Peran Aktivis Islam Atasi Stunting di Indonesia

0
105
stunting

Stunting – Di tengah pandemi yang belum usai, umat perlu menyiapkan diri untuk terus melawan masalah stunting di negeri. Persoalan ini bukanlah hal baru, sebab sudah sekian lama generasi harus menghadapinya. Malah, di tengah pandemi grafik peningkatan stunting di Indonesia malah meningkat.

Sobat Cahaya Islam, permasalahan stunting harus segera mendapatkan perhatian khusus. Sebab, kondisi kadang tak muda disadari oleh generasi. Selain itu, aspek untuk menghambat laju bertambahnya pun juga perlu perhatian.

Bagaimana Umat Menyikapi Stunting di Negeri?

stunting

Salah satu indikator keberhasilan sebuah negeri yakni rakyat yang sejahtera serta makmur. Makmur sendiri dapat terlihat manakala umat dapat memenuhi kebutuhan pokoknya tanpa terkecuali bukan? Ini berarti mereka dapat makan minum sesuai kebutuhan yang ada.

Idealnya, sebuah negara merdeka hanya akan mengalami permasalahan ini di beberapa wilayah kecil saja. Itu pun harusnya sudah dapat terselesaikan jauh sebelum bangsa mendapatkan predikat baru sebagai negara maju.

Namun, kenyataannya potensi stunting di seluruh wilayah negeri menjadi momok menakutkan. Tentu, hal ini harus segera mendapatkan perhatian khusus dan pengkajian ulang.

Mengapa Stunting Bisa Terjadi?

Sebagai umat muslim, semua hak yang terjadi di dunia adalah kodrat dari Allah SWT termasuk kondisi tersebut. Namun bila dianalisis secara ilmiah, tentu kondisi tersebut terjadi baik karena faktor internal maupun eksternal.

Salah satu faktor internal yakni kondisi keluarga yang belum memahami terkait potensi penyakit tersebut. Sehingga, selama berjalannya kehidupan ya asal. – asalan saja. Sedangkan dari sisi eksternal, umat harus menghadapi berbagai krisis seperti krisis ekonomi, multipangan dan problem lainnya.

Bagaimana Peran Aktivis Islam untuk Menyelesaikan Solusi?

stunting

Islam telah memberikan sejumlah fakta bahwa pemuda adalah agen perubahan. Sehingga, jargon yang melekat pada mahasiswa seperti agent of change, iron stock serta social control merupakan perwujudan dari eksistensi pemuda Islam di masa silam. Misalnya, kisah Ja’far bin Abi Thalib.

Beliau adalah pemuda yang dengan lantang menyampaikan konsep Islam di hadapan Raja Najasyi kala itu. Tak ada seorangpun yang berani menyampaikan konsep Islam, sebab mereka tak memahami secara utuh.

Ketakutan mereka, alih – alih mendapatkan bantuan malah Raja akan meminta mereka untuk pulang. Namun, kekuatan lisan Ja’far telah menghentikan bayangan buruk tersebut. Justru ketika beliau menyampaikan, Raja Najasy sampai meneteskan air mata.

Nah, di zaman sekarang para aktivis Islam juga harus mampu untuk menunjukkan taringnya sebagai garda terdepan semua lini permasalahan bangsa. Sebab, jika bukan aktivis Islam lantas siapa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan?

Maka dari itu, kondisi stunting tersebut harus segera mendapatkan solusi berjangka panjang agar umat tak terjebak dan salah fokus. Salah satu aktivitas nyata yang dapat aktivis Islam lakukan yakni dengan seringnya mengadakan sosialisasi terkait kondisi tersebut.

Selain itu, para aktivis Islam juga dapat mengopinikan lewat tulis maupun media massa bila menemukan adanya kebijakan yang tak pro rakyat bahkan dapat memicu terjadinya kondisi tersebut. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam surat At Tin yakni :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ (4) ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ (5) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.” (QS. At Tiin [95] : 4-6)

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai stunting serta peran aktivis Islam dalam mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi bacaan dan pembangkit semangat para pemuda untuk segera ikut menyelamatkan bangsa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY