Penambangan Ilegal Tidak Berhenti, Ini Kerugian Bagi Pelakunya Menurut Islam!

0
67
Penambangan Ilegal Tidak Berhenti 1

Penambangan ilegal – Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo mengusulkan adanya nomor khusus atau aplikasi untuk dapat menampung pengaduan terkait penambangan yang bersifat ilegal ini. Saat ini, penambangan yang ada dan ilegal semakin banyak saja, bahkan tidak ada henti-hentinya. Sehingga hal ini menjadi perhatian bagi Gubernur Jawa Tengah yang kemudian mengusulkan bagaimana solusi yang tepat.

Penambangan Ilegal Tidak Berhenti 1

Penambangan merupakan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat di Indonesia. Namun sayangnya, seiring berkembangnya jaman maka penambangan ini pun semakin banyak dan terjadi secara ilegal. Tentu saja jika dalam pandangan hukum negara, ini tidak dibenarkan dan bahkan merupakan pelanggaran. Seperti halnya hukum yang ada dalam islam, islam pun juga tidak membenarkan hal ini.

Penambangan Ilegal Tidak Berhenti, Ini Kerugian Bagi Pelakunya Menurut Islam

Penambangan Ilegal Tidak Berhenti 2

Penambangan ilegal tidak berhenti sehingga kemudian Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo mengusulkan untuk adanya aplikasi khusus pengaduan terkait penambangan yang berjalan dengan ilegal ini. Dalam islam, sesuatu hal yang dilakukan atau dikerjakan tidak sesuai dengan hukum yang berlaku tentu saja ini adalah penyimpangan. Apalagi penambangan secara ilegal sama halnya dengan pencurian lho sobat CahayaIslam.

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dalam ayat ini telah menjelaskan tentang bagaimana hukum mencuri. Allah menggambarkan bahwasanya mencuri adalah perbuatan yang buruk sehingga diberikan balasan potongan tangan bagi pelakunya. Dalam hal ini, penambangan yang ada secara ilegal pun sama halnya dengan perbuatan mencuri. Ini jelas merupakan penyimpangan dalam ajaran islam dan Allah pun mengancam adanya siksaan bagi pelakunya.

Tahukah sobat CahayaIslam, ada beberapa kerugian yang diterima pelaku pencurian menurut islam. Apa saja?

Mendapat Dosa

Kerugian yang diterima oleh pelaku pencurian adalah mendapat dosa. Dalam setiap perbuatan yang tidak sesuai dengan syariat islam, tentu saja akan mendapat balasan yang sesuai. Seperti yang telah tertulis dalam ayat Al Quran bahwa orang yang mencuri akan mendapat dosa dan juga siksaan dari Allah SWT sebagai balasannya.

Tidak Mendapat Keberkahan

Salah satu kerugian pelaku yang melakukan perbuatan mencuri adalah tidak mendapatkan keberkahan dalam hidup. Ini karena perbuatan mencuri dilarang dalam islam dan lagi rejeki yang didapatkan pun menjadi tidak berkah. Tentu saja ini suatu balasan yang Allah berikan bahwa tidak ada keberkahan yang diterima oleh kaum yang mencuri. Naudzubillah.

Rejeki Tidak Halal

Rejeki yang kita dapatkan dari cara yang tidak baik tentu saja hasilnya pun tidak baik. Maka yang didapatkan dengan cara tidak halal, rejekinya pun menjadi tidak halal dan tidak berkah. Akibatnya tentunya pada kehidupan dan kesehatan diri kita apabila segala yang kita dapat dan konsumsi bersumber dari sesuatu yang tidak halal.

Penambangan ilegal – tidak berhenti sehingga mengundang perhatian Gubernur Jawa Tengah. Diharapkan dengan adanya usulan pengaduan dapat membantu untuk menindak penambangan-penambangan yang terjadi secara ilegal. Ini sama halnya dengan mencuri ya sobat CahayaIslam karena memanfaatkan sumber daya yang bukan haknya.


Catatan Kaki:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY