Tidur di Bulan Puasa? Yuk Ketahui Tidur Berkualitas Menurut Islam

0
20
Tidur di Bulan Puasa 2

Tidur di bulan puasa – Seringkali kita mendengar istilah tidur di bulan Ramadhan adalah ibadah. Sehingga banyak orang mengartikan bahwasanya menghabiskan sepanjang hari dengan tidur tidaklah masalah. Meskipun pola tidur biasanya mungkin berubah selama bulan Ramadhan ini. Namun bukan berarti menghabiskan waktu hanya untuk tidur. Apalagi bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Dimana umat muslim bisa mendapatkan keberkahan melalui berbagai amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan ini.

Tidur di Bulan Puasa 1

Bulan Ramadhan bukan hanya menjadi berkah karena ibadah puasa yang kita kerjakan. Namun ada begitu banyak amalan yang bisa menjadi ladang pahala lho untuk kita di bulan yang suci ini. Maka sangat disayangkan tentu saja jika menghabiskan waktu untuk tidur dengan dalih ibadah. Pola tidur di bulan Ramadhan ini juga harus diatur, bagaimana tidur yang berkualitas menurut pandangan islam.

Tidur di Bulan Puasa? Begini Tidur Yang Berkualitas Menurut Islam di Bulan Ramadhan

Tidur di Bulan Puasa 3

Tidur di bulan puasa bisa menjadi ibadah jika melakukannya dengan porsi yang sesuai. Bukan berati menjadikan tidur sebagai rutinitas selama bulan Ramadhan. Apalagi jika melakukannya sepanjang hari. Bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah, akan lebih bermanfaat jika kita mengerjakan berbagai amalan untuk mencari pahala. Dan lagi kita bukan hanya bisa memperoleh pahala dari ibadah puasa yang kita kerjakan lho sobat CahayaIslam.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu,

Dalam ayat ini menjelaskan bahwasanya Al Quran turun pada bulan Ramadhan. Dan Allah juga memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa. Itu sebabnya, puasa adalah wajib hukumnya di bulan Ramadhan ini. Selain itu, sebagai bulan yang penuh berkah ini banyak hal yang bisa menjadi ladang pahala bagi kaum muslimin jika dikerjakan. Lalu bagaimana dengan tidur adalah ibadah? Yuk ketahui tidur yang berkualitas menurut islam di bulan puasa ini.

Tidur Secukupnya

Tidur di Bulan Puasa 2

Tidur seringkali disebut sebagai ibadah bagi orang yang berpuasa. Namun ini tidak berarti sepanjang waktu dihabiskan untuk tidur ya sobat CahayaIslam. Bagaimanapun, tidur yang berkualitas adalah tidur yang cukup. Misalnya tidur di siang hari. Ini diperbolehkan selama tidak menjadikan waktu terbuang dengan sia-sia karena terlalu banyak tidur.

Tidak Menjadikan Lalai

Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tidak menjadikan kita lalai dengan apa-apa yang bisa bermanfaat untuk dikerjakan. Apalagi jika sampai tidur membuat kaum muslimin lalai untuk melaksanakan ibadah shalat. Tentu saja ini adalah contoh tidur yang tidak berkualitas atau bahkan tidak dianjurkan dalam ajaran islam. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika mengatur pola dan waktu tidur dengan bijak ya.

Tidur di bulan puasa – Tidur diperbolehkan bahkan disebut sebagai ibadah bagi orang yang berpuasa. Ini karena tidur bisa menghindarkan kita dari perbuatan yang maksiat atau tidak bermanfaat untuk dikerjakan. Namun meskipun begitu sobat CahayaIslam, tidur tetap harus ingat waktu ya dan jangan sampai melalaikan apa-apa yang seharusnya dikerjakan. Seperti ibadah shalat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 185

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY