Surat Al-Baqarah Ayat 183, Kerjakan Agar Kita Semakin Bertaqwa!

0
61

Surat Al-Baqarah ayat 183 – Allah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah. Jika manusia ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat maka hal yang harus dilakukan adalah mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Salah satu perintah Allah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim adalah puasa. Seperti yang telah tercantum dalam Surat Al-Baqarah ayat 183.

Allah memerintahkan manusia untuk berpuasa karena puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Semua yang Allah perintahkan mengandung manfaat dan makna istimewa. Meskipun manusia terkadang merasa bahwa puasa termasuk ibadah yang berat karena harus menahan lapar dan haus selama seharian namun jika dilakukan dengan iman yang kuat maka puasa akan terasa ringan.

Surat Al-Baqarah ayat 183

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 183 Allah telah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah ayat 183)

Siapapun yang ingin disayangi oleh Allah maka sebaknya selalu berusaha untuk menjalankan perintahnya serta menjauhi larangannya. Manusia yang bertaqwa memiliki keistimewaan sehingga Allah akan selalu memberikan pertolongan dan rahmat-Nya.

Dalam menjalan kehidupan ini apabila kita jauh dari Allah maka akan sangat mudah tersesat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk terus memohon kepada Allah sembari berusaha menjadi umat yang bertqwa. Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita menjadi manusia yang bertaqwa, berikut ini adalah keistimewaannya:

1. Mendapatkan kemudahan dalam menjalan hidup

Orang yang bertaqwa inshaallah akan mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup. Hal ini karena orang yang beriman dan bertaqwa berusaha untuk dekat dan mencari ridho Allah sehingga Allah menjadi ridho kepada mereka.

2. Hidup terasa tenang

Hidup manusia tidak pernah lepas dari yang namanya cobaan. Setiap manusia akan diuji untuk mengetahui keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah. Ujian Allah begitu beragam dan terkadang juga ada yang mendapatkan ujian berat. Suapa hidup ini tetap merasa tenang maka kita harus bertaqwa dan berprasangkan baik. Allah menguji setiap hamba sesuai dengan kemampuan dan tidak akan melampaui batas kemampuan.

Banyak orang yang banyak tetap merasa tenang menjalani hidup meskipun banyak ujian karena memang sudah yakin bahwa Allah memiliki rencana yang indah untuk hidupnya. Sebagai contoh adalah kehidupan para nabi yang penuh dengan ujian dan kehidupan orang-orang soleh terdahulu. Hingga saat ini juga banyak orang yang tetap tenang meski hidup dengan banyak ujian.

3. Mendapatkan rahmat Allah

Rahmat Allah begitu luar biasa. Setiap muslim tentu selalu mengharapkan kasih sayangNya. Untuk mendapatkan kasih sayang atau rahmatNya maka hal yang harus kita lakukan adalah berusaha menjadi manusia yang bertaqwa. Manusia tidak pernah luput dari dosa namun rahmat Allah sangatlah luas. Jadi jangan sia-siakan kesempatan yang Allah berikan dalam hidup ini. Berpuasa ramadhan akan menjadikan kita manusia yang dirahmati.

4. Selalu mendapat pertolongan Allah

Allah adalah dzat yang maha menolong. Ketika kita dalam kesusahan tentu kita mengharap pertoongan Allah. Hanya Allah yang mampu memberikan pertolongan bahkan disaat yang tidak memungkinkan.

Semakin bertaqwa seseorang maka akan semakin dekat dengan pertolongan Allah. Allah tidak akan mengecewakan hambaNya sehingga doa apapun akan dikabulkan oleh Allah asalkan memohon dengan sungguh-sungguh dan disertai dengan ketaqwaan.

Berpuasa akan menjadikan kita manusia yang lebih sabar dan lebih mudah dalam mengendalikan hawa nafsu. Ketika kita bisa mengendalikan diri tentu akan semakin mudah juga untuk mematuhi perintah Allah yang lainnya dan menjauhi segala larangannya. Inshaallah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!