Gelapkan Uang Nasabah Untuk Foya-Foya, Ini Bahaya Sikap Suka Foya-Foya Menurut Islam!

0
24
Gelapkan Uang Nasabah Untuk Foya-Foya

Gelapkan uang nasabah – Seorang karyawati perusahaan dari asuransi yang ada di Bone, Sulawesi Selatan dikabarkan melakukan penggelapan uang nasabah hingga 4 miliar. Uang hasil penggelapan tersebut ternyata digunakan untuk berfoya-foya. Bahkan karyawati tersebut sudah berkeliling Jakarta, Bali hingga Yogyakarta untuk liburan. Ia juga menggunakan uang tersebut untuk membayar hutang dan bermain saham. Tentu saja ini merupakan tindakan kriminal yang menyimpang dari hukum. Dan sudah ditangani oleh kepolisian.

Gelapkan Uang Nasabah Untuk Foya-Foya

Berfoya-foya adalah suatu sikap yang mana bukan cerminan sikap seorang muslim. Apalagi sampai mengambil harta orang lain untuk memenuhi hawa nafsu diri sendiri. Bukan hanya termasuk tindakan kriminal, ini juga menyimpang dari ajaran islam. Apa yang diterima oleh seseorang yang memakan harta orang lain dengan jalan yang batil? tentu saja dosa besar bahkan neraka sebagai ancamannya.

Gelapkan Uang Nasabah Untuk Foya-Foya, Ini Lho Bahayanya Siikap Suka Berfoya-Foya Dalam Islam

Gelapkan Uang Nasabah Untuk Foya-Foya dan Ini Bahaya Suka Foya-Foya

Gelapkan uang nasabah untuk berfoya-foya tentu bukan tindakan yang benar. Selain melanggar ajaran islam yang mana melarang untuk memakan harta orang lain dengan cara yang dzalim. Namun juga melanggar ajaran islam tidak menganjurkan perbuatan boros atau foya-foya. Dimana ini adalah cerminan sikap syaitan dan barangsiapa bersikap boros, maka ia termasuk saudara syaitan.

وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

Dari ayat diatas, jelas bahwasanya sikap boros ataupun suka berfoya-foya bukanlah ajaran islam. Justru islam mengajarkan kaum muslimin untuk menghindari sifat tersebut. Tahukah sobat CahayaIslam, apa bahaya dari sikap boros dan suka berfoya-foya?

Lupa Untuk Bersyukur

Gelapkan Uang Nasabah dan Ini Bahayanya Sikap Suka Foya-Foya

Bahaya dari sikap suka berfoya-foya yang paling nyata adalah lupa untuk bersyukur. Orang yang suka hidup boros dan menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat. Maka akan membuat seseorang lupa mensyukuri rejeki yang Allah sudah berikan. Bahkan ini memicu rasa tidak pernah puas, yang akhirnya membuat kita tidak pernah bersyukur. Naudzubillah.

Menjadikan Sikap Menghalalkan Segala Cara Untuk Harta

Bahaya dari sikap suka berfoya-foya lainnya adalah menjadikan seseorang menghalalkan segala cara untuk memperoleh harta. Jika sudah tidak bersyukur, harta yang rasanya tidak pernah cukup akhirnya akan membuat moral kaum muslimin rusak. Dan ini bisa memicu tindakan kriminal seperti korupsi, memakan harta orang lain dengan dzalim. Ini karena keinginan diri untuk berfoya-foya namun tidak memiliki cukup harta untuk memenuhinya.

Lupa Mengejar Amalan dan Dibenci Allah SWT

Sikap suka berfoya-foya juga akan membuat kita sibuk mengejar harta dan kesenangan duniawi. Dan akhirnya ini membuat seseorang melupakan bahwasanya hakikat kita hidup adalah untuk mengejar amalan dan ibadah sebagai bekal di akhirat nanti. Gila harta bisa membuat lalai lho sobat CahayaIslam. Belum lagi sikap boros ini juga perbuatan yang dibenci Allah SWT.

Gelapkan uang nasabah – untuk berfoya-foya tentu saja tindakan yang menyimpang dari ajaran islam. Itu sebabnya, Allah melarang perbuatan boros dan suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Isra’ Ayat 26-27

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY