Gaya Hidup Tinggi Sebabkan Ibu Rumah Tangga Gelapkan Mobil Rental, Begini Anjuran Islam Dalam Bergaya Hidup

0
80
Gaya Hidup Tinggi 2

Gaya hidup tinggi – Seorang Ibu Rumah tangga yang tidak lain adalah mantan pegawai bank swasta ditangkap. Pasalnya ia menggelapkan mobil rental yang sebelumnya disewanya. Awal mulanya, ia sepakat untuk menyewa mobil selama tiga hari. Kemudian memperpanjang sewanya dan melakukan pembayaran lancar hingga tanggal 17 Maret. Namun setelah itu tidak lagi terjadi pembayaran, sehingga pihak rental melaporkan hal tersebut ke kepolisian karena tidak berhasil mendatangi pelaku di rumahnya,

Gaya Hidup Tinggi 2

Ibu rumah tangga ini merupakan residivis penggelapan mobil yang sebelumnya pernah ditangkap dan ditahan pada tahun 2018. Menurut pihak kepolisian, motif penggelapan mobil ini karena gaya hidup pelaku yang tinggi dan juga ia telah terlilit hutang sejak 2018. Namun tentu saja ini bukanlah alasan yang bisa dibenarkan. Dalam islam sendiri, ini adalah perbuatan yang menyimpang dari ajaran islam. Apalagi menggelapkan mobil yang bukan haknya termasuk dalam perbuatan keji atau dzalim.

Gaya Hidup Tinggi Sebabkan Ibu Rumah Tangga Gelapkan Mobil Rental, Begini Anjuran Islam Dalam Bergaya Hidup

Gaya Hidup Tinggi 1

Gaya hidup tinggi sebabkan seorang Ibu rumah tangga menggelapkan mobil rental. Tentu saja ini merupakan tindakan kriminal dan juga menyimpang dari ajaran islam. Apalagi menggelapkan mobil sama halnya dengan mengambil apa yang bukan menjadi haknya. Dan Allah melarang perbuatan tersebut. Dalam islam pun, kita diajarkan untuk mencari rrezeki dengan jalan yang baik dan bukan melalui jalan yang batil. 

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk mencari rezeki dengan jalan yang baik dan halal. Dan tentu saja menghindari jalan yang batil apalagi merampas hak orang lain. Dalam hidup, manusia seringkali tidak bersyukur dan hanya fokus pada kesenangan duniawi. Sehingga menyebabkan seseorang menerapkan standar yang tinggi untuk gaya hidupnya.

Lalu bagaimana gaya hidup yang dianjurkan dalam islam?

Hidup Sederhana

Islam mengajarkan kaum muslimin untuk hidup dengan baik. Salah satunya dengan menerapkan hidup yang sederhana. Harta yang melimpah bukan berarti membuat kita lalai dan justru hidup dengan bermewah-mewahan. Ini bukanlah ajaran dalam islam.

Allah pun tidak menyukai golongan orang yang sombong, itu sebabnya gaya hidup yang sederhana justru bisa mengajarkan kita arti bersyukur. Sementara gaya hidup yang tinggi bisa dengan mudah menjerumuskan ke dalam perbuatan maksiat dan dosa.

Tidak Menghambur-Hamburkan Uang

Orang yang suka hidup boros atau menghambur-hamburkan uang adalah saudara syaitan. Itulah kenapa islam melarang kaum muslimin untuk boros. Kita juga diajarkan untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat. Ini adalah gaya hidup yang dianjurkan dalam islam dan juga sesuai dengan apa yang Allah perintahkan bagi kaum muslimin.

Gaya hidup tinggi – menyebabkan Ibu rumah tangga melakukan penggelapan mobil rental. Ini adalah salah satu contoh bahwa kecintaan terhadap harta dan duniawi bisa menjerumuskan kita dalam perbuatan dosa dan maksiat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nahl Ayat 114

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY