Warga Irlandia Tabrak Pemotor Wanita Hingga Tewas, Bagaimana Menurut Islam?

0
217
Warga Irlandia Tabrak Pemotor Wanita Hingga Tewas 2

Warga Irlandia tabrak pemotor – Seorang warga negara asing Irlandia terlibat kecelakaan di Kuta dan sempat kabur. Setelah ia menyebabkan seorang pemotor wanita meninggal, kini ia terancam dipenjara selama 9 tahun. Menurut keterangan kepolisian, warga Irlandia ini sedang dalam keadaan mabuk saat terlibat kecelakaan tersebut. Namun, kemudian karena panik ia kabur.

Kecelakaan yang menyebabkan seorang pemotor meninggal ini ternyata melibatkan 3 kendaraan. Sementara mobil yang digunakan oleh Matthew diketahui merupakan mobil pinjaman. Namun bagaimanapun, sikap dari Matthew ini tentu saja tidak dibenarkan, terlebih kecelakaan itu terjadi diakibatkan kondisi Matthew mabuk dan sebelumnya mengadakan pesta miras.

Warga Irlandia Tabrak Pemotor Wanita Hingga Tewas 1

Warga Irlandia Tabrak Pemotor Wanita Hingga Tewas, Bagaimana Menurut Islam?

Warga Irlandia tabrak pemotor wanita hingga tewas. Tindakan tersebut tentu saja tidak dibenarkan dan termasuk dalam tindakan kriminal. Jika kita melihat dari pandangan islam sendiri, tentu saja menyebabkan orang lain celaka dan kemudian justru tidak bertanggung jawab juga bertentang dengan ajaran dalam islam. Apalagi islam mengajarkan kepada kaum muslimin untuk bertanggung jawab dengan apa yang diperbuat.

قُلْ أَغَيْرَ اللَّهِ أَبْغِي رَبًّا وَهُوَ رَبُّ كُلِّ شَيْءٍ ۚ وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلَّا عَلَيْهَا ۚ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ مَرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Katakanlah: “Apakah aku akan mencari Tuhan selain Allah, padahal Dia adalah Tuhan bagi segala sesuatu. Dan tidaklah seorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali, dan akan diberitakan-Nya kepadamu apa yang kamu perselisihkan”.

كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ

Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,

Dalam ayat-ayat diatas menjelaskan tentang segala bentuk perbuatan akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat. Itu sebabnya, dalam hal ini kebaikan atau keburukan yang diperbuat maka akan kembali ke dirinya sendiri.

Warga Irlandia Tabrak Pemotor Wanita Hingga Tewas 3

Lalu bagaimana pandangan islam tentang tabrak lari?

Tabrak Lari Termasuk Perbuatan Keji

Perbuatan tabrak lari yang mana sampai membuat orang lain kehilangan nyawa, namun kemudian justru melarikan diri. Hal ini tentu saja termasuk dalam perbuatan yang keji atau zalim. Dalam islam sendiri, membunuh hukumnya adalah diharamkan. Sementara tabrak lari ini sama halnya dengan membunuh.

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi.

Warga Irlandia tabrak pemotor – Peristiwa tabrak lari yang dilakukan oleh warga Irlandia ini membuat dirinya terancam hukuman penjara selama 9 tahun. Bagaimanapun, tindakan yang dilakukan oleh Matthew ini menyimpang dari ketentuan hukum yang berlaku. Begitu juga hukum dalam islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-An’am Ayat 164

(2) – Surat Al-Muddassir Ayat 38

(3) – Surat Al-Ma’idah Ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY