Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca, Apa Manfaat Hidup Sederhana Dalam Islam?

0
65
Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca 1

Kehidupan sederhana – Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo kini memilih untuk pindah ke Yogyakarta. Kehidupan mereka di Yogyakarta juga berubah lebih sederhana dibandingkan kehidupan saat berada di Ibukota. Ada beberapa hal yang berubah diantaranya tidak bergantung pada AC dan melatih anak-anak untuk membaca sejak dini. Zaskia Adya Mecca juga mengidap OCD yang menyebabkan dia selalu ingin bersih-bersih. Ia juga tidak suka dengan tas-tas mahal seperti artis-artis lainnya.

Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca 1

Kehidupan Zaskia dan Hanung yang sederhana tentu saja bisa menjadi contoh bagi kita semua. Apalagi islam juga menganjurkan kaum muslimin untuk hidup sederhana daripada harus hidup bermewah-mewah yang justru bisa menjerumuskan kita pada sifat boros. Dan lagi boros adalah salah satu sifat yang dibenci Allah SWT. Kehidupan Zaskia Adya Mecca bisa menginspirasi kita untuk hidup lebih baik tanpa harus bergelimpang harta atau bermewah-mewah.

Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca, Apa Manfaat Hidup Sederhana Dalam Islam?

Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca 2

Kehidupan sederhana Zaskia Adya Mecca merupakan inspirasi kehidupan yang sesuai dengan ajaran islam. Karena islam sendiri juga tidak menganjurkan hidup yang berlebih-lebihan. Suatu hal yang berlebihan juga tidak baik serta tidak disukai oleh Allah SWT. Dalam ayat Al Quran juga dijelaskan bahwasanya dalam membelanjakan harta kita harus bijak, yang artinya hidup sederhana akan lebih berkah tentu saja. Namun bukan berarti kikir soal harta ya sobat CahayaIslam.

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa kaum muslimin hendaknya tidak berlebih-lebihan dalam membelanjakan hartanya dan tidak pula kikir. Hidup sederhana yang dimaksud disini adalah hidup dengan bijak. Meskipun Allah berikan rezeki yang berlimpah sekalipun, bukan berarti kita bisa hidup bermewah-bermewah dan membelanjakan harta secara berlebihan. Lalu apa manfaat dari hidup sederhana?

Hidup Lebih Bermanfaat

Kehidupan Sederhana Zaskia Adya Mecca 3

Dengan hidup sederhana, kita bisa mendapatkan hidup yang lebih bermanfaat. Tentu saja bermanfaat karena kita menjadi lebih bijak dalam membelanjakan harta. Sehingga apa yang kita miliki semasa hidup bisa lebih berguna. Dibandingkan hidup bermewah-mewah yang justru bisa menghilangkan manfaat yang seharusnya bisa kita raih lho sobat CahayaIslam.

Membentuk Pribadi Yang Bersahaja

Manfaat dari hidup dengan sederhana bisa membentuk diri menjadi pribadi yang lebih bersahaja. Dalam islam sendiri, Allah memerintahkan kaum muslimin untuk tidak boros dan memanfaatkan harta ysng dimiliki dengan bijak. Dengan menerapkan gaya hidup sederhana, ini akan melatih mental untuk lebih bersahaja. Dan tentu saja sifat ini juga lebih disukai Allah SWT.

Dicintai Allah SWT

Kesederhanaan merupakan salah satu ajaran dalam islam. Allah sendiri tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan. Dengan hidup sederhana, maka kita akan lebih dekat untuk mendapat cinta dari Allah SWT. Apalagi Allah mencintai orang-orang yang membelanjakan hartanya dengan bijak. Dan tentu saja ini bisa mempermudah kita untuk mendapatkan amalan-amalan dalam hidup.

Kehidupan sederhana – dari pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bisa menjadi contoh bagi keluarga muslimin yang lainnya. Mari kita hidup sederhana sesuai dengan ajaran islam ya sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Furqan Ayat 67

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY