERD – Penyebab dari GERD menjadi trending topic ditwiter adalah dikeranakan meninggalnjya Asraf Sinclair secara mendadak. Banyak orang yang berspekulasi jika penyebab kematiannya adalah karena penyakit asam lambung atau yang sering disebut dengan gerd.

Penyakit asam lambung memang merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat. Ada banyak factor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami asam lambung. Penyakit GERD  ini merupakan singkatan dari Gastroesophageal reflux disease. Dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut sebagai asam lambung.

Apabila penyakit asam lambung ini sedang kambuh maka asam dari lambung akan naik hingga ke kerongkongan atau esophagus sehingga dapat menyebabkan rasa seperti terbakar di bagian dada dan kerongkongan. Hal ini dikarenakan kerongkongan mengalami luka atau iritasi. Asam lambung memiliki tingkat asam yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan iritasi serius pada bagian yang terkena misalnya saja kerongkongan.

gerd

GERD termasuk penyakit berbahaya

Seseorang biasanya dinyatakan memiliki penyakit asam lambung apabila mengalami kenaikan asam hingga minimal 2 kali dalam seminggu. Selain itu jika asam lambung berat terjadi seminggu sekali maka hal itu juga sudah termasuk menderita penyakit tersebut.

GERD merupakan penyakit yang umum dialami oleh masyarakat. Banyak yang tidak menyadari mengenai bahaya dari asam lambung. Penyakit ini terkadang tidak terlalu dirasakan namun apabila sedang kambuh maka gejalanya dapat terasa menyiksa.

Penyakit ini meskipun terdengar sepele namun cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Siapa saja dapat terkena resiko penyakit tersebut baik laki-laki maupun perempuan. Orang-orang dengan kondisi seperti obesitas, sedang hamil, peminum alcohol, perokok, dan orang dengan gangguan jaringan ikat memiliki resiko terkena asam lambung lebih tinggi. Jadi penting bagi setiap individu untuk menghindari factor yang meningkatkan resiko terkena asam lambung.

gerd

Tanda dan Gejala Penyakit GERD

Asam lambung normalnya tetap berada di dalam lambung namun apabila asam lambung naik hingga melewati katup kerongkongan maka akan dapat menyebabkan gejala yang cukup jelas. Seseorang yang mengalami asam lambung akan mengalami gejala seperti seperti ada makanan tersangkut di tenggorokan, sensasi terbakar di bagian dada, sakit atau nyeri dada, terdapat rasa asam di bagian mulut, seperti ada cairan asam hingga pahit yang keluar ke mulut, susah nafas, suara serak, dan sakit tenggorokan.

Apabila sobat cahaya Islam mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas maka ada baiknya jika segera berkonsultasi ke dokter.

Tips mengatasi GERD

Sobat cahaya Islam, tidak ada penyakit yang dapat menyerang manusia tanpa seizing Allah. Setiap penyakit yang diturunkan tentu ada sebabnya dan akan membawa hikmah tersendiri. Penyakit GERD biasanya terjadi akibat seseorang terlalu stress.

Allah telah berfirman:

 “  Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa “ .( Qs Yunus : 62-63 )

gerd

Ketenangan hati hanya didapatkan ketika kita mengingat Allah. Kita harus sellau berusaha mendekatkan diri kepada Allah dan berusaha taat. Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan stress. Selain itu ikuti gaya hidup sehat ala Rasulullah. Inshaallah tubuh dan jiwa akan sellau sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!