Motivasi islam untuk Penulis: Corat-coret membawa Rizki

0
26
Motivasi islam untuk Penulis dengan Corat-coret membawa Rizki

Motivasi islam untuk Penulis – Ada banyak sumber keteladanan motivasi islam yang bisa kita gunakan sebagai contoh. Motivasi tokoh islam jelas memiliki kelebihan tersendiri karena tujuan-tujuannya sudah pasti demi kemaslahatan manusia. Ada juga tipe-tipe ide kreatif yang ditujukan untuk kejahatan, misalnya ide kreatif menciptakan senjata pemusnah massal. Ide semacam itu tak mungkin lahir dari rahim ajaran Islam. Islam selalu menganjurkan bersikap humanis, termasuk menghindari perang ketika perdamaian masih bisa diusahakan.

Berbagai motivasi islam selalu menekankan bahwa ada banyak bidang di mana umat islam bisa menerapkan ide kreatifnya. Salah satu hal yang sampai sekarang masih tak banyak digeluti umat islam adalah bidang seni dan sastra. Dalam sejarah islam kita bisa melihat bahwa seni arsitektur islam misalnya berkembang sangat tinggi sebagaimana peninggalannya dalam arsitektur-arsitektur mesjid masih bisa kita temukan sekarang. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa sebenarnya islam mengajarkan umatnya untuk mencintai keindahan. Dari sanalah kemudian seni dan sastra islam berkembang.

Puisi dalam Alquran

Salah satu genre dalam sastra yang populer sampai sekarang adalah puisi. Sejak zaman dahulu sampai sekarang generasi milenial, puisi selalu disukai banyak orang. Memang ada banyak perubahan dalam bentuk puisi itu sendiri. Puisi-puisi pada zaman dulu biasanya panjang-panjang dan naratif. Sementara puisi di era milenial cenderung singkat-singkat dan lebih mirip kutipan-kutipan puitis. Nah, sebelum kita mendapatkan motivasi islam untuk menulis puisi, seperti apa sih sebenarnya pandangan islam sendiri tentang puisi?

Di dalam Alquran surat Asy-Syu-araa ayat 224 dikatakan sebagai berikut:

وَالشُّعَرَاءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ

Ayat tersebut membuat kita pesimis karena penyair tampak dipandang buruk dan membuat orang tersesat. Akan tetapi kemudian pada ayat selanjutnya diberikan pengecualian yaitu penyair-penyair yang beriman dan beramal saleh. Dengan demikian, ayat ini justru bisa dipandang sebagai sebuah motivasi islam untuk menulis puisi, yakni puisi-puisi Islam, yang ditulis oleh orang islam dan mengajak orang untuk beramal saleh. Dengan kata lain, puisi-puisi yang diperbolehkan di dalam islam adalah puisi-puisi yang mengajak pada kebaikan dan bukan mengajak pada keburukan atau hanya hasil imajinasi yang tidak jelas.

Motivasi islam untuk Penulis: Menulis dan Mendapatkan Uang

Dari menulis puisi, sobat cahayaislam, kita kemudian bisa menoleh ke bisnis. Mendapatkan uang dari membuat puisi adalah sesuatu yang mungkin, dan biasanya status sosial dalam masyarakat juga akan naik dengan menulis puisi. Tentu saja motivasi islam juga mengajarkan kita untuk bersemangat bekerja mencari uang. Rizki yang paling bagus itu adalah rizki yang didapatkan dari kerja keras sendiri, dari jerih payah sendiri. Cara yang paling konvensional untuk mendapatkan uang melalui puisi adalah dengan mengirimkannya ke media-media yang memuat puisi. Nanti biasanya kita akan mendapatkan uang honor yang lumayan.

Tetapi di zaman sekarang ini, kita juga bisa memanfaatkan media sosial. Tipikal puisi modern yang singkat-singkat bisa dijadikan kutipan-kutipan yang dipajang misalnya di Instagram kita. Dalam jangka panjang kita bisa mendapatkan uang terutama ketika follower kita sudah banyak dan kemudian ada pebisnis online yang ingin kita mengiklankan produknya. Sementara dalam jangka pendek, ini juga bisa menjadi salah satu motivasi islam yang tak kalah baiknya, kita juga bisa ikut berperan dalam menyebarkan ajaran islam melalui puisi. Belum ada banyak yang melakukan itu sekarang. Artinya, kreativitas kita dalam hal ini sangat ditunggu. Tak perlu menunggu waktu lama, kita bisa mulai mencorat-coret menyusun puisi, untuk kemudian nanti rizki akan menghampiri kita berupa uang dan pahala. Semoga motivasi islam untuk penulis kali ini bermanfaat yaa.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!