Cermin Sikap Muslim Dalam Penyaluran Bansos Warga

0
135
Cermin Sikap Muslim Salurkan Bansos Untuk Warga

Cermin sikap muslim – ini bisa dilihat dari upaya berbuat baik yang dilakukan untuk sesama. Saat ini, corona menjadi wabah yang cukup meresahkan. Sehingga ini membatasi berbagai aktivitas untuk dilakukan. Banyak orang akhirnya harus berhenti bekerja dulu, omset usaha yang menurun drastis karena dampak corona. Sedangkan kebutuhan terus meningkat, tidak seimbang dengan pendapatan yang dihasilkan. Inilah dampak covid-19 yang cukup besar bagi produktivitas masyarakat. Sudah pasti bagi sebagian orang ini menjadi masa-masa sulit.

Cermin Sikap Muslim Salurkan Bansos Untuk Warga Dampak Covid-19

Untuk memenuhi kebutuhan, sebagian orang bersandar pada pekerjaan yang dijalani. Namun ditengah wabah corona ini, untuk bekerja bahkan tidak memungkinkan. Dikarenakan situasi yang cukup genting. Banyak kasus dimana pekerjaan diliburkan sementara, dihentikan sementara dan bahkan adanya phk. Bagi sebagian orang ini menjadi pukulan dimana tulang punggung keluarga mungkin merasakan kesusahan. Inilah yang kemudian menggerakkan berbagai pihak untuk salurkan bansos. Seperti yang dilakukan pemkot Batu Gandeng untuk berikan bantuan pada warga yang terkena dampak.

Cermin Sikap Muslim Dapat Terlihat Dari Tindakan Membantu Ringankan Beban Sesama

Cermin Sikap Muslim Dengan Bantu Sesama

Cermin sikap muslim ini bisa dilihat dari tindakan untuk membantu sesama. Apalagi dalam kondisi yang cukup genting saat ini. Wabah corona ini memang sangat mempengaruhi stabilitas ekonomi banyak orang. Itu sebabnya banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Seperti yang diajarkan oleh agama islam, bahwa sebagai sesama kita juga memiliki kewajiban untuk membantu. Bukan sekedar untuk mendapatkan pahala saja, namun juga untuk meringankan beban sesama yang sedang kesulitan.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(1)

Bagi muslim yang menafkahkan hartanya maka akan Allah SWT lipat gandakan ganjarannya. Dalam ayat ini mengajarkan kita bahwa Allah memberikan lebih banyak kekayaan daripada harta yang kita keluarkan untuk sedekah. Terlebih lagi memberikan sebagian harta kita tidak selalu karena kita kaya, melainkan beginilah cermin seorang muslim untuk saling membantu saat sesama mengalami kesusahan. Apalagi dalam keadaan wabah begini yang membuat sebagian orang menghadapi kesulitan dalam hal ekonomi.

Cermin Sikap Muslim Dengan Bersedekah

Pemberian sedekah atau bantuan berupa harta kepada sesama ini tidak akan mengurangi harta kita dan juga tidak membuat kita miskin. Justru Allah akan memberikan lebih banyak rejeki untuk kita. Itu sebabnya, sebagai seorang muslim tidak ada salahnya membantu meringankan beban sebagian orang. Apalagi banyak yang terkena dampak corona hingga kehilangan pekerjaan. Banyak juga yang masih bekerja dijalanan hanya untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Dengan bantuan yang kita salurkan, akan sangat membantu untuk sebagian orang.

Cermin sikap muslim – dengan adanya bansos untuk warga yang terkena dampak covid-19. Ini mencerminkan bagaimana seorang muslim dianjurkan untuk membantu sesama. Bahkan meskipun yang diberikan tidak dalam jumlah yang besar. Namun membantu meringankan beban sesama sudah menjadi pahala untuk kita.


(1) – Surat Al Baqarah Ayat 261

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!